Pengen wisata, tapi dompet tipis. Yogyakarta adalah tujuan utamanya. Disini banyak sekali wisata alam yang tak harus mengeluarkan biaya mahal. Disamping murah juga memacu adrenalinmu, mengembalikan semangat yang telah pudar karena berbagai aktivitas. Berikut beberapa wisata alam di Yogyakarta yang ga bikin kantongmu tipis.

 

1. Pantai Gesing. Sederhana tapi menawan.

Di Jogja wisata yang paling banyak adalah pantai. Berjejer pantai di daerah selatan Yogyakarta hingga masuk ke wilayah utara. Banyak juga pantai-pantai yang menawan namun belum terjamah. Salah satunya pantai gesing. Pasir putih, ombak yang menderu, dan air yang jernih berada di dlaamnya. Karena belum terjamah oleh banyak wisatawan, sehingga masuk kesananyapun tidak dikenai biaya, hanya untuk biaya parkir saja. Jalan menuju pantai ini masih belum begitu baik, mungkin karena belum dijamah oleh pemerintah. Tapi rasanya tak kalah dengan pantai yang berasa mahal karena semua halnya di pungut biaya.

2. Eksotisme Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk via http://log.viva.co.id

Jika kamu bosan dengan pantai, di Sri Gethuk inilah wisata murah selanjutnya. Wisata yang terletak tidak begitu jauh dari kota Yogya ini menyuguhkan pemandangan air terjun dan nuansa alam yang sangat asri. Kamu bisa berenang sesuka hati dibawah air terjun, dengan aliran sungai. Jika, kamu tak pandai berenang disana juga di sewakan pelampung dengan harga Rp. 5.000,- saja. Masuk ke wilayah Sri gethuk ini tak kalah murah juga harga tiketnya, hanya Rp. 7.000,- kamu sudah bisa menikmati dinginnya air terjun Sri Gethuk. Untuk menuju air terjun dari arah parkir, kamu bisa menggunakan perahu sederhana yang  setiap penumpangnya hanya dikenakan biaya Rp. 5.000,- per orang atau bisa juga dengan berjalan kaki sambil menikmati sawah-sawah disekitarnya. Di sini kamu juga bisa beratraksi dengan melompat dari sebuah bukit yang dibawahnya adalah aliran sungai yang berada di bawah air terjun.  Tapi, jika kamu tidak cukup keberanian untuk mencobanya lebih baik kamu memilih untuk menyusuri sungai bisa dengan pemandu yang disediakan disana.

3. Indahnya Gunung Api Purba.

Gunung Api Purba

Gunung Api Purba via http://kaosmangrove.com

Gunung Purba terletak di daerah Pathuk, Wonosari hanya sekitar satu jam dari kota Yogyakarta. Wisata ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba pendakian, karena Gunung Purba tidak terlalu tinggi, dan hanya cukup 2 jam untuk pendaki pemula, itupun jika kamu sering berhenti di pos-pos peristirahatan. Tapi, untukmu yang sangat menyukai alam, setelah kamu mencapai puncak Gunung Purba, kamu akan speechles melihat keindahan alam yang Tuhan ciptakan sedemikian rupa. Tiket masuk ke Gunung Purba bisa kamu raih hanya dengan Rp.7.000,-. Sebaiknya kamu mendaki ketika cuaca cerah, karena jika melakukan pendakian setelah hujan atau ketika hujan jalan menuju puncak sangat licin, karena jalannya berupa tanah merah. Di Purba, kamu juga bisa nge-camp bersama teman-temanmu. Menginap dipuncak gunung untuk menikmati pemandangan alam di pagi dan malam hari.

4. Eloknya Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan via http://mp3smas.blogspot.co.id

Namanya Kebun Buah Mangunan, memang banyak buah-buah yang ditanam disana, hanya belum berbuah. Namun, kamu bisa menikmati pemandangan yang berupa pegunungan yang terdapat penampakan sungai dibawahnya. Menarik lagi, untuk para Fotografer yang berburu pemandangan alam yang menakjubkan. Hanya Rp. 5.000,- untuk masuk ke Kebun Buah Mangunan. Kamu akan melewati perjalanan sekitar 15 menit untuk sampai di bukitnya, setelah itu kamu harus turun kebawah untuk bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan.

 

5. Sendang Sono. Wisata rohani sekaligus wisata alam

Ziarah rohani yang terletak di daerah kulonprogo ini, mampu menghipnotis kamu dengan keadaan yang begitu sunyi. Hawa dingin akan menyelimutimu ketika masuk area Sendang Sono. Banyak pohon rindang yang membuat sejuk. Tanpa di pungut biaya untuk wisata satu ini. Untuk parkirpun hanya seiklasnya saja.

6. Masjid Mataram Kotagede

Masjid Mataram Kotagede

Masjid Mataram Kotagede via https://farm9.staticflickr.com

Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan mataram. Masih berdiri kokoh didaerah Kotagede. Sampai saat ini masjid Mataram Kota Gede masih sering di gunakan untuk beribadah warga setempat. Ciri khas Hindu dan Budha terlihat dari tiang dari kayu yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung.

7. Indahnya Candi tersembunyi Sambisari

Candi ini terletak tidak jauh dari Bandara Adi Soetjipto. Candi ini berada di bawah jalan. Jika sore hari candi ini sangat bagus untuk diambil gambarnya. Candi Sambisari sendiri berada dibawah tanah sekitar 6.5 meter, yang ketika pertama kali ditemukan terpendam oleh material vulkanik Gunung Merapi yang ada berada di sebelah utara candi berjarak sekitar 40 kilometer. Maka jangan heran ketika Petualang mengunjungi candi Sambisari letaknya dibawah permukaan tanah. Jangan lewatkan eksotismenya candi ini di pagi atau sore hari, karena jika siang hari terik matahari bisa membakar kulitmu. 

8. Tamansari. Wisata kota Yogyakarta

Taman sari adalah salah satu wisata yang dekat dengan kota, karena memang letaknya di daerah alun-alun yogyakarta. Tiket untuk masuknya hanya Rp. 5.000,-.

Tidak harus mahal kan kalau mau cari wisata yang indah. Pilihan terbaik adalah Yogyakarta, apalagi bisa bareng dengan pasangan pasti akan lebih asik dan tidak membuat kantong tipis.

Ayo, jelajahi Yogyakarta kota sejuta kenangan.