Jika kamu tinggal di sekitar Jabodetabek, KRL sudah tentu menjadi transportasi andalan untuk bepergian ke kampus, ataupun ke kantor. KRL menjadi transportasi yang murah dan cepat. Meskipun keamanan dan kenyamanan masih belum begitu baik apa lagi jika kamu naik KRL di pagi dan sore.

Selain itu kamu akan menemukan berbagai jenis orang di dalam KRL. Orang-orang itu memang terlihat sangat menyebalkan bagi sebagian penumpang, serasa bahwa KRL itu adalah miliknya sendiri. Tetapi itulah keunikan jika kamu naik Kereta Rel Listrik. Terkadang kamu akan ikut tertawa bersama. Kadang kamu pun akan menggerutu terhadap tingkah laku-orang-orang itu.

Kamu penasaran orang seperti apa saja yang ada di dalam KRL, Hipwee telah menyiapkan beberapa jenis orang yang akan kamu temui ketika naik KRL Jabodetabek.

1. Orang-orang yang naik kereta secara kelompok, sehingga gerbong terasa hanya ramai dengan suara-suara mereka. Tetapi ketika mereka hanya sendiri, orang yang turun di Stasiun paling akhir akan menjadi pendiam.

Penumpang KRL Berkelompok. Foto : kompas.com via http://www.seruni.id

Jenis orang-orang seperti ini akan kamu temui ketika naik KRL di pagi saat berangkat dan sore ketika pulang. Mereka akan berkumpul didalam satu gerbong yang sama, dan biasanya naik dari stasiun-stasiun yang berbeda. Setelah mereka berkumpul, mereka akan bersatu dan seperti menguasai isi gerbong. Kamu dan penumpang didalam gerbong pasti akan mendengarkan obrolan-obrolan mereka yang terkadang tidak jelas. Kadang mereka berbicara dengan suara lantang. Pasti yang tidak kamu suka dari mereka adalah salah satu dari mereka menggeluarkan kata-kata jorok.

Orang-orang berkelompok ini selalu membicarakan hal-hal yang tak penting, mulai dari masalah percintaan diantara mereka, masalah rumah tangga, hingga saling ‘ceng-cengan.’ Salah satu diantara kelompok ini terkadang terdapat seseorang yang latah, entah itu pria atau wanita. Mereka yang latah akan sering disenggol agar keluar kata-kata yang bisa membuat tertawa, biasanya kata-kata jorok.

Biasanya didalam anggota kelompok ini ada yang turun di stasiun paling ujung atau stasiun akhir. Orang yang akan turun di stasiun akhir, dan ia tinggal sendiri, ada juga yang berdua. Mereka akan diam seribu bahasa, jika mereka hanya berdua biasanya mereka jarang untuk mengobrol secara bedua, masing-masing hanya sibuk dengan smartphone.

2. Cowok yang Tidur menggunakan Kacamata Item dengan menutupi wajah Pake Buff. Cowok kayak gini biasanya pura-pura tidur Biar bisa duduk terus. Masa Bodoh dengan Sekitar

Advertisement

Penumpang Tidur via http://www.ngelmu.com

Cowok yang seperti ini akan kamu temuin ketika naik KRL. Penumpang sudah duduk, lalu penumpang itu memakai kacamata hitam, dan menutupi wajahnya menggunakan buff. Kepalanya Ia senderkan ke belakang. Sehingga akan disangka penumpang lain kalau dia sedang tidur. Padahal belum tentu cowok ini tidur, bisa aja dia hanya ingin duduk hingga stasiun tujuannya. Mereka melakukan hal ini agar tidak ada yang menganggu. Abisnya kan lumayan duduk dua jam, dari pada diri.

Lelaki seperti ini akan banyak kamu temuin jika kamu sedang naik KRL. Entah itu tidak punya rasa iba dengan penumpang lain. Namun kita berpikir positif saja, mungkin dia sedang lelah.

3. Penumpang yang suka minta penumpang lain yang sudah duduk untuk menggeser agar penumpang ini dapat duduk Meskipun Nyempil

Penumpang yang Suka Minta Duduk Nyempil via http://www.gulalives.co

Biasanya orang seperti ini tidak mengenal gender. Mereka dengan rasa tak bersalah, dan tak punya malu akan meminta penumpang lain untuk menggeser duduknya. Sambil bilang ke penumpang yang sudah duduk “pak geser dikit dong” atau “mas mbak boleh geser dikit.” Padahal itu bangku udah cukup untuk tujuh orang, tetapi terkadang ia tetap maksa, katanya yang penting bokong nempel dah. Meskipun hanya ujungnya doang, nah orang seperti ini memang akan terlihat sangat menyebalkan ketika ada di KRL.

4. Penumpang yang Suka Kepoin Chat Penumpang lain. Orang ini akan mengintip-ngintip Penumpang yang sedang asyik Chating Menggunakan Smartphone.

Penumpang yang Suka Liatin Hape orang via https://www.pinginpintar.com

Mungkin kamu pernah menjadi korban, ada orang yang sedang berdiri di belakang mu ikut baca pesan WA, BBM, atau Line yang datang dari pacar kamu, atau dari gebetanmu, yang penting bukan dari selingkuhan mu yah. Tidak hanya saat diri, ketika kamu duduk kadang penumpang yang duduk disebelahmu akan ikut membaca pesan yang kamu terima.

Penumpang yang suka ikut-ikut baca chat kamu ini biasanya pura-pura menyenderkan wajah ke tangannya. Ketika kamu duduk dia akan ikut menundukkan kepala ke arah smarphone mu ketika kamu membuka smartphonemu mereka akan ikut-ikut melihat pesan yang kamu terima. Hati-hati yah dengan penumpang seperti ini. Hal terpenting ketika kamu sedang berada di KRL, kamu tidak sedang chating dengan pacar atau gebetanmu dengan pembahasan yang aneh.

5. Penumpang yang Suka Minta Duduk dengan Alasan Sedang Sakit

Ilustrasi Pura-Pura Sakit Minta Duduk via http://www.lahiya.com

Kamu kalau jadi penumpang KRL, jangan kaget ketika di KRL ada penumpang yang tiba-tiba meminta duduk dengan alasan sakit. Kamu pasti akan menemukan hal ini. Bahkan kadang penumpang perempuan akan berpura-pura hamil kepada penumpang pria. Hanya karena biar ia dapat duduk saja sih sebenarnya. Tetapi jika kamu tidak ingin bersitegang lebih baik kamu kasih, dari pada jadi ocehan penumpang satu gerbong. Lebih baik kita yang menggalah. Tapi kalau memang ada yang beneran hamil dan sakit, kita wajib memberi bangku kita kepada mereka yang lebih memerlukan.

Begitulah kelakuan penumpang-penumpang yang ada di KRL Jabodetabek. Jadi kamu harus lebih sabar yah ketika naik KRL.