1. Buat list daftar bawaan mudik

Ini bisa membantu lho via http://www.hostiee.com

Anda yang akan mudik, pertama list dahulu barang yang akan anda bawa. Bawalah barang barang yang penting dan dibutuhkan selama perjalanan nanti. Selain itu list juga barang bawaan yang akan dibawa dalam tas besar dan yang dibawa dalam tas kecil. Jangan sampai anda di tengah perjalanan mudik nanti membongkar tas besar anda karena charger HP atau power bank anda ditaruh dalam tas besar. Seperti HPdan power bank atau dompet nggak usah ditaruh dalam tas besar, taruh saja dalam tas kecil. Cukup barang yang kegunaanya kurang urgent saja yang ditaruh dalam tas besar. Selain itu perlengkapan mudik yang harus anda list pertama kali adalah persediaan bekal makanan, terlebih lagi anda yang mudik membawa bayi, anda harus menyiapkan susu atau makanan kesukaan bayi anda.

2. Jangan lupa cek kondisi kendaraan

Pengecekan kondisi kendaraan via http://tyres.cardekho.com

Sebelum bergegas ke kampung halaman, hal ini harus anda perhatikan. Ceklah kondisi kendaraan anda. Seperti pada ban kendaraan anda, aturlah tekanannya sesuai dengan jumalah penumpang dan jenis kendaraan anda, kalau perlu isi ban anda dengan nitrogen. Selain itu cek pula lubrikasi kendaraan anda. Solusi paling efektif yaitu bawalah kendaraan anda ke bengkel sebelum anda mudik untuk dilakukan pengecekan dan servis secara total.

3. Perlengkapan kendaraan dan berkendara

Perlengkapan mobil via http://www.pubinfo.id

Advertisement

Jangan lupa anda untuk menyiapkan perlengkapan saat anda berkendara nanti seperti helm, P3K, dongkrak, pompa angin kecil (kalau ada yang otomatis), musik, GPS, ban cadangan dan lain lain. Karena apa? Untuk menghindari hal-hal di luar dugaan yang mungkin terjadi. Sebagai contoh ketika ban ada tekananya kurang, anda harus mengisi angin padalah jauh dari SPBU, anda bisa menggunakan pompa angin yang anda bawa tadi. Atau ketika anda terkena sesuatu yang menyebabkan anda luka saat berkendara, anda bisa menggunakan P3K yang anda bawa.

4. Menyimpan nomor darurat di Handphone

Anda juga harus menyimpan nomor-nomor darurat seperti nomor pemadam kebakaran, mobil derek, atau nomor untuk rumah sakit serta nomor untuk bengkel dan lain-lain. Nomor daruruat ini akan berguna apabila anda mengalamai hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti mobil anda mogok dan benar-benar tidak bisa anda tangani sehingga anda bisa memanggil mobil derek atau bengkel dengan nomor darurat yang anda simpan. Nomor darurat bisa anda cari melalui mesin pencari. Seperti no rumah sakit di seluruh Indonesia bisa anda cari di mesin-mesin pencari pada internet.

5. Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan aturan berkendara

Patuhi rambu lalu lintas via https://lh5.ggpht.com

Patuhilah setiap rambu -rambu lalu lintas yang anda lalui, seperti lampu merah, palang kereta api, dilarang mendahului, batas kecepatan maksimum dan lain lain kaarena rambu rambu lalu lintas dibuat untuk keselamatan bersama. Hal mungkin terjadi ketikan anda tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas adalah kecelakaan, seperti jika anda melanggar lampu merah, bisa jadi anda nanti akan menabrak orang di depan anda. Maka patuhilah rambu rambu lalu lintas dan aturan berkendara seperti membawa helm, SIM dan STNK.

6. Jaga kondisi badan tetap fit

Badan harus tetap fit via http://cdn2.tstatic.net

Kondisi badan menentukan kenyamanan mudik anda, jadi anda harus menjaga kondisi badan anda agar anda selamat sampai tujuan. Untuk itu berolah ragalah jauh-jauh hari sebelum mudik dan persiapkan asupan nutrisi yang cukup dan sesuai kebutuhan anda agar tetap sehat. Kemudian ketika anda melakukan perjalanan mudik dan badan anda terasa lelah, maka beristirahatlah di posko-posko lebaran pinggir jalan yang sudah disediakan oleh pihak pihak swasta maupun pemerintah, karena biasanya di posko-posko lebaran tersedia berbagai macam fasilitas untuk relaksasi seperti pijat refleksi dan tempat tidur serta tersedia juga fasilitas pengobatan.

Itulah tips agar mudikmu tetap aman dan nyaman. Selamat mudik!!