Ramadan adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh kaum muslimin wal muslimat. Bulan yang penuh berkah, juga penuh acara. Dari berbagai ajakan berbuka bersama dengan teman SD, SMP, SMK bahkan tetangga. Bahkan ajakan Sahur On The Road yang kini beralih jadi Sahur On The Panti. Memang banyak kegiatan yang direncanakan, mengiyakan semua ajakan memang tak seharusnya dilakukan.

Perlu kita lihat kembali isi dompet yang semakin hari semakin menipis. Di bawah ini adalah kegiatan yang tak mungkin bisa kita lewatkan. Memutar otak untuk mendapatkan uang agar bisa berkumpul bersama teman-teman untuk acara di bawah ini memang perlu, agar kita punya kenangan dibulan Ramadan yang berkah ini. Ini #KenanganRamadanku, mana kenangan Ramadanmu?

1. Sahur On the Road

m.facebook.com via https://www.facebook.com

Sahur On The Road bersama teman-teman SMP memang melelahkan, tapi sangat mengesankan. Berkeliling kota Jakarta dari malam hari sampai subuh menjelang pagi. Beramai-ramai konvoi membagikan makanan sahur untuk para anak jalanan yang sudah menunggu disudut-sudut merah kuning hijau nya lampu. Berwisata malam sambil sesekali bernostalgia adalah hal yang sangat seru! Kamu harus coba itu. Ini sahur #KenanganRamadanku bersama teman-teman SMP ku , mana kenangan Ramadanmu?

2. Ngabuburit Sore

Tidur pada saat berpuasa memang menjadikan pahala, tapi kalau kebanyakan tidur yang ada mendapatkan apa hayo. Daripada tidur berkepanjangan, lebih baik setelah selesai sholat ashar kita ngabuburit. Ngabuburit versiku adalah mengelilingi taman yang penuh penjual takjil dan tak lupa membelinya untuk buka puasa dirumah. Ngabuburit alias jalan-jalan sore memang menyebalkan kalau sepanjang jalan yang dilihat hanya kemacetan. Tapi sambil menunggu magrib bukankah itu lebih menyenangkan? Ini #KenanganRamadhanku.

3. Buka Puasa Bersama Para Sahabat

Advertisement

Sekian banyak ajakan buka puasa bersama, dahulukan buka bersama dengan sahabat. Setelah keluarga yang kita butuhkan, pasti kita butuh sahabat, setelah itu baru teman. Sahabat adalah prioritas kedua setelah keluarga. Ehem efek jomblo, kalau punya pacar pasti sahabat terkalahkan. Tapi tidak, tidak boleh begitu, lebih baik kita buka puasa bersama dengan sahabat dan pacar sekaligus bersamaan. Agar biaya juga lebih irit, muehehe.

4. Shopping

Inilah ajakan yang tak bisa dipungkiri, ke pasar tradisional ataupun ke mall modern untuk berbelanja baju lebaran juga harus kita lakoni.

Teman: "beli baju kaftan samaan yuk"

Ibu: "nanti lebaran baju sekeluarga bagusnya warna apa ya?"

Pacar: "ayuk kita shopping, dear"

AKU: "ah bodo deh….." sambil lanjut makan kolak

Bulan puasa memang bukan cuma soal menanti lebaran Idul Ied, tapi yang penting soal memperbaiki diri agar dosa kita terampuni. Marhaban Ya Ramadhan… #KenanganRamadanku

5. Sholat Lima Waktu Jangan Sampai Ketinggalan

Sekian banyak kegiatan, ibu selalu berpesan "jangan lupa sholat nak". Kadang, buka puasa bersama dengan teman membuat kita ketinggalan sholat magrib yang waktunya begitu singkat. Kembali mengingat terus pesan ibu, "jangan lupa sholat nak". Marhaban Ya Ramadhan… #KenanganRamadanku