Setelah jerawat hilang, biasanya akan menimbulkan bekas jerawat jika kamu melakukan perawatan yang salah saat menghilangkannya. Pasti menyebalkan setelah masalah jerawat hilang sekarang di wajah kamu dipenuhi bopeng bekas jerawat. Ini juga adalah masalah yang sering terjadi dan pengen dihindari. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat itu. Paling enak, ya pergi ke dokter. Tapi kalau pengen murah dan aman, bisa kamu coba pake cara alami. Yuk, kita usir bekas jerawat dengan cara ini.

 

1. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Lidah Buaya (Aloe Vera) via https://en.wikipedia.org

Gel lidah buaya adalah cairan yang kaya vitamin yang dapat membantu untuk memperbaiki kulit dan bopeng bekas jerawat. Aloe vera sangat aman, sehingga kamu tidak perlu kawatir karena tidak memiliki efek samping. Selain itu, fakta bahwa lidah buaya adalah lotion yang sangat baik, itu akan membuat kulit kamu terlihat dan merasa lebih lembut dan sehat. Kamu dapat menemukan gel lidah buaya di toko obat atau bikin sendiri secara alami lebih baik.

Caranya:

Cukup memutus satu daun lidah buaya, kupas kulitnya untuk mendapatkan gel, dan gosok secara perlahan ke kulit kamu. Biarkan dahulu jangan dibilas, biarkan gel terserap kurang lebih 30 menit. Lalu bersihkan dengan air.

Catatan: Kadang-kadang Aloe Vera menyebabkan iritasi. kamu tidak perlu khawatir tentang itu karena sangat jarang terjadi dan jika terjadi hanya iritasi ringan. Jika terlalu banyak, maka kamu dapat mencuci dengan air segera.

2. Madu

Madu adalah bahan alami populer yang dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Cara terbaik adalah untuk memanfaatkan madu mentah (raw), bukan sejenis madu yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain karena kebanyakan yang dijual adalah hasil olahan. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, beli madu dari toko yang hanya menjual produk alami.

Cara menggunakan madu sebagai perawatan bekas jerawat sangat mudah. Ambil 1 sendok teh madu dan oleskan di seluruh kulit kamu yang ada bekas jerawatnya. Mengoleskannya dalam gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit dan setelah itu cuci dengan air dingin.

Catatan: Oleskan madu setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Putih Telur

Putih telur sangat baik dalam hal memperbaiki sel tubuh yang akan membantu memulihkan jaringan parut. Putih telur penuh dengan protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori untuk mencegah jerawat baru dan juga mencerahkan kulit bekas luka.

Cara menggunakannya adalah; ambil wadah, pecahkan telur, dan ambil hanya putih telur saja. Memanfaatkan jari kamu untuk mengoleskan putih telur pada kulit kamu dan fokus pada wilayah yang ada bekas jerawatnya. Biarkan putih telur kering pada kulit dan tahan sampai beberapa menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Lakukan ini dua sampai tiga kali setiap minggu.

Catatan: Jika kulit kamu sangat kering, kamu bisa menggunakan minyak zaitun setelah mencuci wajah dengan air hangat.

4. Mentimun

Mentimun sangat baik untuk kulit. Kamu dapat dengan mudah menggunakan bahan ini untuk perawatan wajah. Mentimun tidak hanya kaya dengan air tapi juga mengandung vitamin serta magnesium yang baik untuk kulit.

Jika kamu ingin menerapkan pengobatan ini, kamu harus mengambil mentimun. Potong dan letakkan irisan pada kulit yang ada bekas jerawatnya. Setelah tiga puluh menit, buang mentimun lalu bilas wajah kamu dengan air.

5. Minyak Zaitun (Olive Oil)

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun via https://id.wikipedia.org

Minyak zaitun merupakan sumber zat besi serta vitamin. Vitamin E secara progresif karena dianggap sebagai pemain penting dalam membantu pertempuran melawan penuaan. Minyak zaitun kaya akan anti-oksidan.

Minyak zaitun berguna memecah kotoran serta minyak tertangkap dalam terhambatnya pori-pori; seperti peradangan kulit perawatan bekas luka. Caranya oleskan minyak zaitun ke kulit kamu, fokus pada titik-titik bekas jerawat. Terus menggosok selama beberapa menit sampai kamu bisa merasakan bahwa pori-pori kamu benar-benar tertutup dengan minyak zaitun. Cuci dengan air hangat di kulit kamu dengan memanfaatkan kain. Ulangi prosedur itu 1-2 kali sebelum mencuci wajah dengan air dingin.