Sebenarnya gimana sih cara travelling yang nyaman, aman, dan hemat? Biasanya, para kita harus belajar secara otodidak dan terus memperbaiki pengetahuannya tentang travelling. Nah, dengan mengetahui tips dibawah ini, you can travel just like a pro!

 

 

1. Pakai Vacuum Bag untuk menghemat ruang koper

Meskipun anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk membeli sebuah vacuum bag lengkap dengan alat vacuum-nya, vacuum bag ini bisa menghemat 50% dari ruang koper karena alat ini akan membuang seluruh udara di dalam pakaian kalian. Jadi, kalian gak perlu membawa koper terlalu banyak, dan oleh-oleh pun muat banyak!

 

2. Tinggalkan handuk, sabun, semua yang tidak diperlukan

Tenang saja, kebersihan kalian pasti tetap terjaga kok. Pihak hotel setidaknya pasti akan menyediakan sikat gigi, handuk, serta sabun, bahkan terkadang keperluan lainnya seperti masker dan body lotion. Tinggalkan juga hal-hal seperti handuk besar atau mungkin boneka kesayangan? Dan hal lainnya yang tidak diperlukan (atau yang kalian tahu sudah disediakan oleh tempat menginap kalian). Percayalah, kalian bisa hidup tanpanya kok!

3. Sebarkan uang di beberapa tempat

Secret Money Compartment

Secret Money Compartment via http://i.kinja-img.com

Sedia payung sebelum hujan itu tidak ada salahnya bukan? Kalian bisa mencari berbagai sumber tips and tricks dari internet untuk menyebunyikan uang di berbagai tempat (yang tidak diduga!). Seperti di dalam tempat bekas lipbalm, kotak permen, dan lainnya. Sebarkan juga di dalam kaus kaki, di selipan tas dalam hotel, atau dimana pun yang menurut kalian aman. Jadi, kalau dompet hilang atau dicuri, kalian masih memiliki uang cadangan.

 

4. Bawa pakaian serta alas kaki yang nyaman

Sendal untuk jalan-jalan

Sendal untuk jalan-jalan via http://www.slate.com

Ingat, anda mau pergi traveling, bukan ke kondangan. Gak perlu membawa baju ribet serta sepatu dengan berbagai model yang membuat anda mudah capek. Cukup bawa sepatu kets, kaos, dan celana belel santai, dan anda pun siap untuk berkeliling kota seharian penuh. (Oiya, jangan lupa bawa sendal jepit. Di suatu titik saat kalian sedang traveling, saya jamin kalian akan bersyukur bawa sendal jepit),

 

5. Gunakan asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan

Asuransi perjalanan via http://travelinsurancefile.com

Memiliki asuransi perjalanan saat traveling tidak boleh dilupakan (terutama jika kalian akan pergi ke luar negeri dengan jangka waktu yang lama). Selain untuk asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi perjalanan bisa digunakan untuk melindungi dan memberi ganti rugi barang bawaan yang hilang (terutama kalian yang membawa kamera profesional, dan barang penting lainnya), memberi jaminan saat pesawat atau penginapan yang dibatalkan. Traveling bisa menjadi lebih mudah dan aman tentunya, jika kalian memiliki asuransi perjalanan. 

6. Gak cuma ada hotel kok!

Untuk akomodasi, pilihan kalian gak cuma hotel kok! Sekarang banyak pilihan akomodasi lainnya mulai dari motel, dorm, sampai homestay. Untuk kalian yang mau sedikit adventourous, kalian bisa coba cari "tumpangan nginep" di rumah warga seperti couchsurfing, atau sewa rumah seperti di airbnb.

 

 

7. Browsing tiket penerbangan murah

Bagi kalian yang mau traveling murah, tentunya transportasi bisa membuat perbedaan besar dalam pengeluaran budget kalian. Kalian bisa rajin-rajin cari promo tiket pesawat murah di berbagai website. Kalian bisa mendapatkan harga tiket yang lebih rendah jika pada waktu terbang di hari Selasa, Rabu, atau Sabtu. Connecting flight dan mendarat di bandara yang lebih besar juga dapat memberi harga tiket yang lebih murah.