Libur kerja atau kuliah memang saat-saat yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi libur panjang seperti libur akhir tahun atau lebaran. Tapi sebagian besar orang yang lagi libur selalu jadi nggak produktif. Malahan seharusnya liburan itu dipakai buat mengeksplor hal-hal baru yang menyenangkan. Beberapa pekerjaan sesaat ini bisa kamu lakukan biar liburan kamu berkesan dan pemasukan mengalir deras.

1. Jadi tour guide

Pemandu wisatawan lokal atau nonlokal via http://google.com

Kalau kamu tinggal di daerah yang punya potensi wisata yang bagus, mengapa nggak coba jadi tour guide? Menjadi tour guide apalagi saat liburan panjang bisa jadi pekerjaan yang sangat menguntungkan.Untuk jadi tour guide sesaat, kamu nggak perlu melamar pekerjaan di agen travel tertentu. Coba datangi para wisatawan dan tawarkan dirimu untuk jadi tour guide pribadi mereka. Kamu bisa memandu wisatawan local untuk menjelajah tempat baru. Untung-untung kalau turis asing. Kan bisa sekalian belajar bahasa baru

2. Buka jasa cuci mobil dan motor panggilan di sekitar rumah

wash wash washhhhh via http://google.com

Pekerjaan yang satu ini mudah sekali untuk memulainya. Kamu tinggal bagikan brosur ke rumah-rumah disekitarmu buat menawarkan jasa cuci motor dan mobil. Dan kemudian lihat seberapa banyak yang menelpon kamu buat menggunakan jasamu.

3. Buka jasa perawatan hewan peliharaan panggilan

Advertisement

cocok buat kamu yang sayang hewan via http://google.com

Kalau kamu suka dengan hewan-hewan peliharaan, coba deh pekerjaan menjanjikan ini! Kamu bisa buka jasa pemandian kucing dan perawatan hewan peliharaan. Alat-alat yang kamu gunakan nggak banyak kok. Cuma modal shampoo,sabun, dan peralatan khusus hewan saja.

4. Buka kelas yang sesuai dengan passion dan kemampuan kamu

Ngajar sesuai bakat dan minat via http://google.com

Suka masak? Suka yoga? Suka bikin kerajinan tangan? Suka bikin hal-hal unik? Kenapa nggak coba buat kelas musiman aja? Kamu bisa berbagi ilmu dengan orang-orang di sekitarmu dan dapat penghasilan pula.Tempatnya kamu bisa gunakan rumah atau tempat-tempat yang bisa mencukupi para murid musiman kamu. Menarik bukan? 🙂

5. Jadi penulis lepas

Cuma nulis dapet bayaran via http://ggole.com

Kalau kamu suka nulis, kamu bisa cobain pekerjaan asik ini. Banyak banget kok orang yang nyari penulis lepas di internet. Selain itu, bayaran yang ditawarkan juga rata-rata lumayan buat belanja kebutuhan tahun baru dan barang-barang keinginanmu.

6. Jadi instruktur

work with fun via http://google.com

Kalau kamu tinggal di daerah pantai yang ramai dan kamu bisa surfing, kenapa nggak coba jadi instruktur surfing buat para wisatawan. Lebih baik kalau kamu punya banyak papan selancar. Kan bisa sekalian disewakan. Jadi, pendapatan yang kamu dapat bisa dari 2 sumber yaitu persewaan papan selancar dan pelatih surfing. Atau bisa juga jadi instruktur renang untuk anak-anak. Cuma butuh modal skill berenang dan kesabaran aja kok. Lumayan, kan bisa dapet pemasukan sekalian having fun

Walaupun liburan adalah saat-saat istirahat, jangan sampai membuat kamu nggak produktif ya! Yuk bangun dan cari hal-hal menyenangkan disekitar kamu. Semangat!