Berbicara soal long distance, tentu yang ada di pikiran banyak orang adalah long distance relationship alias LDR. Duuuh, langsung deh keinget sama ehem-ehem yang jauh di sana. Iya kan? Hayo ngaku! Boleh lah. Buat kalian para pejuang LDR tetap semangat yaaa.

Tapi, kali ini kita tidak akan membahas LDR jenis itu. Kali ini kita bahas yang sedikit beda. Bukan tentang pasangan, tapi tentang sahabat. Atau kita sebut saja long distance friendship.

Mempunyai sahabat yang sayang pada kita adalah suatu bentuk kebahagiaan yang luar biasa. Yang keberadaannya patut kita syukuri. Tapi, bagaimana kalau sahabat yang sangat kita sayang itu berada pada jarak yang jauh dari kita ya? Apakah kita bisa terus menjaga persahabatan dengannya? Jawabannya, tentu bisa. Kenapa tidak? Jarak bukan lagi menjadi penghalang bagi hubungan jarak jauh. Apalagi di era modern ini yang apa-apa serba canggih dan serba kilat.

Lalu, gimana caranya supaya long distance friendship ini tetap terjalin dengan harmonis? Tips-tips menjalani long distance friendship di bawah ini sepertinya patut untuk dicoba.

 

1. Jaga komunikasi; selain bertukar kabar, kita juga bisa saling tukar foto kegiatan sehari-hari

Long Distance Friendship

Long Distance Friendship via https://www.theodysseyonline.com

Yap, komunikasi tentu hal paling utama yang harus tetap kita lakukan demi menjaga hubungan jarak jauh. Dan zaman sekarang, tidak ada ya alasan untuk tidak bisa berkomunikasi dengan sahabat atau saudara jauh, kecuali memang gapteknya kebangetan. Karena sekarang ada berbagai macam aplikasi sosial media yang bisa memudahkan kita untuk selalu say hello dengan sahabat. Seperti contohnya BBM, WhatsApp, LINE, dan aplikasi chatting lainnya. Jadi, sering-seringlah berkomunikasi dengan sahabat yang jauh di sana ya?

2. Tetap lakukan kebiasaan sama seperti saat saling dekat

Lakukan Kebiasaan Yang Sama

Lakukan Kebiasaan Yang Sama via https://www.instagram.com

Kalau kalian sedang mengalami kegalauan dan butuh teman curhat, tetap hubungi saja mereka. Jarak bukan alasan untuk tidak bisa curhat satu sama lain loh. Kalian masih tetep bisa curhat satu sama lain melalui sosmed. Jika kalian butuh support dari sahabat, jangan sungkan menghubunginya. Meski mereka tak bisa secara langsung memeluk kalian, tapi doa mereka pasti tetap selalu memeluk dari kejauhan.

3. Jangan membeda-bedakan dengan yang dekat

Teman dekat atau jauh sama saja

Teman dekat atau jauh sama saja via https://katarayuan.files.wordpress.com

Yang ini nih yang terkadang terjadi. Mentang-mentang berada jauh di sana, terus dilupakan. Kalah sama yang dekat. Tidak bisa begitu juga ya. Yang namanya sahabat, ya tetap sahabat. Jauh dekat sama saja. Bedanya, kalau yang dekat bisa bertemu, kalau yang jauh jarang ketemu. Tapi jangan memudarkan kedekatan kalian walau jarang ketemu ya!

4. Jangan pelit kalau ada rezeki

Saling Berbagi Yuuk

Saling Berbagi Yuuk via https://www.instagram.com

Kalau lagi ada rezeki, jangan lupa untuk tetap saling berbagi, karena jarak bukanlah alasan untuk tak bisa berbagi. Apalagi jaman sekarang banyak layanan ekspedisi. Kita bisa menggunakan jasa mereka untuk saling berbagi.

5. Silaturahmi ke rumah teman? Why not!

Berkunjung ke Rumah Teman

Berkunjung ke Rumah Teman via http://www.parenting.co.id

Kalau memang jarak rumah kalian masih bisa dijangkau, kenapa nggak sesekali saling mengunjungi? Karena menjaga silaturahmi juga bisa jadi pembuka rezeki. Dengan cara ini, tali persahabatan di antara kalian dijamin akan semakin kuat.

 

Gampangkan tips-tipsnya? Jangan lupa dipraktikkan ya!