Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa dan penuh berkah, banyak hal-hal seru dan unik yang hanya ada di bulan Ramadhan. Di bulan ini semua umat Islam akan berpuasa selama 30 hari penuh, mulai dari waktu subuh hingga berkumandangnya adzan maghrib.

Setiap kota maupun negara di dunia ini memiliki keunikan sendiri dalam menyambut dan menjalani bulan Ramadhan. Apakah Anda penasaran hal-hal unik apa saja yang mereka lakukan di bulan Ramadhan. Berikut ini adalah tradisi unik Ramadhan di seluruh dunia :

1. Indonesia

Raja Ampat, Papua, Indonesia via http://cdni.condenast.co.uk

Hal unik pertama datang dari negara kita tercinta Indonesia, Hal unik yang biasa terjadi adalah menjelang Ramadhan semua harga bahan pokok melonjak naik secara tiba-tiba dan saat Ramadhan sudah tiba, semua masjid akan penuh tapi hanya di awal bulan Ramadhan saja. Di setiap kalian pulang kerja, kalian pasti akan menemukan pasar kaget di pinggir jalan yang sebelumnya tidak pernah ada.

Banyak juga organisasi masyarakat dan selebritis yang melakukan Sahur On The Road, mereka membagikan makanan sahur untuk orang-orang yang mereka temui di sepanjang jalan. Mata kalian pasti tidak pernah luput dari penjual petasan yang menjamur dimana mana, meskipun sudah dilarang. Jika kalian menonton tv semua siaran televisi secara tiba-tiba menjadi religi semua. Dan yang paling unik adalah tradisi mudik alias pulang kampung, mereka akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk mengunjungi orang tua atau sanak saudara mereka.

2. Amerika Serikat

Patung Liberty, Amerika Serikat via http://i.strz.fr

Advertisement

Berikutnya ada negara Amerika, Di negeri Paman Sam ini tidak ada yang istimewa dengan datangnya bulan Ramadhan karena sama saja dengan bulan yang lainnya. Di Amerika bulan Ramadhan datang di puncak musim panas, dan durasi puasa disini mencapai 15 jam, jadi buat kalian yang menjalani puasa di Amerika harus punya fisik yang kuat ya.

Di negara ini tidak pernah terdengar adzan jadi jika akan kemana-mana harus selalu membawa pengingat agar tau jika adzan telah berkumandang. Buat para pria harus kuat iman ya karena di sepanjang jalan yang kamu lalui banyak wanita berpakaian seksi.

3. Australia

Gedung Opera Sdney, Australia via http://www.princess.com

Negara tetangga kita ini, juga memiliki fakta atau hal unik saat Ramadhan. Negara Kangguru ini memiliki durasi puasa yang singkat, yaitu hanya 11 jam. Sholat tarawih di negara ini umumnya hanya 11 rokaat, cukup singkat jika dibandingkan dengan Indonesia yang biasanya mencapai 23 rokaat.

Buat kalian yang ingin merasakan sensasi buka puasa bersama di negara ini, kalian bisa datang ke Masjid Jeffcot karena selama bulan Ramadhan masjid ini selalu menyelenggarakan acara buka bersama. Umat Muslim di sini juga selalu memastikan mereka memakai baju yang bagus untuk pergi ke masjid, karena mereka tidak mengenakan jilbab sepanjang tahun.

4. Kanada

Menara CN, Toronto, Ontario, Kanada via http://2.bp.blogspot.com

Negara di Benua Eropa ini, mempunyai durasi puasa yang sangat lama jika dibandingkan dengan negara-negara di atas, yakni 17 jam, jika kalian akan menjalankan ibadah puasa disini harus tahan godaan makanan ya. Komunitas Muslim Kanada terbanyak berada di Toronto. Layaknya negara lain, Kanada juga memiliki makanan favorit untuk berbuka puasa yaitu Kebab.

Menjelang Idul Fitri selalu ada Canada Exhibition, yang bertempat di Rogger Centre, tempat ini juga selalu dikunjungi oleh pejabat teras. Persiapkan iman yang kuat ya jika menjalani puasa di Benua Eropa, karena negara-negara di kawasan Benua Eropa adalah negara minoritas Islam otomatis banyak sekali gangguannya.

5. Pakistan

Gigi-Balkistan, Pakistan via https://i.dawn.com

Pakistan adalah salah satu negara di Asia dengan masyarakat mayoritas muslim. Di negara ini saat bulan Ramadhan suasana islamic sangat terasa, hal ini terbukti dengan semua toko makanan tutup saat pagi dan buka kembali saat menjelang waktu ashar. Saat Anda berpergian dengan kendaraan umum, Anda pasti akan menjumpai banyak orang membaca Al Quran.

Kegiatan sholat tarawih di negara ini cukup unik dan istimewa, karena mereka membaca surat yang berbeda setiap harinya dengan tujuan mengkhatamkan bacaan Al Quran pada saat sholat tarawih, dan 3 hari menjelang Ramadhan usai, mereka akan mengadakan malam shabina yaitu pengkhataman Al Quran secara penuh.

6. Mesir

Piramid Agung Giza, Mesir via http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Negara yang terakhir adalah negara yang sangat dikenal dengan Piramidanya, yaitu Mesir. Negara ini juga memiliki fakta unik saat bulan Ramadhan. Hal yang paling menonjol saat Ramadhan di Mesir adalah munculnya lentera-lentera indah yang bergantungan di sepanjang jalan maupun rumah-rumah penduduk. Saat berbuka puasa tidak ada perbedaan di negara ini, karena banyak masjid dan masyarakat lokal yang menyiapkan meja makan besar untuk masyarakat miskin, juga untuk orang lain yang ingin bergabung.

Sering juga ditemui banyak masyarakat yang melakukan kebiasaan membaca Al Quran di dalam bus. Sama halnya dengan di Indonesia, masyarakat di negara ini juga sering mengundang keluarga besar maupun teman dekat mereka untuk berbuka puasa bersama.