Siapapun pernah patah hati. Rasanya hari tak akan pernah indah seperti dulu saat dia ada disisi. Ada kekosongan dihati ini. Hari yang dijalani pun terasa suram setelah kepergiannya. Bekali-kali angan ini bertanya:

"Bisakah waktu diputar ulang, agar semua yang buruk ini tak jadi menimpa?"

Tapi, dibalik semua duka yang menyelimuti, terselip syukur yang ternyata dapat diambil dari sakitnya patah hati.

 

1. Kamu Jadi Punya Waktu untuk Introspeksi Diri.

instropection

instropection via http://girlchase.com

Kesalahan-kesalahan mungkin ada dan menjadi penyebab kandasnya hubunganmu di masa lalu. Tapi bukan untuk terus diratapi bukan? Kamu bisa mengambil waktu sejenak untuk berdiam dan introspeksi diri.

Ambil hikmahnya. Pikirkan mengapa kesalahan itu bisa terjadi? Hingga akhirnya kamu bisa menyikapi kisah hidupmu yang baru nanti tanpa melakukan kesalahan itu kembali.

Dari introspeksi diri, kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri lebih dalam lagi. Bukan hanya itu, kamu akan terlatih menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi.

2. Lebih Banyak Waktu dan Cinta yang Bisa Kamu Bagi Untuk Keluarga dan Teman.

Sekarang kamu punya waktu lebih luang untuk bisa berbagi cinta dengan keluarga dan teman-teman terdekatmu. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Curahkan seluruh perhatianmu untuk mereka. Bersenang-senanglah.

Kamu akan semakin lebih dekat dengan keluarga dan teman-temanmu. Sering menghabiskan waktu bersama. Mereka akan jadi partner terbaik untuk berbagi kegiatan dan cerita keluh kesahmu. Menyenangkan bukan?

3. Kembangkan Dirimu Lewat Hobi yang Kamu Punya.

ballerina

ballerina via http://tumblr.com

Bisa melakukan hobi sesekali di sela padatnya waktu saja sudah menyenangkan bagimu. Apalagi sekarang, banyak waktu bagimu untuk melakukan hobi.

Kembangkan dirimu. Salurkan kreativitasmu lewat hobi yang kamu punya. Dibandingkan hanya bersedih saja, bukankah lebih baik menghabiskan waktu dengan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat?

4. Lebih Dekat Dengan Sang Pencipta Perasaan.

Kamu tahu, bahwa semua yang terjadi dalam hidupmu adalah ijin dari Sang Pencipta, termasuk rasa sakit dari patah hatimu. Sekarang, kamu akan lebih banyak berbincang dengan-Nya lewat doa, mohon ketenangan dan harapan untuk kisah yang selanjutnya.

Jika ketenangan tak mampu diciptakan sendiri, tak ada salahnya meminta langsung dari Sang Pencipta bukan?

 

5. Rawat Dirimu, Persiapkan yang Terbaik untuk Dia yang Ada di Masa Depan.

Tidak ada salahnya memberikan yang terbaik untuk si dia yang nantinya mengisi hidupmu di masa yang akan datang. Memang kecantikan atau kecakapan fisik bukanlah hal yang utama. Tapi hal itu bisa jadi bukti, bahwa lewat hal kecilpun kamu ingin memberikan yang terbaik untuk pasanganmu.

Bagaimana? Masih melihat patah hati sebagai sumber duka? Justru banyak hal positif yang bisa kamu gali dari patah hati. Mulai dari kecakapan fisik, kecakapan hati, spiritualitas, hingga pengembangan diri.

Terpuruk boleh, tapi jangan lupa untuk bangkit ya guys!