Semua yang telah berlalu memang akan menjadi kenangan, termasuk masa-masa SMA. Walau tak seindah FTV yang kita tonton, namun semuanya campur aduk disini. Mulai dari cerita persahabatan, bolos di jam pelajaran, telat dan males upacara di hari Senin, sampai cerita cinta pasti bakal dikangenin. Terlebih di masa senior year, mungkin momen-momen jadi agenda yang unforgettable buat kamu.

 

1. Sudah kelas 3, sudah waktunya tobat. Tidak ada lagi kata malas. Ikut bimbel mungkin hal yang harus kamu jalani

Sebentar lagi ujian.

Perkataan itu selalu melekat di benak siswa-siswa kelas 3. Guru dan orang tua selalu saja mewanti-wanti agar belajar dengan sungguh-sungguh demi mencapai kelulusan. Karena kamu sadar bahwa selama 2 tahun belakangan ini kamu hanya berleha-leha maka ikut jam belajar di luar jam sekolah menjadi pilihanmu. Memang gak semua anak menjalani kegiatan ini. Tapi yakin deh, buat kamu yang mati-matian bimbel tiap hari dan pergi pagi pulang malam, kamu pasti akan kangen dengan momen ini.

2. Foto buku tahunan, menjadi kenangan berwujud benda yang sudah menjadi agenda tahunan

Sejuta cerita terukir di sekolah. Tapi ternyata kenangan itu tidak hanya berbentuk cerita belaka. Buku tahunan adalah bentuk kenangan yang bisa kamu abadikan dan kamu lihat saat rindu masa sekolahmu. Semua aktor dan aktris di kehidupan sekolah akan ada di dalamnya dan berpose bak model dengan pakaian dan dandanannya yang unik. Secara tidak langsung, momen ini juga sebagai wadah kreativitas bagi para siswa lohh.

3. Tiada lain tiada bukan. Ujian nasional masih menjadi momok yang selalu ditakuti

Takut nggak lulus ujian, kan? Hayo ngaku? Momen ini sepertinya menegangkan sekaligus mendebarkan dalam hidupmu! Bayangkan, waktu belajar yang kamu tempuh selama 3 tahun hanya ditentukan dalam waktu 3 hari saja. Wajar kalau hal ini selalu menjadi perbincangan dan menimbulkan kontroversi.

Walau sekarang pemerintah telah menetapkan bahwa ujian nasional bukanlah penentu kelulusan, namun siswa kelas 3 memang identik dengan ujian. Anggaplah ujian ini sebagai sarana kamu untuk memasuki jenjang yang lebih tinggi. Semangat!

4. Momen pamungkas sekaligus peresmian bahwa kamu telah selesai menempuh pendidikan selama 3 tahun. Yup, acara kelulusan dan perpisahan sekolah

Farewell Party

Farewell Party via http://mckalsel.id

Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan. Selama 3 tahun yang kamu lewati sudah berakhir. Sudah saatnya kamu melangkah menuju masa depan. Jangan sia-siakan momen ini yaa. Berterimakasihlah pada bapak/ibu gurumu, jangan ragu juga untuk mengungkapkan perasaan yang terpendam selama 3 tahun, termsuk sama si doi.

5 tahun lagi kita reunian yaa.

See you on the top!

5. Untuk memulai langkah menuju masa depan, serangkaian tes masuk dunia perkuliahan juga memiliki kenangan tersendiri

Dari sekian banyak momen di akhir SMA, mungkin momen ini yang banyak menyimpan cerita di dalamnya. Perjuangan, pengorbanan, kerja keras, dan doa selalu kamu lakoni secara harmonis. Tapi percayalah, cerita-ceritamu ini bisa jadi inspirasi dan motivasi bagi adik tingkatmu. Karena hasil tidak pernah mengkhianati proses.