Terasa  berat memang kalau cinta harus terpisahkan jarak. Pacaran yang dekat dan tiap hari ketemu aja, banyak banget PR yang harus dikerjakan agar bisa awet, harmonis, sampai fotomu dan fotonya berdampingan nggak cuman di sosmed, tapi di buku nikah. Nah, apalagi kalau jalin hubungan jarak jauh. "Kapan ngedatenya?", "Gimana mau cepet saling memahami?", "Gimana mau nunjukin perhatiannya?",  sekelumit pertanyaan itu pasti akan terus menggerogoti hati.

Terdengar klise sih kalau para kaum LDRan (Long Distance Relationship) bilang "menjalaninya cukup dengan modal cinta, kepercayaan dan komunikasi". Nggak segampang itu kali ! karena ketiga hal itu juga nggak datang dengan sendirinya, nggak semudah cupid memanahkan panah asmara ke jantung doi.

Cinta, kepercayaan, komunikasi perlu dibentuk, dipupuk dan terus dijaga. Jadi butuh banyak elemen untuk menciptakannya, salah satunya adalah kreatifitas kita menunjukkan rasa. Masalah dari hubungan jarak jauh adalah sulit merasakan langsung seberapa besar perasaannya. Nggak bisa dirasakan hanya dari mendengar suaranya di telepon, melihat wajahnya di video call, atau ketikan-ketikan pesan cinta. Sudah waktunya menjadi pacar yang cerdik dan kreatif. 

Toh, dunia yang super canggih ini  menyuguhkan kemudahan tuk satukan manusia dari tiap sudut penjuru dunia. Dari jauh, kamu masih  bisa berikan kejutan romantis nan unik dengan memanfaatkan segala fitur yang ditawarkan. Agar cintamu, khawatirmu, perhatianmu, kepedulianmu benar-benar sampai dan dirasakannya. Di jamin deh kalau kamu lakukan ini, jarak cuman membuat fisik kalian tak bertemu, tapi bikin hatimu dan hatinya semakin menyatu.

 

1. KIRIMKAN MAKANAN PENUH CINTA

anter makanan

anter makanan via https://m.tempo.co

Kenapa mesti makanan? Sejak dalam rahim, makanan sudah jadi simbol cinta dari seorang ibu pada anaknya, dari si kaya pada si fakir dan sesamanya, itu pun berlaku bagi sepasang kekasih. SMS klise "kamu udah makan?" juga diangggap penggambaran seseorang memperhatikan kekasihnya.  Coba deh, cewek atau cowok mana yang nggak seneng kalau diajak makan atau dibawain makanan sama pacar.

Tapi berhubung kaum LDR berada bermil-mil jauhnya dari si dia, pastinya sih melelahkan banget datang jauh-jauh, mendaki gunung, lewati lembah cuman buat kasih makanan aja. But, sekarang kan beda situasinya. Manfaatkan saja jasa pengantar makanan (Delivery Order) atau ojek online. Kurang baik apa coba mereka? capek-capek bikin aplikasi pesanan online yang bisa diantar kapan dan kemana saja, pun dengan pembayaran yang supermudah via online, transfer atau memotong saldo yang kamu simpan . 

Sesekali, saat kekasihmu terdengar lelah atau begadang kerja, sampai lupa makan. Kirim deh makanan penuh cinta untuknya. Cukup dengan memesan secara online atau via telepon, makanan akan sampai padanya. Ngak kebayang kan, gimana senengnya dia dengan perhatian kamu? Jadi sms, "Kamu udah makan?" nggak dianggap sekedar basa basi tapi emang peduli. Tapi jangan lupa, kamu yang bayar ya..

2. PENGAWAL SEWAAN YANG SIAP MENGANTARNYA KEMANA SAJA

Kayaknya udah jadi kebiasaan kalau kita pacaran suka dianter kemana-mana. Terus kamu yang LDR-an gimana?? Ritual antar-mengantar ini bukan perkara pacar kamu nggak bisa kemana-mana sendiri, naik kendaraan pribadi atau ngompreng pun bisa kok. Kebanyakan pasangan, memanfaatkan momentum ini untuk bisa ketemu, jalan bareng dan menunjukkan perhatian, tanpa mengganggu aktivitas.  Dan terkadang cewek pengen banget dimanja .

Nah, berhubung nggak ada helikopter yang bisa nganter kamu dan pasanganmu pulang pergi , kenapa nggak kamu fungsikan transportasi online, baik ojek ataupun taxi online,  tuk menunjukkan esensi romantismemu pada si dia. Anggap saja kamu kirimkan pengawal baginya. Yah, meski nggak sekeren Lee Min Ho yang kirim bodyguard buat Suzy Bae,  dan mungkin si pengawal onlinemu nggak seharum dan seganteng kamu. Tapi,  kalau tiba-tiba saat pasanganmu pulang kerja malam, kamu telepon dan bilang, “Udah aku pesenin taxi  ya, jangan dibayar lagi. Kalau udah sampai rumah kabarin” .

Dijamin hati pasanganmu klepek-klepek. Tapi jangan keseringan juga ya, selain bikin kantong jebol, terlalu memanjakan pasangan nggak membantunya untuk mandiri, dan jadi ketergantungan kepadamu.

3. RINGANKAN BEBAN DAN MASALAHNYA

Ketika kamu berkomitment untuk menjalin hubungan, pasti juga sudah siap untuk menanggung suka dan duka bersama.  Saling membantu adalah kuncinya. Hanya saja, yang paling menyebalkan dari pacaran jarak jauh itu ya... Nggak ada orang yang kita cintai di samping kita kala masalah mendera.

Terkadang, mendengarkan suara tak cukup  jadi pengobat luka. Kamu adalah orang yang paling dibutuhkan oleh pasanganmu saat dia sedih atau memikul beban berat. Sekiranya kamu mampu, setelah mendengar keluh kesahnya, berikanlah bantuan untuknya sekecil apapun, meski sekedar memberikan jalan pemecahan baginya.

Bahkan, nggak perlu menunggu sampai pasanganmu punya masalah, pekalah sedikit. Tanpa diminta, kamu bisa membantunya dengan mengirim segala hal yang mendukung pekerjaan dan usahanya. Misalkan, saat pacarmu sedang  kerjakan sebuah proyek kreatif, dari jarak sedemikian jauh kamu masih bisa membantunya kumpulkan informasi dan menyumbangkan banyak ide untuk mendukung usahanya. Atau sekedar mengirimkan barang-barang yang bermanfaat dalam pekerjaannya. Cukup dengan kirimkan email dan memakai jasa ekspedisi, kepedulianmu kan tersampaikan ke sebrang sana.

4. KIRIMKAN TEMAN DAN SAUDARA YANG MENGHAPUS RASA SEPINYA

Selalu ada masa dimana dia benar-benar merasa kesepian, merindukanmu dan ingin bertemu. Mungkin video call sebentar bisa membantu, tapi nggak akan seratus persen menghapus rasa sepinya. Saat kau merasa pasanganmu sedang mengalami itu, diam-diam hubungilah keluarga atau sahabatnya. Itulah makanya, satu hal yang wajib dilakukan pasangan LDR adalah dekat dengan sahabat/keluarga pasangannya.

Minta mereka luangkan waktu ketemu si dia. Yang jelas,  hibur pasanganmu dengan mengirimkan sahabat-keluarganya. Tentu saja, berilah kejutan kecil dengan memfasilitasi mereka untuk melakukan segala hal yang menyenangkan.  Entah cuman sekedar kirim uang mentraktir mereka makan, atau bahkan membiayai mereka melancong keliling negri, hehehe.  Sahabat atau keluarga si dia sementara waktu akan menggantikanmu hadirkan senyum di wajahnya.

5. DELEGASIKAN DUPLIKATMU

descendant of the sun

descendant of the sun via http://sbs.co.kr

Beda lagi jika sesekali pasanganmu ingin sendiri. Sebenarnya mungkin berharap bisa berdua sama kamu dan nggak mood untuk jalan bareng sahabat-keluarganya. Kalau sudah begini, pilihannya kamu harus segera menyempatkan datang atau memintanya bersabar.

Tapi, kamu bisa coba mendelegasikan duplikatmu untuknya. Tips yang satu ini mungkin sedikit kekanak-kanakan dan malu untuk dilakukan. Mungkin juga ada yang ngerasa lebay. Tapi banyak banget kok pasangan yang suka diberikan kejutan romantis seperti ini. Lihat aja gimana lucunya boneka Song Jong Ki buat Song Hye Kyo di drama Descendant Of the Sun.

Bagi pasangan LDR, benda yang berhubungan dengan sejarah cinta mereka, maknanya akan lebih berharga. Coba deh kamu kasih benda yang jadi duplikatmu buat gantikan kamu jagain si dia. Namanya duplikat ya kurang lebih menyimbolkan dirimu atau serupa denganmu. Misalkan saja gantungan miniatur yang mirip kamu,  atau boneka yang dipakaikan baju kamu.

Lebih romantis lagi, kalau duplikatmu didelegasikan di waktu yang tepat. Dalam momentum-momentum penting yang semestinya kamu ada di dekatnya. Pernah sahabat saya yang LDR minta saya belikan boneka dan tiket bioskop untuk pacarnya, lalu saya ajak pacarnya nonton bareng. Belum juga filmya  dimulai, dia udah nangis terharu saat sadar disampingnya bukan saya yang duduk, melainkan boneka dengan kacamata mirip pacarnya. Padahal simple banget sms sahabat saya, 

“Hari ini yang jagain kamu duplikatku ya. Happy Birthday”.

6. REKAMAN CINTA BERJANGKA

Tips yang ini tingkat keberhasilannya lumayan tinggi bikin pacar makin cinta. Yap, mau pacaran jauh atau dekat, komunikasi emang yang paling penting, bisa menguatkan hubungan ataupun menghancurkan. Beratnya adalah ketika kalian disibukkan oleh aktivitas masing-masing dan nggak sempat komunikasi, tentunya butuh pengertian dan toleransi tinggi untuk memahami.

Bagi yang tinggal berdekatan, hal ini nggak terlalu masalah karena rindu mereka segera terobati ketika bertemu. Lantas, yang LDRan bagaimana? Udah jarag ketemu, jarang ngobrol juga, hancur sudah! Tapi ada solusinya kok, kalau kita kreatif, sekarang apa-apa bisa diselesaikan dengan kecanggihan. Ada sebuah situs email masa depan seperti LetterMeLater . Situs ini menawarkan fitur jasa pengiriman email dengan waktu yang bisa kita tentukan.

Saat kamu merasa beberapa hari ke depan jadwalmu akan padat dan super hectic. Sebelum sibuk, luangkan waktu sebentar merekam obrolan, anggap saja kamu sedang menelepon pacarmu di masa depan. Menceritakan kalau saat itu kamu pasti tengah sibuk dan nggak sempat menghubungi, ceritakan saja hal-hal singkat yang biasa kamu bicarakan dengannya. Terakhir, sampaikan rasa pedulimu dengan mendoakannya. Buatlah beberapa rekaman singkat.

Lalu masuklah dalam fitur email masa depan tersebut. Disana kamu cukup melampirkan rekaman kamu, mensetting waktunya agar terkirim di tanggal, dan jam sekian lalu kiirmkan ke alamat email pasanganmu. Satu email satu rekaman.  Dan lihat saja, meski kamu nggak pegang Handphone berhari-hari, besar kemungkinan pasanganmu nggak akan cemberut atau khawatir.  Selamat mencoba.