Sadar gak, ada banyak sekali barang tak terpakai yang akan terkumpul meski kamu tinggal di apartemen yang luasnya terbatas. 10 area di apartemen kamu berikut ini mungkin memang sudah berantakan, jadi ada baiknya kamu baca artikel ini lalu secepatnya merapikan tempat-tempat itu.

1. Rak buku di dapur

Yakin kamu baca buku di rak itu? via http://pinterest.com

Jujur saja, kapan sih terakhir kamu menggunakan buku resep untuk membuat masakan? Kebanyakan kita lebih sering menggunakan resep dari internet yang dengan mudahnya bisa kamu dapat dari handphone atau tablet, sedangkan buku resep masakan kamu hanya menjadi tempat tumpukan debu di raknya. Buku masakan ini bisa kamu donasikan, lho!

2. Laci alat masak

Tak perlu banyak alat masak via http://ikea.com

Terutama bila kamu menyewa apartemen seorang diri, tak banyak alat masak yang kamu butuhkan. Satu spatula, satu pengocok adonan, dan satu pisau. Dengan begitu akan tersedia lebih banyak ruang di laci dapur kamu. Mulailah dengan mengeluarkan semua isi laci, lalu buang pengikat plastik, bungkus saos sachet, dan sampah lain yang tersembunyi di dalam laci. Kemudian pilih alat mana yang akan kamu simpan dan sisanya bisa didonasikan.

3. Laci perlengkapan mandi

Alat makeup yang tak terpakai via http://lowes.com

Advertisement

Kamu mencoba shampo baru ternyata tidak cocok? Pembersih wajah yang bikin jerawatan? Banyak uang kamu terpakai untuk membeli barang-barang ini, jadi kamu merasa bersalah ketika harus membuangnya. Bisa dipastikan kamu punya banyak produk perawatan tubuh yang tidak digunakan yang memakan banyak tempat di kamar mandimu. Coba deh kamu buang semua produki ini dan daur ulang wadahnya!

4. Rak handuk

Handuk secukupnya via http://pinterest.com

Pasti kamu heran setelah menyadari kalau kamu  cuma membutuhkan 2 handuk dan dua seprei untuk tempat tidurmu. Satu bisa digunakan ketika satunya lagi di cuci. Bila kamu punya lebih dari yang dibutuhkan, bungkus seprei dan handuk yang paling sering kamu pakai lalu sumbangkan ke orang yang membutuhkan.

5. Meja sisi tempat tidur

Ada wadah untuk pernak-pernikmu via http://bedroomworld.com

Memang akan sulit jadi orang yang teratur ketika sangat merasa lelah. Ini juga yang menyebabkan meja sisi tempat tidur kamu sangat berantakan dengan benda yang seharusnya bisa disimpan dengan baik, atau dibuang saja. Setelah membersihkan meja, letakkan satu wadah untuk mengumpulkan semua benda kecil seperti perhiasan, atau nampan cantik untuk menjadi wadah pernak-pernikmu.

6. Coffe table

Bersihkan meja dari barang-barang yang tidak jelas via http://jendela360.com

Sama nih seperti meja di sisi tempat tidur, meja di ruang tamu ini mungkin menjadi area tempat kamu menjatuhkan kunci, majalah, surat, atau barang tak penting lain. Bersihkan meja, lalu tambahkan nampan untuk menyimpan barang yang nantinya bisa membuat meja berantakan.

7. Rak buku

Mana yang kamu baca? Sumbangkan sisanya via http://urbanladder.com

Rak buku bisa dibilang menjadi area penyimpanan utama di apartemen, tapi bisa juga tempat ini menjadi rumah untuk barang seperti buku yang tidak kamu baca atau benda lainnya. Putuskan buku mana yang sangat kamu butuhkan lalu sumbangkan sisanya.

8. Charging station

Charging station tertata apik via http://pgeveryday.com

Semua alat yang membutuhkan listrik berjejal di tempat ini. Siasati charging station dengan kabel yang pendek yang secara drastis akan mengurangi kabel melintang kesana-kemari.

9. Laci meja kerja

Semua tersusun rapi via http://peregrinos.com

Laci di meja kerja kamu ibarat rahasia memalukan apartemenmu. Area ini bukannya menjadi tempat arsip yang tertata baik, tapi malah dipenuhi oleh kertas bekas, alat tulis yang tidak berfungsi, resep obat, dan banyak lagi. Keluarkan semua benda yang tak terpakai, agar kamu bisa lebih produktif di meja kerja kamu.

10. Lemari

Pilih baju yang tak terpakai via http://compfight.com

Ini memang tempat yang paling jelas untuk memulai projek bongkar-bongkar kamu. Keluarkan semua pakaian, aksesoris, dan sepatu kamu, kemudian donasikan barang yang tidak lagi kamu gunakan. Lalu dengan baju yang ada, atur lemari supaya rapi dan tertata baik.

Setelah selesai membersihkan 10 area di apartemen, kamu akan punya beberapa kantong barang untuk didonasikan, yang akan sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Senang kan bisa berbagi kebahagiaan ke orang lain sekaligus apartemenmu bersih dari barang tak berguna? Selamat bersih-besih!