Suka membantu orang lain tanpa pamrih? Tapi bingung harus melakukannya dengan cara apa? Jangan khawatir. Banyak kok kegiatan yang bisa kamu lakukan. Terutama untuk kamu yang sedang mencari kegiatan untuk peningkatan soft skill yang kamu butuhkan untuk kerja nanti setelah lulus dari kuliah dan yang bisa mendukung pengembangan diri agar siap untuk terjun dalam dunia kerja selepas menyandang gelar sarjana.

Dalam perkuliahan pasti kamu tidak hanya dituntut untuk mendapatkan nilai akademis yang maksimal. Peningkatan soft skill juga sangat penting untuk didapatkan selama masa perkuliahan yang nantinya menjadi bekal setelah menjadi fresh graduate yang siap untuk menjadi pekerja yang berkualitas. Banyak mahasiswa yang biasanya memanfaatkan organisasi kampus, baik itu intra kampus ataupun di luar kampus. Semua organisasi yang ada di tingkat universitas pastinya memiliki sistem yang berbeda terutama organisasi yang berbasis volunteering atau kesukarelaan.

Organisasi atau kegiatan yang berbasis volunteering menjadi salah satu wadah yang sangat berguna dan “harusnya” menjadi incaran semua mahasiswa. Menjadi volunteer dalam sebuah organisasi memiliki manajemen pengaturan diri yang sangat berguna untuk kamu yang siap terjun ke dunia kerja selepas menjadi alumni dari universitas kamu.

Kegiatan kesukarelaan bukan hanya kegiatan yang berbasis kebencanaan seperti relawan-relawan yang terjun ke lapangan untuk membantu korban bencana. Kegiatan kesukarelaan juga ada kok yang berbasis komunitas. Untuk kamu yang suka dengan kegiatan sosial dan berbasis komunitas, jom simak 4 manfaat terbesar menjadi volunteer di bawah ini~

1. Sharing

sharing is caring~ via http://relatably.com

Menjadi volunteer itu banyak hal yang bisa didapatkan. Paling utama adalah Sharing atau berbagi. Kamu bisa mendapatkan hal-hal positif dalam bentuk apapun saat bergabung dengan relawan-relawan lain.

Jika kamu bergabung dengan organisasi berbasis komunitas yang melibatkan banyak orang seperti Kantor Urusan Internasional (Organisasi kampus yang berbentuk UPT=Unit Pelaksana Teknis). Kantor Urusan Internasional biasanya selalu ada di setiap universitas yang mengurusi urusan kegiatan-kegiatan internasional dengan pihak luar kampus.

Sebelumnya kamu belum pernah mendapat pengalaman dalam manajemen urusan internasional seperti mempersiapkan kuliah umum, info session, festival internasional, dll. Nah, dengan menjadi volunteer kamu bisa saling berbagi pengalaman untuk menambah pengetahuan, segala hal persiapan kegiatan, dan bahkan kamu bisa juga berbagi pengalaman kamu apapun itu. Yay~

2. Learning

Advertisement

belajar budaya~ (doc pribadi) via https://www.facebook.com

Mendapat pengalawan awal setelah saling berbagi, selanjutnya kamu akan belajar loh. Jangan khawatir. Kamu eggak bakal belajar teori lagi seperti di kampus kok. Disini kamu belajar melalui praktik langsung. Belajar bagaimana meningkatkan kemampuan komunikasi dan langsung mempraktikkannya saat ada dosen atau mahasiswa asing yang datang untuk membuat kegiatan. Belajar disini tidak sulit loh, kamu juga akan diberikan kesempatan untuk belajar segala hal. Mulai dari pengaturan jadwal, manajemen waktu, dan public speaking.

Pembelajaran selama bergabung dengan Kantor Urusan Internasional kampus kamu juga belajar pemahaman antar budaya seperti budaya Indonesia dengan Korea (jika tamu yang datang adalah mahasiswa Korea), Indonesia dengan Taiwan, dan dengan Negara-negara asing lainnya yang berkunjung ke universitas kamu melalui manajemen Kantor Urusan Internasional.

3. Networking

yuk membangun jaringan~ via http://kingofwallpaper.com

Nah, ini adalah menfaat paling utama saat kamu bergabung menjadi volunteer Kantor Urusan Internasional di kampus kamu. Networking atau jaringan yang kamu dapat disini berupa link pertemanan yang akan sangat berguna selepas kamu menyandang gelar sarjana. Berguna juga untuk kamu saat bekerja nanti dengan banyaknya jaringan atau kenalan yang kamu dapatkan dari teman-teman volunteer dalam organisasi tersebut. Dengan banyak kenalan orang penting bisa membantu kita di masa depan bahkan jaringan ke luar negeri.

4. Inspiring

ayo, menginspirasi via http://alexacarlin.com

Pada tahap ini kamu tidak hanya mendapatkan sesuatu hal dari orang lain. Tapi sekarang giliran kamu memberikan timbal balik dari segala hal positif yang sudah kamu dapatkan setelah bergabung menjadi volunteer; menginspirasi orang lain agar dapat pribadi yang bermanfaat.

Menginspirasi tidak harus ribet kok. Jangan khawatir~
Menunjukkan atau memberikan contoh yang baik pun itu sudah berarti menginspirasi.

Ayo, menginspirasi~

5. Self Managing

self-love via http://google.com

Last but not least, Managing atau pengaturan menjadi hal yang penting juga. Meskipun managing telah termasuk ke dalam manfaat yang lainnya. Pengaturan disini berarti adalah pengaturan diri dalam menghadapi segala hal termasuk menerima diri dan segala hal positif dari orang lain.

Nah, kamu eggak perlu ragu lagi untuk menjadi volunteer. Bergabung dengan volunteer terutama dalam Kantor Urusan Internasional pada universitas kamu akan sangat membantu kamu selepas menyandang gelar sarjana kamu.