Kita tentu bertanya-tanya, pada siapakah cinta pertama kita harus jatuh? Apakah pada teman sebangku yang baik atau kakak ganteng satu jemputan sekolah? Atau adik kelas yang lucu itu?

Well..
Diri kamu sendiri adalah orang pertama yang menjadi cinta pertama kamu!
Ada 5 Hal yang kamu lakukan untuk mencitai dirimu sendiri.

1. Kamu mengenal diri kamu sendiri

Kamu tahu apa yang kamu mau, kamu tahu hal apa yang bikin kamu senang, hal apa yang bikin kamu sedih, sehingga kamu siap untuk memahami orang lain dan tentunya gak bikin bingung pasangan kamu dengan diri kamu. Ada 3 Cara paling tidak untuk mengenal diri kamu, pertama dimulai dengan reflektif ke diri sendiri, tanyakan ke diri sendiri," saya ini orang seperti apa ya?".

Cara kedua kamu bisa mencoba alat-alat tes psikologi. Banyak alat tes psikologi yang bisa kamu cari secara online dan gratis tentunya. Satu hal penting yang kamu harus perhatikan saat mengisi tes psikologi adalah tetap kritis dengan hasilnya, jangan diterima mentah-mentah.

Advertisement

Ketiga cara untuk mengenal diri kamu sendiri bisa melalui pendapat orang lain, mungkin kamu bisa bertanya ke orang terdekat, seperti orang tua atau sahabat, tentang diri kamu, apa pendapat mereka tentang diri kamu.

2. Kamu menerima diri kamu sendiri

Kamu mempunyai pemikiran yang positif tentang diri kamu, tidak berfokus pada hal-hal yang menjadi kekurangan, sehingga kamu menjadi pribadi yang bahagia dan siap membahagikan pasangan kamu.

Kita memang sangat lebih mudah untuk memikirkan tentang kejelekan atau hal-hal negatif tentang diri sendiri. Nah cara untuk bisa membuat diri positif, coba deh kamu bersyukur untuk hal-hal terkecil sekalipun, seperti bisa bangun pagi dan sarapan, atau betemu dengan teman, dan sebagainya

3. Kamu memaafkan diri kamu sendiri

Kamu bisa menerima diri kamu sendiri bahkan di situasi terburuk, ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang kuat dan bisa move on. Sehingga nantinya kamu juga bisa memaafkan pasangan kamu.

yakk.. ini adalah hal yang sulit dilakukan, memaafkan diri sendiri, apalagi kalau baru aja ada kejadian yang kurang menyenangkan, pastinya bakal penuh emosi negatif. Salah satu cara supaya bisa memaafkan diri sendiri adalah coba untuk tenang terlebih dahulu dan memberikan sugesti positif ke diri sendiri, bahwa semua masalah terjadi karena sebuah alasan dan setiap masalah selalu ada jalan keluarnya.

4. Kamu Mengembangkan Dirimu

Tentukan apa yang menjadi prirotas hidup mu dan terus fokus disana, sehingga bisa berkembang di bidang yang kamu pilih. Ketika dalam hubungan, bisa dipastikan hubungan kalian akan bertumbuh, karena pribadi yang menjalaninya mempunyai pikiran untuk terus bertumbuh.

5. Kamu Menghormati Dirimu

respect via https://pixabay.com

Ketika kamu menghormati dirimu sendiri, kamu tahu hal yang baik dan tidak baik ketika dalam hubungan. Mulailah dari hal-hal sederhana seperti menjaga kesehatan dirimu.

Yak!
Semoga kamu bisa mencintai diri kamu dahulu sebelum mencintai orang lain 🙂