Bagi kalian yang telah menemukan pasangan dan telah berpacaran ratusan hari bersama, pastilah mengidamkan sebuah kepastian penentuan untuk hubungan yang lebih serius untuk masa depan. Namun terkadang, keinginan tak selalu sependapat dengan rencana Tuhan. Ada kalanya perjuangan kita tak selalu diindahkan oleh pasangan kita. 

Tenaga dan pikiran sudah kita kerahkan sebagaimana mestinya, tapi dia hanya memandang enteng semata. Beberapa hal di bawah ini, akan meyakinkan hatimu bahwa perjuangan ini harus dilanjutkan, sehingga tak'kan berakhir sia-sia. 

 

1. Meski dia cuek, tapi dia memperhatikan hal kecil dari hidupmu

Cuek tapi peduli

Cuek tapi peduli via http://www.sheentin.com

Cuek bukan berarti tak sayang. Cuek juga bukan berarti dia tak mau mengenalmu lebih jauh. Jika dia mengetahui hal-hal kecil dalam dirimu, semisal dia tahu bahwa kamu tak bisa tidur dalam keadaan gelap, dia tahu kalau kamu tak suka buah durian, bahwa dia tahu jika kamu menyukai novel remaja romansa. Tak perlu terlalu khawatir untuk memperjuangkannya, karena dalam cueknya, dia juga memiliki harapan lebih terhadap hubungan kalian. 

 

2. Dia tak lagi meributkan hal-hal remeh tentang hubungan, baginya bersamamu dalam diam adalah nyaman

Nyaman dalam diam

Nyaman dalam diam via http://www.vapeku.net

Berdua hanya dalam diam memang terkadang tak nyaman, namun baginya, adanya kamu di sisinya itu sudah cukup untuk membuatnya nyaman. Tak harus melakukan banyak hal, tak harus banyak berceloteh macam-macam. Sudah tak lagi ada hal-hal remeh yang membuat hubungan kalian cenderung romantis. Meski kamu berjuang untuk memulihkan keadaan agar tetap terlihat romantis, semisal membuat acara anniversary berdua, baginya itu adalah hal yang tak perlu dilakukan, karena memilikimu di sampingnya sekarang sudah membuatnya mensyukuri betapa pentingnya hidup lebih baik untuk ke depannya. 

3. Seperti tak pernah peduli, namun dia selalu melibatkanmu dalam kehidupannya

Aku dan kamu

Aku dan kamu via http://www.hijabtren.com

Memang terlihat dia selalu sibuk dengan pekerjaannya, sampai untuk memberi kabarmu saja dia sering tak melakukannya. Jangan terlalu berpikir negatif, walaupun begitu jika dia selalu melibatkanmu dalam kehidupannya, kamu patutlah bersyukur karena kamu harus tetap memperjuangkan pasanganmu ini. Dia membawamu dalam kehidupannya, mengenalkanmu sedikit demi sedikit dalam lingkup keluarga dan teman-temannya. Percayalah, dia layak untuk diperjuangkan!

4. Bukan menghindar, dia selalu mengajakmu duduk berdua ketika kalian menghadapi pertengkaran

Hubungan tak hanya manis saja, apalagi sudah terhitung tahunan bersama. Kalian pasti sering mengalami banyak perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertengkaran, namun dia tak pernah meninggalkanmu sendirian untuk menghadapi pertikaian tersebut. Duduk dan berbicara dalam suasana yang tenang adalah langkah yang selalu dia ambil untuk menyelesaikan pertengkaran kalian. Hanya lelaki dewasa yang bisa melakukan hal tersebut, guys. Apalagi yang kau khawatirkan untuk tak lagi memperjuangkannya?

5. Sabar dan tawakal adalah kunci penunjuk hati

Perjuangan dalam hubungan memang akan terus dilakukan. Meski tak tahu akan berujung di mana hubungan ini, meski segalanya masih terasa abu-abu, namun sabar dan tawakallah karena usaha tak akan mengkhianati hasil. Jika memang dia tercipta untukmu, perjuanganmu akan berakhir indah. Namun jika Tuhan berkehendak lain, anggap saja perjuanganmu adalah pelajaran berharga untuk menghadapi kehidupan masa depan yang lebih baik. 

Kembalikan semua kepada Tuhanmu. Perjuangan baik akan selalu disertai dengan hasil yang baik pula. Maka, meski perjuangan tak tahu akan berujung di mana, janganlah hanya terus menyerah. Lakukanlah yang terbaik, niscaya Tuhan juga akan memberikan yang terbaik.