Gunungkidul memang tak akan pernah habis jika kamu jelajahi. Banyak sekali tempat-tempat yang akan memanjakan matamu ,nggak cuma untuk instagramble, selfie holic tapi juga akan membuat adrenalinmu terpacu jika mengexplore tempat-tempat eksotis di Pegunungan Seribu ini.

 

 

1. Rock Climbing di Pantai Siung

Pantai Siung siapa yang tidak kenal pantai siung,pantai  kaya akan karang-karang raksasa dan memiliki 250 jalur pemanjatan. Tebing Siung bermaterialkan batuan karang, sehingga lebih tajam, landai, dan lembab. Ini merupakan salah satu kesulitan bagi kami dalam pemanjatan. Dibutuhkan waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri. Selain itu, banyak hangar peninggalan pemanjat terdahulu tidak bisa digunakan lagi karena berkarat, goyang atau lepas. Di sini terdapat puluhan blok tebing dengan berbagai ketinggian dan tingkat kesulitan. Kita bisa mencobanya mulai dari tebing welcome di blok terdepan hingga tebing-tebing yang lebih tinggi di belakangnya. Cobalah juga sensasi hammock, yakni bermalam sambil bergantungan di atas tebing.Pasti akan membuat adrenalinemu terpacu. 

2. Menelusuri Goa Jomblang

Goa Jomblang

Goa Jomblang via http://instajogja.com

Gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Sebuah lorong sepanjang 300 m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah akan membawa Anda menuju Gua Grubug, tempat di mana bisa menyaksikan cahaya surga. Sensasi untuk untuk menuju tempat ini harus mengunakan teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT).SRT set tersebut terdiri dari seat harness, chest harness, ascender/croll, auto descender, footloop, jammer, carabiner, cowstail panjang, serta cowstail pendek. Selain SRT set, kamu juga harus memakai perlengkapan lain seperti coverall, sepatu boot, helm, dan headlamp. Yang harus kamu perhatikan ketika berada di tempat ini selalu perhatikan dan patuhi pemandu supaya aman, masuk dan keluar dengan aman. 

3. Offroad di Goa Pindul Desa Wisata Bejiharjo

Selain goa pindul, goa gelatik, dan tubing kali oyo, desa wisata Bejiharjo juga menawarkan paket off road mengelilingi dan menikmati keindahan alam di sekitar wilayah desa Bejiharjo. Rintangan terjal (melewati hutan, sungai, bukit, dan pedesaan) menjadikan pemacu adrenalin kita selama ber off road ria. Pastinya akan menjadi asik, dan jangan lewat jika anda berkunjung ke desa wisata bejiharjo. Oh iya, wisata ini bisa anda nikmati baik siang maupun malam. hanya dengan biaya 350rb , Melewati pedesaan, hutan, sungai dan bukit,Bisa siang atau malam,Bisa mengendarai sendiri dengan ketentuan berlaku 

 

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran via https://www.instagram.com

Menyaksikan mentari terbit dari puncak gunung merupakan satu kemewahan yang tidak semua orang bisa menikmatinya. Rute yang ekstrim, cuaca yang tidak menentu, perjalanan yang berat, serta jauhnya jarak yang harus ditempuh dengan berjalan kaki menjadi penghalang utama bagi sebagian orang. Namun hal ini tidak berlaku di Gunung Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Hanya memakan waktu 1 hingga 1,5 jam pendakian, Anda akan tiba di puncak barat Gunung Nglanggeran, Gunung Gede. Pemandangan indah yang memanjakan mata pun menyambut. Sejauh mata memandang yang terlihat hamparan awan di ketinggian, jajaran gunung batu dengan bentuk yang unik, perkampungan warga, serta hijaunya sawah dan ladang. Saat senja menjelang, Kota Jogja akan terlihat laksana lautan kunang-kunang. Taburan cahaya bintang dan gemerlap lampu kota yang terlihat dari kejauhan menjadi pemandangan romantis bagi siapa saja yang berkemah di gunung ini.

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Terletak di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Saat ini Gunung Nglanggeran berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung-gunung tersebut biasanya dinamakan sesuai dengan bentuknya, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang.

5. Gondola di Pantai Timang

Gondola Pantai Timang

Gondola Pantai Timang via http://ranselwisata.com

Pantai Timang yang ada Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta merupakan pantai para nelayan lobster. Punya pulau karang yang harus ditempuh dengan gondola kayu rakitan nelayan. Gondola rakitan nelayan yang memang masih jauh dari standart keamanan,cuma gondola ini malah manjadi daya tarik setiap wisatawan yang ingin datang ke tempat ini. Awalnya gondola ini tak dibuka umum, hanya saja semakin kesini nelayan membukanya untuk umum dengan membayar Rp 150.000 perolang untuk menyebarang .