Sebagai umat muslim kamu percaya bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dari seluruh bulan. Pada bulan itu kamu  tentu saja akan menjumpai hal-hal baru, biasanya seperti makan sahur, sholat subuh tepat waktu, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang hal ini dijadikan sebagai peluang emas sebagai awal perubahan menjadi pribadi lebih baik, sebagian lainya lebih memilih menikmati euforia suasana bulan suci tanpa ada tindakan baru yang membuat harinya sama seperti hari-hari sebelumnya.

1. Buang sejenak kebiasaan tidur setelah subuh.

buang sejenak kenikmatan ini demi bersamanya kelak! via http://musmus.me

Siapa yang tak suka tidur setelah solat subuh, tak ada yang tak setuju bahwa tidur setelah solat subuh merupakan nikmat Tuhan yang paling sempurna!, namun pikir kembali niatanmu untuk tidur setelah solat subuh pada momen ini. Setidaknya kamu telah menghabiskan sebelas bulan sebelumnya untuk tidur setelah solat subuh. Kamu bisa mengisinya untuk sekedar membaca buku, atau Al-qur’an. Yuk manfaatkan kesempatan ini sebagai alasan terbaik kamu untuk memantaskan diri bersamanya kelak!

2. Mumpung masih di bulan suci, banyak-banyak solat jamaah tiap waktu.

Niatanmu menjadi pribadi lebih baik akan semakin kokoh, setelah kamu menempuh solat berjamaah tiap waktu dimasjid dilain. Ini juga menandakan bahwa kamu tak main-main bersamanya karena kamu bisa menyebutkan namanya disetiap langkahmu menuju masjid.

3. Sempatkan sesekali untuk memberikan orang lain makanan untuk berbuka.

Advertisement

Menyumbang sedikit makanan di masjid. via http://www.nasikotakcatering.com

Momen ini juga sangat dasyat bagi kamu yang sedang memantaskan diri untuk membuktikan bahwa cinta tak semata-mata hanya kamu dan dia. Tetapi ada doa salah satu faktor penting, karena tanpa adanya doa, semesta akan menganggap dia hanyalah penghias kenanganmu. Selain itu memberikan orang lain berbuka merupakan salah satu momen dimana doamu akan dikabulkan. Amminn semoga yak!

4. Membersihkan pikiran, membersihkan hati bukanlah pilihan yang buruk.

Sudah saatnya membersihkan hati di momen ini. via http://seekershub.org

Tak ada salahnya mengajaknya pergi ke kafe, atau liburan ke pantai untuk merefresh pikiran. Namun sebelas bulan yang lalu bukankah kamu telah melewati dengan travelling serta liburan bersamanya? Maka pada momen satu bulan ini kamu bisa membuktikan bahwa cintamu tak hanya cukup dengan bersenang-senang, melainkan dengan memperkuat iman masing-masing akan membuatmu lebih mampu menjaga hati. Hal ini dapat kamu lakukan dengan solat berjamaah bersama maupun bertadarus bersama di masjid. Dengan cara ini tak hanya pikiran kamu yang fresh melainkan hati kamu akan jauh lebih bersih dari sebelumnya!

5. Luangkan waktu lebih untuk ‘berbicara’ dengan-Nya

Kamu, iyaa kamu. via https://pbs.twimg.com

Berapa kali kita menemukan kutipan di timline path, bbm, twitter seperti ini

“Kamu, adalah ketidakmungkinan yang selalu aku semogakan”

Tetapi berapa kali kita mengorbankan waktu kita untuk benar-benar berdoa di depan-Nya kala malam tiba. Sekali lagi kali ini memang waktu yang paling pas buat kamu yang sedang memantaskan diri untuk berdoa di kala 1/3 malam tiba. Kamu bisa melakukanya sepuluh menit sebelum bersahur untuk berdoa sambil menyebutkan namanya. Siapa tau ketidakmungkinan akan menjadi sebaliknya!