Menjadi mahasiswa merupakan masa – masa dimana kamu sudah dianggap dewasa dan sudah dianggap bisa menentukan pilihanmu sendiri. Kamu akan memiliki banyak pilihan ketika menjadi mahasiswa, ketika menjadi mahasiswa seolah - seolah memasuki sebuah Mall yang di dalamnya kamu bisa bebas pilih mana yang kamu suka seperti ikut kuliah jam berapa, ikut kegiatan apa, bergaul dengan siapa saja, dan masih banyak lagi.

Beberapa pilihan yang harus kamu pilih sejak menjadi Mahasiswa baru adalah kapan kamu lulus menjadi seorang sarjana, pilihan ini bisa sebelum waktunya, biasanya sebelum 4 tahun, tepat waktunya biasanya pas 4 tahun, atau lulus pada waktunya, bisa lebih dari 4 tahun  atau sampai memaksimalkan masa study seorang mahasiswa S1 sampai 7 tahun.

Jika kamu memilih menjadi mahasiswa yang lulus pada waktunya, ini kebaikan yang akan kamu dapatkan.

1. Lulus pada waktunya akan membuat CVmu lebih berwarna dengan berbagai pengalaman yang kamu peroleh.

Sejak menjadi mahasiswa baru rajinlah membaca info lowongan kerja ini akan bermanfaat karena kamu bisa mempelajari bahwa banyak lowongan kerja yang tidak hanya mensyaratkan untuk fresh graduate atau IPK saja.

Tapi banyak lowongan yang memiliki syarat tambahan seperti pengalaman dan skill seperti kemampuan bahasa asing yang kadang perlu kamu asah lebih banyak di luar mata kuliah yang kamu dapatkan di bangku kuliah.

Jadi gunakan masa lebihmu menjadi mahasiswa untuk mencari sebanyak – banyaknya pengalaman dan skill itu, seperti magang, freelance, dan part time. Jadikan dirimu berbeda dari mereka yang sekedar mengandalkan IPK saja.

2. Kamu akan lebih banyak memiliki relasi atau teman baru.

Advertisement

Saat dirimu sudah tidak di sibukan lagi dengan beban mata kuliah, gunakan kesempatan itu untuk aktif dalam kegiatan sosial atau rajin mengikuti kegiatan seperti seminar, workshop, dan pelatihan dari acara itu akan mendapat banyak relasi dan ilmu baru. Bisa juga salah satu relasi barumu jadi jodohmu kelak.

3. Semakin peka dengan kehidupan dan masalah sosial sekitar.

Mahasiswa bisa disebut juga agen perubahan jadi tidak hanya menjadi mahasiswa kupu – kupu alias kuliah pulang kuliah pulang. Jadi gunakan masa lebihmu sebagai mahasiswa dengan jiwa aktivisme. Ikut mengaktifkan suatu organisasi sosial seperti kerelawanan, komunitas, dll. Aktif diluar dunia kampus tak hanya bermanfaat bagi orang lain, pengalamanmu itu akan menambah nilai plus untuk pribadimu.

4. Akan semakin mantap tujuanmu setelah lulus akan kemana.

tujuanmu via http://greatist.com

Pengalaman, ilmu baru, relasi baru selama menjadi mahasiswa, baik aktif di kampus atau di luar kampus tidak akan membuat hidupmu sia – sia karena dari ituakan mengarahkanmu kepada tujuan dan pasionmu sesungguhnya.

5. Banyak hal yang dapat kamu ceritakan kelak.

Menjadi mahasiswa yang lulus pada waktunya akan memiliki banyak cerita menarik baik suka maupun duka yang dapat kamu ceritakan kepada anak cucumu kelak, sebelum itu dapat kamu ceritakan pada mahasiswa baru atau anak – anak yang ingin menginjak perguruan tinggi. Pelajaran hidupmu akan bermanfaat bagi mereka.

6. Lebih menghargai proses daripada hasil akhir.

proses itu penting via http://s3.amazonaws.com

Kuliah atau proses belajar ternyata tidak hanya duduk di bangku kuliah saja. Perjalananmu untuk lulus pada waktunya akan mengajarkanmu banyak hal yang mungkin hanya kamu saja yang dapat mengetahuinya dan menambah kedewasaanmu. Proses itulah yang berharga dan yakinlah bahwa hasil akhir akan mengikuti prosesnya.