Apa yang keluar di benakkmu saat mendengar kata merantau? Kebanyakan orang akan langsung beranggapan kalau merantau itu sulit dan berat karena jauh dari keluarga ataupun kerabat. Meskipun beberapa orang justru beranggapan sebaliknya. Kalau kamu tahu, merantau itu justru akan memberikan banyak pelajaran berharga di kehidupanmu sekarang ini dan juga nanti. Mungkin kamu akan merasa pesimis diawal, tetapi selama kamu kuat, percayalah kamu akan bersyukur karena kamu diberikan kesempatan untuk merantau.

Meninggalkan segala kenyamanan di rumah bersama keluarga dan memulai perjuangan hidup seorang diri di tempat baru memang menjadi tantangan yang harus kamu hadapi. Setidaknya sekali dalam hidupmu kamu harus mencoba pengalaman merantau baik untuk bekerja, kuliah, pelatihan atau apapun itu. Dengan merantau, setidaknya 5 hal di bawah ini pasti kamu dapatkan yang tentunya akan menjadi hal yang tak ternilai harganya. Apa saja itu?

1. Kamu belajar hidup mandiri

Kalau kamu hidup sendiri dan jauh dari orang tua maupun keluargamu, mau tidak mau kamu harus siap menjadi seorang yang mandiri. Ada pepatah "ala bisa karena terbiasa" yang memang terbukti benar. Diawal kamu akan merasa terpaksa menjadi seorang mandiri tapi lama kelamaan kamu akan terbiasa bahkan menjadi hal biasa buatmu.

Biasanya kamu kalau makan sudah tersedia di rumah, sekarang kamu harus mau jalan keluar sambil ujan-ujanan karena tidak ada orang yang sediain makan lagi buatmu. Atau saat kamu merasa sakit, kamu hanya bisa berbaring di kamar kos tanpa ada keluarga yang menjagamu. Urusan lain pun yang biasanya kamu terima beres, sekarang tidak bisa lagi. Intinya kalau kamu tidak gerak, urusanmu tidak akan beres. Disinilah keterpaksaanmu akan berubah menjadi kebiasaanmu seiring dengan waktu.

2. Kamu akan lebih mengenal daerah asalmu

kampung halaman via http://www.kaskus.co.id

Advertisement

Kamu yang merantau jauh dari daerah asalmu pasti akan merasa kangen untuk segera pulang kampung menengok orang tua maupun keluargamu. Kalau kamu tidak sempat pulang, ada kalanya kamu merasa cukup saat kamu bertemu orang yang sedaerah denganmu dan berbincang dengan bahasa daerahmu. Kamu akan menjadi lebih kangen dan mengenal kampung halamanmu nantinya.

Selain itu tentunya kamu bisa promosiin daerahmu ke teman kerjamu untuk wisata atau sekedar memberikan mereka oleh-oleh saat kamu berkesempatan pulang kampung. Tentunya hal yang sangat keren kalau kamu menjadi duta buat daerahmu sendiri karena kamu semakin mengenal daerahmu. Wisata, kuliner atau lainnya, kamu jadi lebih tahu kan?

3. Kamu akan lebih menghargai orang lain

Saat merantau kamu akan bertemu dengan orang dari berbagai suku bahkan bangsa yang tentunya mereka memiliki karakter dan budaya yang berbeda. Misalnya orang dari daerah A memiliki karakter lembut dan nada bicaranya halus, dan orang yang berasal dari kota B terbiasa bicara dengan nada keras dan blak-blakan. Disinilah kamu akan belajar bagaimana caranya menerima perbedaan yang kamu hadapi setiap hari.

Kamu tidak perlu tersinggung kalau ada teman yang berbicara keras karena itu bukan berarti kasar namun mungkin hanya saja kebiasaan dan budaya di daerahnya. Pengetahuanmu tentang karakter orang akan bertambah dan akan mempermudahmu untuk menempatkan diri saat kamu bergaul dengan orang dari daerah A, B ataupun C.

Saling menghargai dan menghormati perbedaan seperti pada semboyan negeri ini yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" akan menjadikanmu orang yang bisa menerima dan diterima orang lain dimanapun.

4. Kamu berjuang untuk bertahan hidup

bertahan hidup via http://www.vitriyu.com

Kamu akan berjuang untuk bertahan hidup di daerah perantauan dengan cara apapun selama itu sesuai aturan. Kamu harus memikirkan berapa biaya yang kamu keluarkan untuk makan, transportasi, tempat tinggal / kos dan juga biaya lainnya. Hal yang tentunya belum pernah kamu lakukan selama kamu tinggal di rumah dan merasa aman dengan semua itu. Tapi disini lah kamu yang menentukan nasibmu. Kalau kamu berhasil mengatur keuangan dan juga hal lainnya, maka kamu akan tetap hidup. Tantangan yang bisa dikatakan gampang gampang sulit. Percayalah kamu bisa karena sudah banyak orang yang membuktikannya.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan "hiduplah seperti lumut", dimana kamu harus bisa hidup dimana saja seperti halnya lumut yang bisa ditemukan di hampir semua tempat hanya dengan bersandar di dinding atau pepohonan.

Percayalah kalau ini sulit tapi mungkin. Nothing is impossible!

5. Kamu bisa merancang masa depanmu

Masa depan memang menjadi misteri karena kamu tidak akan pernah tau seperti apa kamu nanti. Tapi dengan merantau, sedikit banyak kamu bisa merancang hidupmu ke depan. Sedikit demi sedikit kamu bisa bertahan hidup sendiri dan kalau kamu berhasil menghidupi diri sendiri tentunya kamu pasti bisa menghidupi calon keluargamu nanti.

Selain itu kamu bisa merancang tujuan hidup dan mimpimu nanti secara perlahan. Apakah kamu menetap di kota A karena kamu menikmati hidup disaa? Atau kamu harus pindah ke kota B untuk mengejar karir? Atau malah kamu harus pulang dan menetap di kota asal untuk membangun kotamu? Semua itu pilihanmu dan tentunya sedikit banyak pengalamanmu selama merantau akan membantumu.

Memang kamu tidak harus merantau kalau kamu ingin berkarir total di daerah asalmu.Tapi tidak ada salahnya kamu coba merantau seumur hidup dimana kamu akan keluar dari zona nyaman dan menemukan sesuatu baru yang akan mengubah atau memperbaiki hidupmu di masa depan.

Jadi tunggu apa lagi, keputusan ada di tanganmu.

Trust me, it works!