Selama ini istilah baper atau kebawa perasaan lebih sering melekat pada cewek. Kenyataannya, tidak sedikit juga cowok yang kerap baper dalam pergaulan, terutama kepada teman dekatnya yang berjenis kelamin berbeda. Hanya saja, kebaperan mereka kerap tidak terdeteksi karena dibungkus sikap sok cool dan tidak terlihat ekspresif. Buat kamu para cewek yang memiliki banyak teman dekat cowok, ada baiknya mengetahui ciri-ciri cowok baper. Tujuannya simple: upaya sikap dan perhatianmu tidak disalahartikan. Lalu pertemanan kalian pun langgeng.

1. Cowok baper paling nggak bisa ditolak. Dia akan berusaha cari tahu kenapa kamu mengelak

Nggak bisa ditolak deh via https://www.google.co.id

Cowok baper biasanya tidak bisa ditolak. Artinya, jika selama ini kamu mengiyakan semua ajakan mereka untuk jalan atau sekadar menemani minum kopi maka mereka berpikir selamanya kamu tidak akan menolak ajakan mereka. Padahal, sebagai teman wajar saja jika kamu tidak bisa menuruti semua permintaan mereka.

Saat penolakan ajakan terjadi, biasanya cowok baper tidak seketika marah. Ingat, mereka harus menahan ekspresinya supaya terlihat cool. Jadi, mereka melampiasakan dengan selalu mengontak kamu pada jam-jam kamu tidak bersamanya. Misal kamu diajak cowok baper pergi pukul 7 malam dan kamu tidak bisa, maka mulai dari pukul 7 malam dia berusaha untuk berkomunikasi dengan kamu, melalui ponsel untuk memastikan keberadaanmu.

Kalau sudah seperti ini, ada baiknya kamu membatasi komunikasi selama kamu beraktivitas tanpa dirinya. Bukan berarti kamu menghindarinya atau membencinya. Ini semata-mana supaya dia tahu kamu memiliki prioritas selain dirinya.

2. Update kamu di social media jadi pantauannya. Sekali ada yang baru, cowok ini sudah siap dengan segala komentarnya

Advertisement

Ternyata dia stalking juga… via https://www.google.co.id

Mengomentari foto adalah hal yang biasa dilakukan teman kita. Namun cowok baper melakukannya dalam intensitas sering. Apalagi jika kamu memasang foto dengan cowok lain yang dia tidak kenal. Seburuk apapun wajah teman cowokmu, jika terlihat berdua dengan kamu dalam satu frame, dia merasa itu sebuah ancaman sehingga merasa perlu mempertanyakan. Tentu saja mempertanyakannya tidak mirip penyidik sedang menginterogasi, melainkan dibalut dengan guyonan.

Menghadapi kondisi demikian juga tidak sulit. Kamu tidak harus membalas dengan antusias setiap komentarnya. Kalau perlu balas dengan emoticon atau tawa saja, supaya cowok baper tidak berharap terlalu banyak denganmu dan hubungan pertemanan kalian tetap awet.

3. Dia kadang mencoba menyindir soal kamu dan masa lalu. Membuat kamu berpikir kok cowok ini selalu ingin tahu

Suka nyinyir juga lho via https://www.google.co.id

Cowok baper suka sekali menyindir masa lalumu. Tapi perlu diingat tidak semua, cowok yang hobi menyindir dan mengintrik soal masa lalu atau gebetanmu itu masuk kategori baper. Bisa saja dia cuma iseng dan memang hanya bercanda. Namun, kekhasan cowok baper dalam menyindir adalah dia fokus dan berusaha mengatakan secara tersirat kalau kamu dan masa lalu atau gebetanmu itu tidak cocok lewat berbagai cara. Hasilnya, kamu jadi merasa drop dan kerap berpikir ulang tentang masa lalu atau gebetanmu sekarang.

“Kamu nih cewek ga bisa masak, pantesan aja si X ninggalin kamu dan milih pacarnya yang sekarang.”

Sementara, cowok yang hobi menyindir atau mengintrik biasanya justru membuat kamu ge er dan bersemangat berhubungan dengan masa lalu atau gebetanmu saat ini.

Jika berhadapan dengan kondisi itu, cukup pahami situasinya saja, tidak perlu membatasi apapun dan berkomentar banyak untuk membalas. Anggap saja omongan cowok baper sebagai candaan dan sering-seringlah tertawa menanggapinya.

4. Dia bakal rajin stalking. Sampai hafal apa saja postinganmu

Stalkingnya rajin beneeeer via https://www.google.co.id

Cowok baper yang notabene adalah temanmu di dunia nyata dan maya, tentu memiliki akses berteman di sosial media denganmu. Ia memanfaatkan media ini untuk mencari tahu siapa teman-temanmu yang tidak dikenalnya namun cenderung akrab denganmu lewat komentar di sosial media. Tujuannya, ingin memilah-milah, mana kawan dan mana ancaman. Setelah memegang beberapa nama, cowok baper akan berusaha mencari tahu seberapa jauh hubunganmu dengan nama-nama itu lewat pertanyaan sepintas. Misal kamu berencana pergi denga teman, cowo baper akan lebih detail menanyakan siapa teman yang dimaksud. Siapa tahu ada nama yang dia pegang.

5. Dia berusaha membuatmu hanya fokus padanya. Dia tak mau perhatianmu tebagi saat bersamanya

Nggak suka liat kamu sama yang lain via https://www.google.co.id

Cowok baper akan berusaha mencuri seluruh perhatianmu, termasuk ketika kalian sedang nongkrong berdua di sebuah tempat. Cowok baper lebih kerap mengawasi kondisi di sekitarnya untuk memastikan tidak ada yang mengganggu fokusmu. Misalnya, dia memilih untuk duduk tepat di depanmu dan pandangannya bisa menyeluruh ke segala penjuru, sedangkan kamu dudk menghadap cowok baper yang membelakangi dinding. Alhasil padanganmu hanya ke arahnya saja.

Meskipun demikian, mendeteksi cowok baper tidak bisa dengan satu ciri saja. Setidaknya ada 3 dari gejala di atas dan kamu bisa menyimpulkan kalau teman yang kerap bersamamu adalah cowok baper.