Biasanya di hari kasih sayang yang nerima coklat dan bunga itu cewe, tapi yang didapet cowonya apa sih? Paling-paling ucapan terima kasih terus dipeluk. Kali ini cewe dong yang buat hadiah untuk cowonya. Bingung mau kasih apa? Jam udah pernah, baju juga udah, sepatu mah mahal. Hmmm... gimana kalau never ending letter? Eh ide bagus tuh! Coba buat yuk!

 

1. Perlengkapan yang dibutuhkan

Perlengkapan yang dibutuhkan

Perlengkapan yang dibutuhkan via https://www.instagram.com

Alat dan bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat never ending letter yaitu :

1. Kertas HVS berwarna

2. Kertas origami bermotif

3. Sticker

4. Potongan gambar dari majalah bekas atau bisa juga kamu buat sendiri

5. Gunting

6. Double tape

7. Pulpen dan pensil

8. Washi tape (optional)

2. Langkah pertama: potong kertas

Potong kertas origami dan HVS dengan lebar 4 cm dan tinggi 8 cm sebanyak 8 lembar. Usahakan tiap potongannya sama ya. Cukup 8 lembar saja.

3. Langkah kedua: lipat kertas bagian pertama

Ambil satu lembar kertas origami yang sudah dipotong. Kemudian dibalik, sehingga sisi yang bermotif berada dibagian bawah. Jangan sampai ketukar ya.

4. Langkah ketiga: lipat kertas bagian kedua

Lipat bagian bawah kertas ke atas, pastikan sisi atasnya sejajar hingga membentuk lekukan di tengah. Setelah terbentuk lekukan, buka kembali. Lalu lipat bagian kiri ke kanan, pastikan sisi sampingnya sejajar, lalu buat lekukan kecil di atas dan di bawah untuk penanda bagian tengah kertas. Setelah terbentuk lekukan, buka kembali.

5. Langkah keempat: lipat kertas (lagi) bagian ketiga

Setelah kertas dilipat sesuai instruksi sebelumnya, selanjutnya lipat lagi kertas tersebut. Lipat sisi kiri dan kanan ke bagian tengah kertas. Jangan sampai keliru ya ;).

6. Langkah kelima: semua kertas sudah dilipat

Lakukan langkah 2 sampai 4 untuk seluruh lembar kertas. Pastikan semua kertas dilipat sesuai dengan instruksi sebelumnya. Jangan sampai ada yang terlewat ya.

7. Langkah keenam: susun kertas

Ambil dua lembar kertas. Letakkan dalam posisi vertikal dan tempelkan double tape di sisi kertas seperti pada gambar. Kemudian lepaskan kertas pada double tape.

8. Langkah ketujuh: susun kertas

Dempetkan kertas, lalu pasang 2 kertas dengan warna lain secara horizontal. Pastikan sisi ujungnya sejajar dengan kertas yang vertikal dan tidak miring. Usahakan langkah ini jangan sampai salah ya.

9. Langkah kedelapan: susun kertas

Lipat bagian yang horizontal ke belakang hingga berbentuk seperti ini. Jangan lupa susunannya juga seperti dalam gambar ya. Mudah bukan?

10. Langkah kesembilan: susun kertas

Tempelkan double tape di sisi dan bagian tengah kertas seperti pada gambar. Kemudian lepaskan kertas pada double tape. Lakukan dengan hati-hati ya, agar tidak saling menempel.

11. Langkah kesepuluh: susun kertas

Pasang 2 kertas dengan warna lain secara horizontal. Pastikan sisi ujungnya sejajar dengan kertas dibelakangnya dan tidak miring. Jangan sampai salah ;).

12. Langkah kesebelas: susun kertas

Lipat bagian yang horizontal ke belakang hingga berbentuk seperti pada gambar. Selanjutnya tempelkan double tape di sisi dan bagian tengah kertas. Kemudian lepaskan kertas pada double tape.

13. Langkah kedua belas: susun kertas

Pasang 2 kertas origami lain secara horizontal. Pastikan sisi ujungnya sejajar dengan kertas dibelakangnya dan tidak miring. Ingat ya, jangan sampai miring.

14. Langkah ketiga belas: susun kertas

Lipat bagian yang horizontal ke belakang hingga berbentuk seperti ini. Tempelkan double tape di sisi dan bagian tengah kertas seperti pada gambar. Kemudian lepaskan kertas pada double tape.

15. Langkah keempat belas: hias dan isi ke 4 sisi

Nah, sekarang siapkah bahan untuk menghiasnya. Kamu juga boleh menambahkan foto, potongan lirik lagu atau puisi. Isi sesuai dengan apa yang ingin kamu berikan untuk doi ya.

16. Langkah kelima belas: tips

Jika ada foto yang diletakkan ditengah, belah dua terlebih dahulu, gambar lalu baru di tempel. Hal ini bertujuan untuk menghindari foto atau gambar kalian terlipat. Sayang kan kalau sampai terlipat?

17. Langkah keenam belas: hias dan isi ke 4 sisi

Kamu bisa menggunakan kertas origami bermotif sebagai covernya. Kamu bisa juga menghiasnya dengan membuat judul dan menaruh gambar dari potongan majalah bekas. Mainkan kreativitasmu ya!

18. Langkah ketujuh belas: hias dan isi ke 4 sisi

Isi dengan kata-kata yang ingin kamu ungkapkan soal hubungan kalian. Selingi juga dengan sticker sebagai pengganti kata. Hias semenarik mungkin yap!

19. Langkah kedelapan belas: hias dan isi ke 4 sisi

Nah dibagian selanjutnya, isi dengan kata-kata tentang dia sepenuhnya. Tuangkan semua isi hatimu tentang si dia. Dijamin, saat dia nanti membacanya akan klepek-klepek.

20. Langkah kesembilan belas: hias dan isi ke 4 sisi

Sisi terakhir di isi dengan doa untuk hubungan kalian. Berterima kasih dan ucapan valentine untuknya jangan sampai lupa ya. Semoga doa-doa yang kamu tuliskan bisa terwujud. Amiiin.

21. Berikan kepadanya; kamu jangan sampai malu untuk memberikan ya!

Setelah semua langkah selesai kamu kerjakan, sekarang saatnya kamu memberikan never ending letter ini kepadanya. Kamu bisa juga membelikan kado lainnya, tapi kado yang dibuat sendiri dan diisi dari hati adalah yang paling spesial :). Gimana? Romantis kan?