Musim hujan sangat identik dengan menurunnya suasana hati bahkan bisa terjadi depresi ringan. Sejumlah penelitian di Eropa juga mengungkapkan bahwa suasana hati saat hujan tiba sering menurun, yang mengakibatkan galau dan musim dingin tiba dan rentan membuat orang mengalami Seasonal Affective Disorder (SAD), yaitu depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

SAD umumnya terjadi di negara empat musim dan biasanya banyak dialami orang ketika musim gugur dan dingin. Namun tidak menutup kemungkinan gangguan ini juga terjadi di negara tropis seperti Indonesia, khususnya pada musim hujan. Jika kamu merasakan gejala melemahnya energi dan mood jadi negatif pada kondisi cuaca tertentu, ada kemungkinan kamu mengalami gangguan ini. Lalu, bagaimana mengatasi SAD atau yang juga dikenal dengan sebutan winter blues ini?

1. Carilah cahaya agar semangatmu terstimulasi

Berdasarkan data dari Seasonal Affective Disorder Association, satu dari lima orang di Inggris mengalami winter blues. Saat hujan, langit cenderung mendung sehingga kurang cahaya matahari. Kondisi ini bisa memengaruhi sistem sirkadian pada tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh lesu, gelisah dan ingin banyak makan.

Untuk mengatasi mood yang gloomy di cuaca mendung, ketika bangun di pagi hari bukalah tirai jendela dan nikmati terpaan sinar matahari, bukan meneruskan tidur dan mendekap selimut. Kamu juga bisa berjalan-jalan sejenak di luar rumah selama 10 atau 15 menit. Sinar matahari akan menstimulasi tubuh agar lebih segar dan bersemangat.

2. Dengarkan musik melankolis

musik melankolis via https://tribunnews.com

Kedengarannya memang kontradiktif, bagaimana musik berirama sedih bisa membangkitkan mood ceria? Namun hal itu telah dibuktikan oleh para ilmuwan, yang menemukan bahwa mendengarkan lagu-lagu sedih merupakan cara yang tepat agar suasana hati lebih ceria. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa lagu dan musik bertema sedih membantu mengatasi mood dan rasa kesepian karena membuat kita lebih bisa meluapkan emosi. Menurut ilmuwan dari Tokyo University, musik bertema sedih juga membuat kita merasa lebih tenang.
 

3. Berdiri dengan kepala di bawah

Advertisement

Gerakan yang juga terdapat dalam latihan yoga ini biasa disebut dengan inversion, yaitu berada dalam posisi berdiri dengan kepala di bawah. Saat dalam posisi ini, darah akan mengalir ke otak sehingga meningkatkan energi dan konsentrasi. Gerakan ini juga mengurangi jumlah kortisol, hormon pemicu stres sehingga perasaan depresi dan gelisah Anda akan mereda sementara dan efeknya pun bisa jangka panjang. Jika Anda bukan atlet akrobat atau tidak terbiasa melakukan gerakan ini, bisa melatihnya dengan menyender pada dinding.

4. Perbanyak berdiri jangan malas untuk bergerak

berdiri via http://csdnews.com

Sebuah studi menemukan bahwa terlalu banyak duduk dalam waktu lama sama berbahayanya dengan merokok. Duduk sepanjang waktu, akan meningkatkan risiko diabetes, sakit jantung, obesitas, kematian dini, sakit punggung hingga depresi. Agar mood meningkat, perbanyaklah berdiri ketika di kantor atau rumah. Ambil sendiri air putih Anda ke pantry ketimbang meminta bantuan office boy. Berjalanlah menuju tempat makan siang, bukan dengan memesan kepada office boy atau naik mobil jika jaraknya tidak terlalu jauh.

5. Makan dark chocolate biar mood positif kamu meningkat

Cokelat tanpa tambahan rasa, gula, dan susu akan membuat perasaan kamu lebih baik dengan seketika. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan cokelat 60 hingga 70 persen, lebih baik lagi yang jenisnya raw chocolate. Artinya, biji cokelat tidak melalui proses roasting dan tidak mengandung gula maupun perasa tambahan. Dark chocolate ini kaya akan antioksidan, magnesium, zat besi, zinc dan vitamin C yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Dark chocolate juga kaya akan tryptophan, zat peningkat mood positif yang menimbulkan efek yang sama seperti ketika sedang jatuh cinta.

6. Latihan pernapasan biar stresmu berkurang

pernapasan via http://www.onlinetv.id

Menyendiri dan menarik napas dalam-dalam serta membuangnya secara perlahan akan membuat oksigen mengalir ke dalam otak. Bernapas dengan teknik meditasi bisa mengurangi stres. Oleh karena itu, teknik ini bisa membuat pikiranmu lebih jernih dari hal-hal negatif. 
 

7. Tulis surat ucapan terima kasih

kartu ucapan atau surat via http://terbarux.blogspot.com

Hal-hal kecil ternyata bisa membantu kurangi kadar stres bahkan depresi, termasuk mengucapkan terima kasih lewat kartu ucapan atau surat. Berterima kasih kepada orang lain yang telah memberi arti atau membantu dalam hidup kamu efektif untuk mengurangi perasaan negatif seperti sedih juga gelisah. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Of Clinical Psychology menemukan bahwa responden yang menulis surat ucapan terima kasih kepada orang lain merasakan kebahagiaan selama seminggu penuh.