Pernah gak sih pas bangun pagi tapi kok masih ngerasa kurang tidurnya, terus berharap banget supaya waktu berhenti sejenak… 5 menit saja supaya bisa tidur lagi? Pasti sering ya :3

Tahukah kamu bahwa pagi hari merupakan saat dimana produktivitas kamu hari itu ditentukan.

Supaya hari-hari kamu selalu berakhir positif dan tanpa kegalauan, maka solusinya adalah memulai setiap hari dengan hal-hal yang positif juga.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan supaya pagi hari kamu selalu menyenangkan.

 

1. Pikirkan hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan hari ini

Hari ini ada keseruan apa?

Hari ini ada keseruan apa? via http://usimages.detik.com

Ketika kamu bangun, sediakan waktu 30 detik untuk memikirkan setidaknya satu hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan hari ini.

Cara ini membuat tubuh kamu bisa mempersiapkan energi untuk hal-hal yang sudah kamu rencanakan tersebut.

2. Berusahalah untuk memulai hari dengan sarapan (yang sehat)

Enyak-enyak

Enyak-enyak via http://www.vemale.com

Pada saat pagi hari, sarapanlah dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein agar kamu kuat menjalani aktifitas sampai waktu makan siang tiba.

Sekedar tips, oatmeal ataupun roti panggang dengan selai kacang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein kamu.

3. Buka pintu ataupun jendela dan hirup segarnya udara di pagi hari

Biar segar maksimal sekalian duduk di luar aja

Biar segar maksimal sekalian duduk di luar aja via http://arumsekartaji.wordpress.com

Jangan sepelekan udara pagi. Banyak peneliti telah mengungkapkan tentang manfaat udara pagi bagi kesehatan dan mood kamu.

Apalagi kalau kamu beragama Islam. Sekedar menghirup udara pagi saat hendak sholat subuh tentu mudah dilakukan bukan?

4. Jangan lihat HP, Laptop atau TV dulu. Tutup matamu dan dengarkan sejenak suara-suara alam di sekitar

Sekarang ini, kita dikelilingi oleh berbagai jenis gadget yang bisa menyalurkan informasi dari seluruh dunia ke hadapan kita dalam sekejap saja.

Di handphone, laptop maupun televisi, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi dari seluruh belahan dunia. Tapi bayangkan jika informasi yang kamu lihat bermuatan negatif (dan kebanyakan memang negatif), tentu akhirnya mood kamu langsung jelek dan hari kamu pun terpaksa dimulai dengan kondisi negatif.

Supaya ini tidak terjadi, keluarlah sejenak dan dengarkan suara burung, kucing atau hewan-hewan lain di lingkungan sekitar agar perasaan dan fikiran kamu menjadi positif.

5. Minum coklat panas? Mau mau mau

Enak'e reeek

Enak'e reeek via http://coklatrocklate.com

Penelitian terkini menunjukkan bahwa coklat bisa memperbaiki mood dan tingkat kewaspadaan meskipun sedang berada di bawah tekanan.

Cocok dong untuk memulai pagi yang menyenangkan? Apalagi nih kalau malam sebelumnya kamu tidur agak larut karena mengerjakan tugas atau lagi galau.

6. Sedikit gerakan senam pasti membuat pagi kamu semakin bersemangat

1..2..3..4..5..6..7..8..

1..2..3..4..5..6..7..8.. via http://youtube.com

Merenggangkan otot-otot setelah tidur di malam hari tentu membuat tubuh kamu semakin siap menjalani aktifitas dan rencana-rencana yang sudah kamu susun.

Tak perlulah melakukan olahraga berat, cukup gerakkan badanmu seperti saat ingin melakukan pemanasan. Dimulai dari kepala hingga kaki.

7. Ternyata selain udara pagi, aroma mint juga bagus untuk menyegarkan pagi kamu

Ahhh... segaaar

Ahhh... segaaar via http://www.rgbstock.com

Peneliti menemukan fakta bahwa mencium aroma mint bisa meningkatkan mood, atensi serta dapat mengurangi perasaan lelah.

Nah, kalau kamu setiap pagi selalu merasa kurang tidur dan kelelahan, mungkin sudah saatnya kamu membeli daun mint atau bisa juga minum minuman yang mengandung ekstrak mint.

8. Daaan senyum :)

Senyum Mblooo ...eh Brooo

Senyum Mblooo ...eh Brooo via http://www.olakal.com

Ada yang mengatakan bahwa

Kalau kamu mau bahagia, maka tersenyumlah

Dr. McKay seorang peneliti mengatakan bahwa ‘tersenyum merupakan cara termudah untuk mengubah mood’.

Kalau kamu beragama Islam tentu sudah hapal dong sama Hadist yang satu ini

Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah

So, tidak perlu susah-susah untuk berbahagia cukup tersenyum :)

 

Nah, apakah kamu selama ini sudah melakukan hal-hal di atas? Atau ada tips lainnya yang belum saya sebutkan? Silahkan berikan komentar kamu di bawah ya :)