Apa yang kamu pikirkan dengan kata "Nursing?" Akankah seorang suster di RS? Ataupun sebuah profesi yang dipandang sebelah mata atau dinomorduakan di RS?

Remember, Nursing is not only a job. Nursing is a profession! Please call them NURSE! Suster dan Bruder, bukan mbak ataupun mas. Keputusan seseorang untuk memilih menjadi seorang perawat bukan sesuatu yang kita anggap sebagai hal biasa, itu adalah sebuah panggilan. Ketika memilih mendedikasikan hidupnya untuk merawat seorang yang dalam kondisi sakit serta 

 

1. Nursing is A Profession. Seorang perawat memiliki gelar seperti profesi lainnya.

Nursing Graduation

Nursing Graduation via http://www.uph.edu

Sebagai sebuah profesi, setiap perawat di RS adalah seseorang yang telah mengemban pendidikan di bangku kuliah dan ingat, Perawat memiliki Gelar. Pendidikan D3 Keperawatan bergelar Am.Kep, S1 Keperawatan bergelar S.Kep, S1 Profesi Keperawatan bergelar Ns._S.Kep, S2 bergelar M.Kep, S3 bergelar Dr. Jadi, perawat adalah seseorang yang berpendidikan. Pikirkan dahulu sebelum kamu mengatakan bahwa mereka tidak berpendidikan ya.

2. Nursing is A Science and Art

Science and Art

Science and Art via http://blog.umhb.edu

Nursing is a science and art. Keperawatan itu bukan hanya sekedar ilmu yang katanya kamu semua orang bisa lakukan seperti kursus. Tidak, pernyataan itu sama sekali salah! Keperawatan itu memiliki dasar ilmu. Setiap tindakan keperawatan dilakukan berdasarkan Evidence Based Practice. Dengan ilmu yang dimiliki tersebut, tindakan keperawatan dilakukan, dan ingat perawat juga dituntut untuk melakukannya dengan sentuhan Art. Kurang menarik apalagi ketika science dan art dikombinasikan dalam sebuah tindakan keperawatan. Contohnya, Tindakan Bidai pada Fraktur, ilmu science diperlukan dalam prinsip pemasangan bidai agar bidai tersebut berfungsi dalam penyembuhan serta ilmu art diperlukan untuk pemasangan bidai dengan tepat.

3. Nursing is about Caring!

Nursing is all about holistic care. Kalau kedokteran berfokus pada cure maka keperawatan berfokus pada care. Perawat bekerja dalam kombinasi pikiran dan perasaan, antara otak dan hati. Jadi, setiap tindakan keperawatan menggunakan skill dalam melakukannya yang didasarkan pada pengetahuan dengan memperhatikan respon pasien. Itulah caring. Setiap pasien memiliki respon berbeda dalam setiap pengobatan dan perawatan yang diberikan, oleh karena itu caring seorang perawat diperlukan dalam memperhatikan respon pasien terhadap setiap tindakan yang ada. Tak hanya memikirkan tentang fisik, perawat bekerja dalam memperhatikan keseluruhan diri pasien. Fisik, Psikis, Sosial bahkan kehidupan kerohanian Anda. 

4. Call them NURSE!

Call Nurse!

Call Nurse! via https://ae01.alicdn.com

Please, call them Nurse! Bukankah seringkali kita memanggil perawat dengan sebutan mas ataupun mbak. Tolong panggil mereka Nurse. Suster untuk perawat wanita dan Bruder untuk perawat pria. Setidaknya panggilan itu adalah bentuk penghargaan kita terhadap mereka yang mau mendedikasikan hidupnya untuk merawat kita di saat kita lemah. Setidaknya itu bentuk terimakasih kita terhadap mereka yang seringkali menjadi pusat kemarahan kita di saat mereka merawat kita.

5. Perawat,seorang yang menolong anda melakukan kebiasaan anda sehari-hari di saat anda sedang tidak mampu melakukannya

Ingatlah! Perawat, seseorang yang mungkin tak pernah kamu anggap keberadaannya, seseorang yang kamu pikir tak berpendidikan, ataupun seseorang yang menjadi pusat kekesalanmu di saat tak mendapat pelayanan kesehatan yang baik di RS. Ingatlah, Perawat! Seseorang yang teah mendedikasikan hidupnya untuk menolong anda selama di RS untuk melakukan kebiasaan anda sehari-hari di saat anda sedang tidak mampu melakukannya. Hargailah mereka!