Tahun ini Negara Tercinta Republik Indonesia genap berusia 72 tahun. Setiap tahun kita sebagai bangsa Indonesia selalu merayakan Hari Kemerdekaan dengan berbagai cara salah satunya dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih. Selain itu kita juga memperingati Kemerdekaan dengan perlombaan-perlombaan guna mempererat tali persaudaraan dan persatuan serta memupuk rasa cinta tanah air. Berikut ini adalah perlombaan-perlombaan yang selalu menghiasi perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

1. Makan kerupuk

Dalam perlombaan ini peserta ditugaskan untuk menghabiskan kerupuk yang digantung dengan seutas tali. Namun kedua tangan tidak boleh menyentuh ataupun memegang kerupuk, jadi cukup sulit untuk menghabiskannya. Selain itu sesekali panitia memberikan goncangan kecil pada tali yang membuat kerupuk tidak stabil didalam posisinya. Tentu hal ini akan membuat perlombaan ini semakin menantang. 

2. Panjat pinang

miring gitu 😀 via http://travel.kompas.com

Panjat pinang merupakan perlombaan yang pada umumnya dilakukan oleh kaum lelaki. Dalam perlombaan ini para peserta harus memanjat batang pinang yang cukup tinggi dengan berbagai macam hadiah yang digantung pada ujung batang pinang.  Kunci dari perlombaan ini adalah kekompakan tim. Dalam satu tim biasanya terdiri dari 4-6 orang tergantung dengan ketinggian batang pinang yang akan di panjat.  Kesulitan dalam perlombaan ini adalah karena adanya pelumuran oli pada batang pinang sehingga membuat licin dan sulit untuk dipanjat.  

3. Kelereng

Advertisement

kuat, kuat via http://merdeka.com

Perlombaan ini biasanya di khususkan untuk anak-anak, namun tidak jarang orang dewasapun memainkanya. Tujuan dari permainan ini adalah melatih konsentrasi dan keseimbangan dengan cara memindahkan kelereng dari satu titik ke titik lain. Cara memainkan perlombaan ini cukup mudah, yaitu  dengan meletakkan kelereng  pada sebuah sendok kemudian peserta menggigit gagang sendok tersebut serta membawanya ke titik finish yang sudah ditentukan. Pemenang dalam perlombaan ini adalah mereka yang dapat membawa kelereng hingga titik finish tanpa terjatuh sekalipun. 

4. Sepak bola menggunakan daster

ribetttt 😀 via http://kotakgame.com

Perlombaan ini merupakan inovasi dari permainan sepak bola yang sudah ada di masyarakat kita. Agar perlombaan  semakin menghibur peserta diharuskan menggunakan atribut tambahan yang tak lazim bagi kaum pria yaitu daster. Penggunaan daster menjadikan tantangan tersendiri bagi para peserta karena membuat pergerakan menjadi tidak leluasa.  Namun perlombaan ini tetap dinanti dalam perayaan Hari Kemeredekaan.

5. Tarik tambang

Tarik gan !!! via http://ciricara.com

Perlombaan ini biasanya menjadi favorit para ibu-ibu, cara bermainnya pun sangat sederhana yakni para peserta harus bekerja sama dengan tim untuk saling menarik, yang berhasil menarik tim lawan adalah pemenangnya.

 

6. Gendong Isteri

Mohon bersabar, ini ujian via http://ekonomipos.com

Sesuai dengan namanya, perlombaan ini diikuti oleh pasangan suami isteri. Para peserta laki-laki harus menggendong isterinya dan lari sekuat mungkin menuju garis finish. Pasangan yang paling cepat sampai di garis finish adalah pemenangnya.

Demikianlah tadi perlombaan-perlombaan yang selalu mewarnai peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga dengan adanya perlombaan tersebut semakin memperkuat tali persaudaraan, persatuan dan cinta tanah air kita terhadap Negara Tercinta Indonesia. Happy Independent Day.