Di zaman modern yang serba canggih ini, industri kreatif makin berkembang. Diantara beragam usaha yang bermunculan, usaha digital menjadi salah satu yang cukup menggiurkan. Mungkin ini terdengar asing ditelingamu, namun ternyata di negri ini, bisnis mereka sudah berjalan selama beberapa tahun belakangan. Tak hanya menjual product, pengusaha digital umumnya menjual jasa.

Dari usaha ini, seorang pengusaha digital ditaksir mampu meraup hingga belasan juta rupiah setiap bulanya! Sungguh lumayan kan! Kamu penasaran dengan senjata rahasia yang mereka punya? Berikut ulasanya! 

 

1. Web Developer

Proses Pembuatan Website

Proses Pembuatan Website via https://www.pexels.com

Memiliki usaha digital berarti harus mampu menyediakan website untuk dijadikan sarana untuk berkarya. Sebagian besar dari mereka yang memiliki usaha digital, mendesain dan membangun websitenya dengan tangan mereka sendiri.

Namun, diantara para pengusaha digital tadi, tidak memiliki cukup skill untuk membangun website seperti apa yang mereka damba. Oleh karenanya, para pengusaha digital tersebut tak ragu untuk menyewa jasa web developer, atau bahkan web agency agar performa website mereka lebih sempurna.

 

2. Content Maker

Membuat Konten Itu Gak Mudah!

Membuat Konten Itu Gak Mudah! via https://www.pexels.com

Bila sudah memiliki website berkualitas, akan amat disayangkan bukan bila tidak diisikan konten-konten berkualitas pula? Nah, karenanya, pengusaha digital juga memberikan jatah dalam budget pembelanjaanya untuk menyewa jasa Content maker.

Selain mampu memberikan konten yang unik yang orisinil, content writer juga dinilai lebih efektive dalam memberikan nyawa pada website lewat konten yang mereka garap.

 

3. SEO Optimizer

SEO Mesti Optimal

SEO Mesti Optimal via https://www.pexels.com

“Website? Sudah. Konten? Sudah. Kok masih sepi?.”

Hal ini mungkin sempat dialami oleh para pengusaha digital muda. Untuk mengatasinya, mereka akan melakukan optimasi terhadap webnya, sehingga web tersebut akan lebih mudah mendatangkan visitor. Sehingga, aktivitas usahanya bisa menjadi lebih ramai.

Walau terdengar mudah, sebenarnya hal ini gampang-gampang susah. Oleh karenanya, mayoritas dari merekapun menyewa jasa SEO Agency untuk websitenya.

 

4. Advertising Agency

Promosi & Menganalisa

Promosi & Menganalisa via https://www.pexels.com

Selain melakukan pembangunan “wadah” tadi, seorang pengusaha digital muda, akan berfikir tentang bagaimana cara mempromosikan bisnisnya kepada khalayak umum yang membutuhkan produk ataupun jasanya. Selain melakukan pemasaran secara langsung kepada semua relasi.
 

5. Virtual Assistant

Ngebantu Banget Nih!

Ngebantu Banget Nih! via https://www.pexels.com

Kita semua setuju bila sebuah usaha maju tidak bisa sepenuhnya dibangun sendirian. Biarpun faktanya ada usaha digital yang terlihat “dijalankan” oleh seorang saja, namun ternyata banyak pihak yang dilibatkan. Kebanyakan dari mereka, menyewa jasa freelancer untuk mengisi posisi-posisi yang terkadang menyita perhatian ekstra.

Karena alasan tadi, mereka menyewa jasa Virtual Asisstant yang diisi oleh satu atau beberapa freelancer. Dengan support yang mereka berikan, usaha digital yang dijalankanpun akan berjalan lebih lancar.

 

Wow! Ternyata mereka juga “membeli” jasa dari pihak lain ya! Kelihatanya sih mudah, namun apa kamu sanggup untuk melakukan hal yang serupa?

Oke, itulah tadi 5 senjata rahasia yang dimiliki oleh Pengusaha Digital Muda. Tertarik untuk menjadi pengusaha digital muda?