Hallo, ini adalah #TipsCantikAlami dari aku. Kamu tahu kan lidah buaya? Nah manfaatnya sangat banyak banget loh Gimana sih kok bisa lidah buaya jadi penyembuh jerawat?

Jadi gini, muka ku termasuk muka yang kering banget terus aku dari jaman SMP gak pernah makai cream, facial foam, atau perawatan muka apapun aku cuman pake sabun bayi atau sabun kesehatan aja. Nah, aku tipe cewek yang males dan gak suka ribet untuk hal-hal seperti itu, terus dirumah aku banyak banget tanaman lidah buaya ini aku cari tahu aja tentang cara memasaknya karena kebetulan hobby aku adalah memasak nah pas nyari tahu itu aku nemu kalo bagus buat wajah dan rambut, setelah itu aku malah gak jadi masak tapi jadiin si lidah buaya ini jadi masker aku.

Cara simple nya sebagai berikut :

1. Mengenal Secara Singkat Lidah Buaya

Lidah Buaya 1 via http://google.com

Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering. ( Wikipedia )  

2. Pilih Lidah Buaya Yang Sudah Tua

Lidah Buaya Tua via http://google.com

Ini adalah Step pertama sih sebenarnya hehe

Advertisement

Jadi buat kamu yang mungkin bingung pakainya lidah buaya yang apa ya? Nah saran aku pilih batang lidah buaya yang sudah tua, gimana taunya?

Lidah buaya yang udah tua itu yang berada paling bawah di pohonya, dari warnanya yang paling hijau tua dan sedikit kekuningan, tapi jangan pilih yang warna kuning banget karena itu udah mau membusuk atau terlalu matang, dari teksturnya yang lebih keras pas kamu pegang.

Nah kalau udah nemu potong aja dari pohonnya.

3. Diamkan Untuk Menghilangkan Getah Kuning

lidah buaya h via http://google.com

Step selanjutnya yaitu hilangkan getah warna kuning dari batang lidah buaya yang sudah di potong.

Caranya gampang banget kamu tinggal potong aja batang yang paling akar yang warnanya putih terus diemin aja selama beberapa menit nanti getahnya akan hilang sendiri.

Tips dari aku mending kamu diemin dulu selama minimal 30 menit terus dijemur dibawah sinar matahari tapi jangan langsung terkena sinar matahari ya, jadi cuman kena cahayanya aja atau kalau kalian bingung gimana maksudnya jemurnya disinar matahari sore. Nah habis kamu jemur itu baru dipotong dibagian warna putihnya. Jangan lupa di cuci bersih ya.

4. Kupas Lidah Buaya

Next Step kupas lidah buaya atau pisahin dagingnya dari kulitnya bisa pakai pisau di kupas biasa atau ambil daging pakai sendok. Setelah di kupas didiamkan taruh pada wadah yang atau pada mangkuk diamkan dulu beberapa menit kemudian hancurkan daging lidah buaya tersebut. Setelah di hancurkan diamkan lagi beberapa menit maksimal 5 menit jangan lama-lama ya!

Kenapa sih banyak didiamkan? Kalau dari aku sendiri biar getahnya dari batang bisa keluar dulu.

5. Aplikasikan ke wajah kamu

Terakhir! Aplikasikan masker tadi ke wajah kamu secara merata nah kalau mau dkenakan ke alis nggak apa-apa lho karena alis kamu nanti bakalan lebih lembut. Setelah merata pada wajah beberapa menit sampai kering lakukan berkali-kali sampai 3x, tapi kalau gak sampai 3x juga nggak apa-apa sih ini cuman saran dari aku aja sih.

Yang paling akhir basuh menggunakan air dingin atau air es.

Untuk muka kamu yang nggak berjerawat atau belum ada jerawatnya masker pakai lidah buaya ini kamu lakukan seminggu maksimal 2x aja ini buat mencegah jerawat kamu tumbuhnya nggak lama ( tapi ini tergantung kondisi muka sih )

Untuk muka kamu yang berjerawat lakukan maskeran ini rutin selama 3x dalam seminggu setiap sore hari sebelum mandi ya, maskernya selama 30 menit terus ada tambahan sebelum kamu tidur pakai perasan air lemon terus kamu aplikasikan ke muka yang ada jerawatnya.

Ohiya for your infomation guys, kalau pas kamu aplikasikan ke muka gatal-gatal cekit-cekit sementara atau beberapa saat aja itu emang bereaksi tapi kalau sampai gatalnya memerah dan bentol-bentor berarti getah kuning di batang lidah buaya belum keluar semua dan belum bersih.

Tips diatas sesuai sama pengalaman aku aja ya teman-teman dan hasilnya bagus sih selama kita rajin, dan telaten semua itu tergantung sama kondisi muka kita, nggak ada salahnya kita coba karena ini juga pakai tumbuhan alami.