Tahun ini sepertinya Indonesia terus berduka. Banyaknya kasus pemerkosaan, pembunuhan, serta kekerasan yang dilakukan oleh "penjahat-penjahat seksual" kepada wanita dan anak-anak menjadikan banyak kalangan mengecam. Terlebih bagi kita, para wanita, pastinya hal tersebut menjadi "momok" tersendiri.

Tapi, kalian jangan takut! Karena wanita itu sejatinya bukan makhluk yang lemah. Wanita pun bisa melawan dan melindungi dirinya sendiri, seperti Kartini. Jadi, buat kalian wanita-wanita Indonesia, wajib membaca 14 hal berikut. Agar nantinya, di manapun dan kapanpun kalian berada, kalian mampu mengatasi dan meminimalisir kejahatan-kejahatan yang mungkin saja sedang mengintai keselamatan kalian.

1. Jangan mudah percaya dengan orang lain, bahkan teman ataupun pacarmu sekalipun! Karena siapa tahu, mereka bisa menusukmu dari belakang, kan?

jangan mudah percaya, girls! via http://www.telegraph.co.uk

Jangan memberikan kepercayaan 100% kepada orang terdekatmu. Walaupun kalian sudah kenal bertahun-tahun, hal itu tidak menutup kemungkinan ada sesuatu yang disembunyikan oleh mereka. Ya, namanya juga manusia. Pasti ada bohongnya, ya kan?

2. Tapi awas jangan pergi berduaan! Nenek bilang itu berbahaya….

jaga jarak kalo lagi berduaan! via http://teenadvice.about.com

Buat yang punya pacar, Nenek Titiek Puspa punya petuah buat kalian:

Advertisement

"Tapi awas jangan pergi berduaan! Nenek bilang itu berbahaya…."

Kenapa???

Karena kalau kalian pergi berdua, ke tempat sepi, sudah pasti setan bakalan senang menemani kalian. Bukan buat nakutin, tapi buat menggoda iman kalian berdua. Jadi, kalau lagi pacaran jangan suka mojok, ya? Apalagi sampai mulai pegang-pegangan dan . . .

Jadi, jangan mulai membuat api kalau gak mau kebakaran! Jangan mulai 'pemanasan' kalau memang nggak mau 'kapanasan!' Ngerti kan maksudnya??

3. Kalau bicara dan bergaya biasa aja! Gak usah nyolot gitu!

biasa aja, woey! via http://almasar.co.il

Memang sih sifat setiap orang pasti berbeda. Ada yang kalem banget dan ikhlas apa adanya diapa-apain. Tapi ada juga tipikal yang nyolot dan suka ceplas-ceplos. Nah, bagi kalian yang punya sifat seperti itu mending dikurangi, ya? Apalagi kalau kalian ngomong sama cowok. Usahakan untuk tenang dan ngomongnya yang santai. Karena cowok itu, kalau udah emosi dikit, bubar deh! Jadi, kalian para cewek, jangan ikutan nyolot kalau cowok kalian lagi marah. Takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tindak kekerasan. Kan bahaya!

4. Jaga kesopanan sikap, jaga juga kesopanan pakaian kalian, girls!

dandannya kayak Mbak Aom aja, nih~ via http://www.pinterest.com

Kalau kalian gak mau cowok-cowok berpikiran ngeres atau memandang kalian dengan 'khayalan' yang begitulah. Maka, kalian juga jangan bersikap menggoda di depan mereka. Bersikaplah apa adanya, yang sopan, berpakaian sederhana, dan jangan mengumbar 'harta' kalian, girls!

5. Bersikaplah tegar dan kuat, agar orang lain tidak mudah merendahkan ataupun melecehkan kalian!

kuat kayak Tris gini~ via http://www.pinterest.com

Apa yang menjadikan para penjahat seksual itu mengincar wanita? Selain karena wanita memang punya 'sesuatu' yang mereka inginkan, juga karena wanita terlihat sebagai makhluk lemah. Oleh karena itu, tunjukkan sikap kuat kalian di manapun dan kapan pun kalian berada. Mungkin awalnya orang bakalan mengira kalian agak sok jual mahal dan jutek. Tapi, ketahuilah! Orang akan punya rasa hormat tersendiri kepada kalian. Selain itu, wanita juga wajib hukumnya bisa melindungi diri sendiri dengan kemampuan seni bela diri. Entah itu karate, taekwondo, silat, ataupun berantem ala anak SMA tawuran juga gak apa-apa. Yang penting kalau ada penjahat atau orang yang ingin mencelakai kalian, kalian udah siap perang!

6. Tak hanya sikap kuat dan ilmu bela diri. Kalian juga harus punya senjata andalan, biar lebih klop!

bawa senjata imut via http://www.pinterest.com

Tahun 2016 ini, punya senjata pribadi wajib hukumnya bagi perempuan Indonesia. Kalian gak harus bawa golok atau pistol, kok! Coba modifikasi sisir rambut kalian dengan pisau mini atau kalau mau senjata andalan yang gak tajam, kalian bisa bawa semprotan merica bubuk. Agar kalau ada yang macem-macem, kalian bisa langsung semprotin ke matanya dan kabur dengan mudah.

7. Jangan segan-segan untuk berbagi segala hal dengan ibu!

Ibu, aku….~ via http://www.verywell.com

Kebanyakan kasus pelecahan kepada anak-anak dan wanita baru diketahui setelah waktu yang cukup lama. Hal itu disebabkan trauma yang dialami oleh korban dan rasa takut akibat diancam oleh pelaku. Untuk itulah, komunikasi dengan orang tua, terutama dengan ibu, sangat penting di sini. Karena para cewek, pasti akan lebih nyaman kalau curhat ke ibunya. Sekali lagi, jangan malu ataupun takut menceritakan segala masalah kalian kepada ibu! Karena dia akan dengan senang hati ikut membantu dan meringankan beban anaknya.

8. Jangan biarkan orang lain melanggar privasi kalian!

dilarang masuk area terlarang! via http://mobavatar.com

Ada kalanya kita gak mau curhat ke teman, sahabat, atau pacar. Itu bukan karena kita gak mau terus terang, tapi karena kita punya privasi. Bukan karena mereka pacar kalian, terus kalian dengan seenaknya membiarkan mereka leluasa masuk ke area privasi itu. Kalau kalian biarkan mereka dengan bebas masuk area privasi, maka kalian sudah membuka gembok ke area kelemahan kalian, dan itu adalah tanda bahaya yang jarang dirasa, girls!

9. Selalu kasih kabar ke orang rumah, apalagi ke ibu. Agar kalau ada apa-apa, mereka bisa langsung tahu kalian ada di mana sebelumnya.

selalu kabari via http://www.sun-gazing.com

Bukan hanya anak rumahan yang wajib lapor ke orang tua kalau mau pergi atau jalan bareng teman. Kalian yang nge-kos juga wajib kasih kabar tiap harinya. Misal, ada acara kampus yang mengharuskan kalian berada di kampus sampai malam. Maka, kalian wajib memberitahu orang tua kalau kalian ada urusan tersebut. Memang terkesan lebay, sih. Tapi hal ini akan berguna kalau sewaktu-waktu ada apa-apa dengan kalian, karena orang tua kalian akan dengan mudah mengingat di mana kalian pada waktu itu.

10. Mulai sekarang, jadikan nomor kantor polisi terdekat sebagai nomor panggilan utama di ponselmu!

simpan nomornya! via http://www.howtogeek.com

Kalian wajib punya dan menyimpan nomor kantor polisi terdekat. Jangan lupa, jadikan nomor itu sebagai panggilan cepat di ponselmu. Jadi, kalau ada apa-apa, kamu langsung tekan tombol panggilan cepat dan terhubung deh ke kantor polisi. Tapi jangan lupa juga untuk selalu memastikan bahwa ponselmu dalam keadaan hidup dan baterainya masih bisa diharapkan. Serta satu hal lagi, selalu bawa dan letakkan ponselmu di tempat yang dapat dengan mudah dan cepat kamu jangkau. Misalnya saja di saku celana.

11. Kalau bisa, mintalah diantar-jemput. Kalau gak bisa, pastikan pulang dan pergimu itu berada di waktu dan lokasi yang aman!

Akan lebih baik kalau kamu diantar-jemput. Selain mengurangi biaya transportasi dan hemat tenaga, kamu juga akan lebih aman. Tapi, kalau memang gak ada yang mengantar-jemput kamu, pastikan bahwa waktu pergi dan pulangmu itu di saat yang tepat. Misalnya, jangan pergi atau pulang terlalu malam. Pastikan juga rute jalanmu nanti melalui daerah yang ramai dan aman. Serta, kalau kamu naik angkutan umum, pastikan bahwa angkutan umum yang kamu naiki itu aman, jelas rutenya, dan cukup banyak penumpangnya!

12. Kalau ada tamu, cukup sampai ruang tamu aja! Dan biarkan pintu depan rumahmu itu terbuka!

tamu ya di ruang tamu~ via http://www.hgtv.com

Namanya tamu, ya di ruang tamu, dong. Masa' dibawa ke kamar? Ya gak etis, lah! Karena rumah itu adalah tempat pribadi penghuninya, jadi kamu jangan suka masukin tamu (biarpun itu teman dekatmu sekalipun) ke kamar. Cukup di ruang tamu saja. Dan jangan biarkan pintu rumahmu tertutup ketika ada tamu yang datang. Biarkan saja pintunya terbuka, agar kamu dan tamumu bisa memantau kendaraannya (siapa tahu dicuri orang) dan juga sebagai antisipasi kalau-kalau ada sesuatu yang gak diinginkan, kalian bisa teriak dengan mudah. Karena pintu rumah terbuka, pasti teriakanmu itu akan langsung didengar oleh tetangga terdekat.

13. Rajin-rajinlah nonton atau baca berita, agar pengetahuan dan kewaspadaanmu bertambah!

nonton berita, jangan Uttaran terus! via http://crimewatchdaily.com

Sekali-kali ganti tuh acara televisimu! Jangan nonton Uttaran terus, mending nonton atau baca berita. Ya, supaya kamu jadi tahu perkembangan terbaru. Jadi, kalau ada kasus pelecehan dan kekerasan, kamu gak ketinggalan informasi dan lebih waspada.

14. Terakhir, jangan lupa selalu berdo’a kepada Tuhan! Karena kita gak pernah tahu kapan musibah akan datang.

Pasrah dan berdo’a~ via http://www.liesyoungwomenbelieve.com

Ketika semua usaha sudah kita lakukan, hal terakhir yang gak boleh ketinggalan adalah berdo'a. Karena sekeras apapun usaha kita melindungi diri, kalau kita lupa gak memohon keselamatan kepada Sang Pencipta, semua hal itu akan sia-sia. Jadi, selalu ingat untuk berdo'a sebelum memulai aktivitas, sebelum pergi dan pulang.

Nah, setelah membaca artikel ini, semoga para wanita Indonesia lebih waspada dan bisa menjaga diri, ya? Jangan biarkan para penjahat dan kaum lelaki itu menginjak serta mengambil 'harta berharga' kita dengan mudah! Karena mereka juga harus tahu, bahwa kita ini adalah wanita yang hebat dan kuat, sama seperti Kartini. Kita juga bisa berperang melawan segala bentuk pelecehan itu. Dan yang terpenting, dukungan dari aparat keamanan, orang terdekat, dan diri kita sendiri adalah modal utamanya. Jangan lupakan juga peran Tuhan di dalamnya! Pasrahkan saja semua kepada-Nya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Amin!