Sebuah perusahaan pendidikan internasional yang khusus menangani mengenai kecakapan berbahasa Inggris dalam berbagai bidang, belum lama ini mengadakan survei bertajuk survei global “ENGLISH PROFICIENCY INDEX” (EF EPI). Survei ini merupakan yang terbesar dalam hal mengukur kemampuan Bahasa Inggris di beberapa negara di dunia serta diakui sebagai barometer internasional dalam mengukur kemampuan bahasa Inggris masyarakatnya.

Taukah kalian bahwa kabar ini cukup mengejutkan kita warga Indonesia? Faktanya, survei ini cukup mencengangkan kita sebagai warga Indonesia karena hasil survei yang membuat kita harus segera berbuat sesuatu. Karena menurut Direktur Penelitian Pendidikan & Pengembangan EF GLOBAL, Steve Crooks, Indonesia hanya meraih skor 52.91 dan berada pada peringkat 32 dari 72 negara yang di survei secara global.

Steve kembali menyampaikan bahwa peringkat teratas se-ASIA diduduki oleh negara Singapura, dan yang termasuk dalam 15 besar adalah negara Malaysia serta Filipina.

Hal ini tentu saja harus menjadi suatu hal yang harus ditanggapi dengan serius dan segera dibenahi. Karena kalau kita mengingat sebenarnya kualitas intelektual generasi muda Indonesia nyatanya juga banyak bisa bersaing di kancah internasional (melihat banyaknya siswa/mahasiswa Indonesia yang meraih berbagai olimpiade).

Tetapi nyatanya kemampuan bahas Inggris masyarakat Indonesia masih tergolong rendah, padahal kemampuan bahasa Inggris tentu akan sangat berpengaruh terhadap minat para investor asing untuk berinvestasi di Indonesia bukan? Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga dapat membawa setiap individu menjadi memiliki kualitas setara internasional.

Padahal di zaman modern yang serba canggih ini, seharusnya kemampuan berbahasa Inggris sudah bukan menjadi masalah yang belum bisa terpecahkan. Ada banyak sekali alternatif yang bisa dilakukan bahkan dengan cara yang fun.

Kalau kita malas dengan les privat atau bimbingan-bimbingan yang dilakukan oleh beberapa institusi, kita pun dapat belajar bahasa Inggris secara otodidak dan tetap fun loh!

1. Yuk Nonton Film Hollywood Favorit Kamu!

Fantastic Beasts and Where to Find Them via http://google.com

Ya! Siapa yang tak suka menonton film. Tetapi, mungkin kebiasaan nonton film ini harus sedikit demi sedikit diubah ya. Misalnya jangan terlalu terpaku dengan subtitle yang telah disediakan. Cobalah untuk mengetahui apa yang dibicarakan para pemeran dalam setiap adegan, apa yang mereka ungkapkan dalam bahasa Inggris dan subtitle hanya membantumu mengetahui artinya. Jangan lupa juga untuk menirukan ucapan-ucapan mereka semirip mungkin, karena itu juga akan sangat membantu pronounciation/pengucapanmu.

2. Make your smartphone great again!

Games belajar bahasa Inggris di smartphone via http://google.com

Zaman sekarang, siapa yang tidak punya smartphone? Mulai dari SD sampai kakek-nenek, semua menggenggam ponsel canggih ini. Yuk manfaatkan aplikasinya tidak hanya untuk memuaskan lifestyle kita ber-socmed, tetapi ponsel pintar itu pun juga bisa membuat kita pentar berbahasa Inggris loh! Tinggal cari aplikasi pada google play atau apple store kamu, trus pilih deh games belajar bahasa Inggris mana yang kamu suka!

3. Practice Book!

Advertisement

Semua orang senang mendengarkan Music! via http://google.com

Seperti nonton Film, semua orang juga pasti senang mendengarkan musik! Nah, kebiasaan baru yang kamu perlu lakukan untuk menambah ilmu bahasa Inggrismu adalah dengan mencari lirik dari lagu barat yang kamu suka, dan coba artikan perlahan-lahan. Cara ini akan lebih mudah membuatmu hafal artinya daripasa hamya membaca kamu loh sobat! jangan lupa juga tirukan semirip mungkin ya!

4. Keep Talking with Everyone!

carilah partner berbicara Bahasa Inggris via http://google.com

Kita tidak mungkin tau seberapa besar kemampuan bahasa Inggris kita kalau tidak diuji! Nah, untuk yang sedang menempuh pendidikan, maka jelas mereka juga akan menempuh ujian yang bisa dengan jelas mengukur kemampuan bahasa Inggrisnya.

Lalu bagaimana dengan orang yang sudah tidak menempuh pendidikan? Maka salah satu caranya iyalah dengan PRAKTIK! Jangan malu dan takut untuk mempraktikkan kemampuan bahasa Inggrismu. Karena semakin sering kamu praktik, semakin fasih juga kemampuan bahasa Inggrismu!

5. Practice Book!

Baca Buku dengan Jaminan Pasti bisa Berbahasa Inggris via http://google.com

Bagi orang yang tidak terlalu suka nonton film, mendengarkan lagu, main games, atau memori handphone yang tidak banyak untuk menyimpan banyak aplikasi (oke penulisnya curhat!), dan alasan yang lain, maka practice book sangatlah cocok!

Tetapi ingat, hati-hati dalam memilih buku, karena bagi orang yang notabene sudah tidak menempuh pendidikan, buku yang sangat teoritis akan sangat membosankan dan malah membuat kita malas belajar bahasa Inggris, bahkan bagi yang sedang menempuh pendidikan pun akan tetap membutuhkan buku yang dapat langsung diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari guna menunjang kemampuan bahasa Inggris kita!

Iya kan?