Jika mendengar Filipina, biasanya yang teringat adalah Ibukotanya, Manila, Boracay dengan wisata pantainya yang terkenal, Chocolate Hills yang sudah menjadi legenda, Puerto Princessa dengan sungai bawah lautnya atau Mindanao karena penculikan yang dilakukan oleh kelompok Abu-Sayyaf pada beberapa waktu yang lalu.

Tapi apakah kamu pernah mendengar keindahan Pulau Cebu dan objek wisatanya? Cebu merupakan kota tertua di Filipina dan dulunya sebagai ibukota Filipina. Wah, seperti Jakarta dan Yogyakarta ya?

Pulau Cebu tidak hanya memiliki Pulau Mactan yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah objek-objek wisata yang sayang untuk dilewatkan di Pulau Cebu:

 

1. Air Terjun Kawasan

Air Terjun Kawasan terdiri dari beberapa lokasi. Untuk lokasi yang pertama biasanya lebih ramai pengunjung, tetapi jika ingin yang lebih sepi pengunjung, kamu dapat naik sedikit ke atas agar dapat menuju ke lokasi berikutnya. Air Terjun Kawasan terletak sekitar 130 km dari Kota Cebu atau sekitar 3 jam perjalanan. Melihat air sebiru itu, serasa ingin terjun dan berenang ya?

2. Oslob

Oslob, yang terletak 82.2km dari Air terjun Kawasan atau 121.2km dari kota Cebu, merupakan daerah pesisir yang terkenal dengan wisata berenang dengan ikan hiu paus. Jangan khawatir! Ikan hiu paus ini sama sekali tidak menggigit manusia,  kok! Malahan, mereka sangat ramah dengan para pengunjung yang ingin berenang bersama mereka. Kamu dapat berenang bersama ikan hiu paus setiap hari, dari pukul 6 pagi hingga 12 siang saja, sehingga kamu harus bangun pagi-pagi benar agar dapat melakukan aktifitas ini.

Advertisement

Mmahal nggak ya biayanya? Tidak sama sekali! hanya membayar sebesar PHP 500 (Rp 130,000), kamu sudah dapat berenang dan berfoto ria dengan ikan hiu paus selama 30 menit. Tapi, tetap patuhi aturan yang berlaku ya!  Seperti, tidak memakai sunblock, memberi makan ikan hius paus atau menyentuh ikan tersebut.

3. Air Terjun Tumalog

Sepertinya, banyak sekali objek wisata air terjun di Cebu ya? Pantai dan air terjun memang menjadi daya tarik tersendiri untuk Pulau Cebu. Air terjun ini dapat ditempuh dengan menggunakan tricycle dari Oslob. Tricycle? apa tuh? Tricycle itu bentuknya seperti bentor kalau di Medan, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Biayanya dari Oslob hanya PHP 100 (Rp 26,000) untuk 2 orang dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Untuk biaya masuknya gratis alias tidak perlu membayar. Asalkan tetap jaga kebersihan lingkungan ya!

4. Pulau Sumilon

Untuk menuju ke Pulau Sumilon, kamu harus naik perahu dari Oslob dan memakan waktu sekitar 15-20 menit saja. Pulau Sumilon hanya memiliki 1 resort saja tetapi para turis tetap dapat menikmati keindahan pulau tersebut dengan mengikuti 1 day tour sebesar PHP 1,500 (Rp 390,000) untuk Senin – Jumat dan PHP 2,000 (Rp 520,000) untuk Sabtu – Minggu dan hari libur lainnya. Sudah termasuk makan siang 1x, boat transfer Oslob – Sumilon – Oslob dan aktifitas lainnya di Pulau Sumilon seperti kayaking, snorkeling, island trekking, pemberian pakan ikan, pantai, infinity pool dan penggunaan kamar mandi.

 

5. Moalboal

Jika Oslob terkenal dengan atraksi berenang dengan ikan hiu paus, maka di Moalboal, kamu dapat berenang dengan kawanan ikan sarden. Biasanya kamu dapat menemukan ikan sarden di kaleng ya? hehe