Usia 20an memang usia yang paling horor khususnya untuk makhluk hidup bernama wanita yang belum berjodoh. Saya salah satunya sih. Dimana dari pihak keluarga ingin kita segera menemukan pendamping hidup, kekasih hati, belahan jiwa, apalah namanya. Dimana tetangga yang anaknya udah nikah sibuk nanya-nanya kapan kita nyusul dengan wajah sok keren (kenyataan loh).

Lalu apa yang harus kita lakukan? Jawabannya nggak ada selain senyum-senyum dan pura-pura sabar.

Tapi artikel ini bukan membahas tentang galau-galauan orang yang lagi nunggu jodoh loh. Bukan juga tips-tips mencari jodoh yang syariah. Kali ini saya mau men-share gimana caranya saya ‘melarikan diri’ dari kegalauan yang membuat kamu tertekan di usia yang sudah menginjak dewasa ini.

1. Keluar Rumah

Hal yang paling pertama dan penting adalah keluar rumah. Karena kalau di rumah pastinya ada aja bahan omongan yang bikin kita bete, suntuk dan bawaannya mau marah-marah melulu. Salah satu jalan adalah keluar rumah. Misalnya dengan bekerja, sekedar cari udara, atau ketemu teman-teman untuk menghilangkan suntuk. Pokoknya yang positif ya guys. Dengan begitu pikiran kita akan lebih rileks, nggak gampang emosian dan lebih open minded dalam menghadapi segala masalah hidup.

2. Temui Banyak Orang

found a lot of person via http://cdn2.tstatic.net

Udah jomblo, nggak punya teman pula. Rugi banget hidup lo. Coba deh telusuri ruang publik, ketemu banyak orang dan temukan mereka yang punya hobi dan minat sama kaya kamu. Kalian bisa sama-sama mengadakan gebrakan baru dalam hidup kalian. 25 tahun yang berlalu gitu aja nggak akan berakhir sia-sia. Selain bisa mengembangkan bakat, kalian juga bisa menambah relasi. Syukur-syukur setelah kalian lebih mengenal ternyata klik dan jodoh. Keajaiban Tuhan bisa terjadi pada siapa saja guys.

3. Lakukan Perjalanan

Advertisement

hijab traveler via http://waydeemuslim.com

Masa muda kamu dulu datar-datar saja. Belum terlambat loh untuk melakukan perjalanan yang sesungguhnya. Packing barang-barang kamu dan tentukan tujuan kemana kamu mau melakukan perjalanan. Kenapa musti melakukan perjalanan? supaya kamu tahu bahwa dunia itu nggak selebar daun kelor saja. Bukan untuk buang-buang uang. Tapi pengalaman yang kamu dapat dalam perjalanan, bagaimana kamu bertahan hidup, masih banyak yang belum kamu pahami meskipun kamu sudah berusia 25 tahun bukan? jadi sebelum kamu membangun rumahmu bersama pasangan kamu harus tahu banyak hal di dunia ini.

4. Memperbaiki Diri

learing to be better via http://67.media.tumblr.com

Belum nikah-nikah terus frustasi? Jangan guys. Jodoh udah ditentukan Allah SWT sejak kita diciptakan. Nah karena doi belum datang, ada baiknya kita fokus memperbaiki diri. Misalnya dengan memperbaiki sikap yang tadinya manja jadi lebih mandiri, yang tadinya boros coba buat hemat. Kan katanya jodoh itu cerminan kita. So kalau kamu mau yang baik buatlah dirimu baik. Jangan terus larut dalam kesedihan dan fokus pada kata kapan, tapi manfaatkan waktu yang ada, toh kita nggak tahu siapa yang datang lebih dulu, jodoh atau maut.

5. Kembangkan Kreatifitas

Punya bakat terpendam? Kenapa nggak diasah? Siapa tahu jadi uang. Menikah butuh uang banyak loh. Belum lagi setelah menikah. Dengan mengembangkan kreatifitas kamu bisa menghasilkan uang sekaligus melakukan hal yang kamu sukai. Lumayankan untuk membunuh waktu kosong yang membuat kamu merasa kesepian. Kamu yang suka fotografi bisa jadi fotografer freelance, yang suka nulis bisa jadi penulis freelance, dan yang suka masak bisa buka kedai kecil-kecilan. Yuk dicoba.