Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia, tempat wisata dan budaya. Namun lambat laun justru kekayaan kita sering kali menjadi sumber masalah. Sebelumnya mohon maaf saya hanya ingin beropini dan berusaha senetral mungkin. Semoga Bermanfaat.

Berikut beberapa masalah yang dihadapi Indonesia

 

1. Harta dan Tahta Menjadi Tujuan Utama

Harta dan Jabatan

Harta dan Jabatan via http://www.panturanews.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada oknum dari pejabat lembaga pemerintahan sangat mengincar harta dan jabatan. Bahkan dengan cara-cara yang tidak halal mereka tempuh untuk mendapatkan posisi tersebut. Karena apa? Banyak dari program-program yang d jalan kan lembaga pemerintahan bisa mereka cari celahnya untuk digunakan sebagai menambah penghasilan sendiri. 

2. Tidak di hargainya sebuah proses

Tidak ada yang instan

Tidak ada yang instan via http://pangeranmenulis.blogspot.co.id

Banyak sekali orang yang masa bodoh dengan proses. Yang mereka mau adalah proses yang instant. Akibatnya mindset instant ini akan membentuk karakter SDM menjadi manusia yang serba instant. Entah bagaimana pun caranya. Beberapa negara maju menunjukkan bahwa mereka sangat menghargai proses apapun hasilnya. Karena semua hal yang baik berasal dari perbaikan proses yang dahulu

3. Semua menjadi lebih mudah dengan uang

Efek domino manusia instan adalah uang adalah segalanya. Mereka menganggap dengan uang semua akan berjalan dengan mulus. Efek lebih lanjut, mereka akan mendewakan uang. Berbagai cara akan dilakukan demi mendapatkan uang. Baik cara yang halal maupun tidak halal

4. Terlalu banyak kepentingan dalam suatu pemerintahan

Pemerintah

Pemerintah via http://cdn.klimg.com

Bagi oknum yang duduk di pemerintahan, apapun akan mereka lakukan supaya kelompok atau dirinya mendapatkan keuntungan. Akibatnya orang-orang yang memiliki niat baik justru akan di singkirkan oleh oknum tersebut. Supaya apa? Mereka akan menjadi batu penghalang baginya. Atau bahkan mereka bisa melaporkan aktifitas dari oknum tersebut yang mencurigakan.

5. Terlihat seperti "Semuanya merasa tindakannya benar"

Orang-orang yang memiliki niat baik, akan berusaha mengatasi perilaku yang menyimpang. Tetapi oknum-oknum tersebut akan berusaha mencari celah kesalahan dari orang yang baik tersebut. Supaya mereka bisa mempersalahkan orang tersebut apabila dirinya terancam. 

Hal ini menyebabkan efek "Semuanya Benar" di mata publik. Akibatnya publik akan kebingungan mana pihak yang benar-benar baik dan mana yang sekedar mencari kesalahan.