Perhiasan yang terbuat dari berlian sudah tidak lagi asing bagi banyak orang. Semua orang bermimpi untuk memiliki perhiasan berlian. Selain bentuknya yang cantik akan membuat penampilan terlihat mewah dan elegan, perhiasan ini juga akan meningkatkan harga diri pemiliknya.

Dengan harga  cincin kawin berlian ataupun perhiasan yang tergolong mahal akan menambah wibawa dan martabat orang yang memakainya. Tidak heran banyak orang kagum saat melihat orang lain memakai perhiasan berlian. Namun ternyata banyak mitos mengenai berlian yang beredar di masyarakat yang sesungguhnya tidak benar. Apa sajakah mitos-mitos yang salah tersebut?

 

1. Berlian tidak bisa pecah atau hancur

Mitos Berlian yang via http://passionjewelry.co.id

Berlian memang memiliki tekstur yang kokoh dan gigih serta sulit untuk tergores oleh bahan lain kecuali batu berlian juga. Namun walaupun berlian sulit untuk pecah atau hancur berlian tetap harus di rawat dengan baik. Perhiasan berlian harus disimpan secara terpisah agar tidak saling tergores.

2. Warna berlian menentukan harganya

Mitos Berlian via http://passionjewelry.co.id

Selain bening atau transparan ada beberapa berlian yang memiliki warna lain. Warna ini bisa terbentuk secara alami di dalam bumi atau dibuat secara sintesis melalui proses pewarnaan. Walaupun warna menjadi faktor yang mempengaruhi harga cincin kawin berlian, namun bukanlah satu-satunya faktor penentu karena dipengaruhi juga oleh jumlah karat, kejernihan, dan potongan berlian.

3. Berlian termasuk batu yang langka

Advertisement

Ada warna-warna perhiasan berlian tertentu yang jumlahnya hanya ada sedikit di dunia, misalnya berlian berwarna merah dan biru. Selain itu karena harganya yang tinggi berlian juga dianggap sebagai batu yang langka. Namun sebenarnya berlian bukanlah batu yang paling langka karena menurut Guinness Book of World Records batu terlangka di dunia adalah painite, yaitu batu permata berbentuk segienam berwarna cokelat merah atau cokelat jingga.

4. Berlian adalah batu termahal di dunia

Batu Termahal via http://passionjewelry.co.id

Banyak orang menganggap bahwa berlian adalah batu termahal di dunia. Namun hingga kini para ahli batu permata masih memperdebatkan apakah berlian memang merupakan batu permata paling mahal di dunia. Beberapa batu permata lain yang dianggap batu termahal adalah batu zamrud dan batu alexandrite. Batu berlian termahal yang pernah dijual adalah berlian seberat 59,6 karat dengan harga USD 83 juta atau sekitar 962 milyar rupiah.

5. Mitos Berlian

Mitos Berlian via http://passionjewelry.co.id

Demikianlah mitos-mitos yang seringkali di salah artikan oleh banyak orang dan dianggap sebagai sesuatu yang benar. Apa Anda pernah mendengar mitos-mitos tersebut? Apakah Anda mempercayainya juga? Kini sudah jelas kan kalau hal-hal tersebut tidaklah benar?