Mungkin perantauan hanya ada dalam angan kami para keluarga sederhana yang menginginkan kehidupan sekedar dari cukup saja. 

Merantau mungkin perkara mudah karena hanya bermodalkan tekad dan niat saja. Tapi di luar itu perantau juga memerlukan kesabaran, keahlian, dan juga kemandirian. Selain itu dengan kamu berani memutuskan untuk merantau kamu akan mendapatkan banyak manfaat di kehidupanmu, diantaranya adalah:

1. Kamu akan menjadi orang yang bertanggung jawab

tanggung jawab via http://s2.postimg.org

Jauh dari orangtua berarti kamu mempunyai tanggung jawab yang besar atas sebuah kepercayaan yang diberikan oleh kedua orangtuamu. Tanggung jawab untuk apa? Untuk nama baik keluarga serta untuk kehidupanmu sendiri baik tentang persoalan pekerjaan, tugas kuliah atau pun segala hal yang kamu lakukan di dunia perantauanmu kamu harus menanggungnya seorang diri dan mandiri. Bahkan saat kamu sedang sakit pun kamu harus bertanggung jawab merawat kesehatan dan badanmu sendiri tanpa mengandalkan bantuan orangtuamu lagi untuk merawatmu.

2. Kamu akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

rasa ingin tahu via http://aquariuslearning.co.id

Karena hidup di daerah asing maka rasa ingin tahumu akan semakin besar. Ingin tahu soal lingkungan tempat tinggal kamu, orang-orang di sekitar tempat tinggal kamu, dan bagaimana kehidupan di daerah asing itu, serta bagaimana mendapatkan pekerjaan yang baik. Kamu pasti akan mencari tahu semua itu agar kamu bisa beradaptasi dan masuk dengan kehidupan barumu.

3. Kamu akan menjadi orang yang berani mengambil resiko

Advertisement

Mau tidak mau, bisa tidak bisa, resiko harus kamu ambil alih sendiri. Setiap hal apapun yang akan kamu ambil harus kamu harus berani mengambilnya apapun itu resikonya harus siap menerimanya, karena dunia perantauan memang keras dan kejam untuk kehidupan para pemula. Jika kamu tidak mempunyai keberanian itu kamu tidak akan bisa melanjutkan kehidupanmu.

4. Kamu akan memiliki management yang baik di kehidupanmu

Karena apa-apa sendiri, maka anak perantauan akan menjadi manager yang handal dalam mengelola keuangan dan waktu mereka. Jika ingin membuat perubahan nyata dalam hidup, mereka harus terlebih dahulu memulai dengan belajar bagaimana secara efisien mengelola waktu. Siapa pun yang mengetahui bagaimana mengelola waktu, akan juga mengetahui bagaimana mengelola hidup.

Manajemen waktu yang baik adalah tentang prioritas yang tepat, baru setelah itu tercipta manajemen yang tepat untuk hidup. Kualitas hidup tergantung pada manajemen yang cerdas dari waktu dan bukan oleh jumlah energi yang dikonsumsi pada apa yang akan dilakukan. Dan para anak perantauan mereka semua belajar dengan baik soal memanage waktu serta keuangan meraka sendiri.

5. Kamu akan lebih mencintai daerah asal kamu

mencintai daerah via http://static.vovworld.vn

Ketika kamu tinggal di daerah orang lain, rasa dorongan untuk mengembangkan dan mempromosikan daerah asal ke orang lain akan lebih kuat dibanding kamu tinggal di daerah sendiri. Seolah-olah daerahmulah yang paling indah di antara daerah lain dan kamu sering membahas tentang suasana di daerah asalmu yang begitu menawan kepada teman-temanmu, dan tak segan-segan kamu menawarkan tawaran untuk berkunjung ke daerahmu kepada mereka.

Dan poin yang paling penting selain hal di atas adalah jika kamu mau merasakan rindu yang rasanya sangat indah dan mendalam maka merantaulah, dengan begitu kamu akan merasakannya. Semangat jangan pernah pudar untuk para anak-anak muda dan yang masa mudanya dihabiskan untuk berperang dengan kehidupan di daerah asing ataupun di negeri orang. Dan pulanglah membawa kesuksesan kelak akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk keluargamu yang menunggumu di rumah.