Pulau Bangka, pernah denger atau bahkan kalian nggak tahu letaknya secara geografis?

Well, banyak yang beranggapan bahwa Pulau Bangka itu letaknya di Kalimantan, di sebelah Sulawesi bahkan ada yang mikir Pulau Bangka itu nyatu dengan Pulau Belitong. Actually, mereka pisah guys.. Dipisahin oleh Selat Gaspar, jadinya agak LDR-an dikit. Kalau kalian tahu, dulunya provinsi yang pemekarannya dimulai tahun 2000 ini pernah merge dengan provinsi Sumatera Selatan, dan sampai akhirnya memisahkan diri (sejarah singkatnya kurang lebih gitu ya).

Nah, ternyata, banyak yang belum tahu kan spot holiday yang bakalan bikin kalian semua nggak mau pulang, dan mau datang lagi, datang lagi! Karena, pulau ini memiliki sejuta pesona keindahan pantainya, wajar lah ya... Sekelilingnya pantai semua guys...

Biar kalian nggak penasaran, yuk di-booking tiketnya, eeeh.. destinasinya dulu ding, cekidot!

 

1. Pantai Parai Tenggiri, Sungailiat, Bangka

Pantai Parai Tenggiri, merupakan salah satu pantai yang telah menyediakan fasilitas penginapan, kolam renang, dan watersport. Keindahan pasir putih sejauh mata memandang membuat pantai ini sangat populer. Waktu tempuh dari ibu kota ke pantai yang letaknya di Sungailiat, Kabupaten Bangka ini kurang lebih 1 jam 10 menit dengan jarak yang ditempuh 42,8 km (sumbernya google ya guys).

Mau ke sini? Kalau mau menginap, bisa reservasi penginapan dulu yah. Di sini disediakan view penginapan yang langsung menghadap ke pantainya loooh, gimana? Tergoda ke sini? Siapin budget-mu dari sekarang :D!

2. Pantai Rambak, Sungailiat, Bangka

Selain keindahan pasir putihnya, kalian juga bisa liat sunset cantik ini

Selain keindahan pasir putihnya, kalian juga bisa liat sunset cantik ini via https://saparuding-belitong.blogspot.com

Pulau Bangka memang menjanjikan keindahan alamnya, selain kotanya yang nggak pernah, malah jauh dari kepadatan lalu lintas, pesona indahnya sunset pun bisa kalian nikmati di sini, salah satunya di Pantai Rambak ini loh guys... Nah, untuk jarak dan waktu tempuh dari Pangkalpinang itu kurang lebih 38,3 km atau sekitar 56 menit, sebanding guys sama keindahan panorama yang bakal kalian dapetin di pantai ini :D.

3. Pantai Tanjung Pesona, Sungailiat, Bangka

Resort Pantai Tanjung Pesona, ada yang langsung viewnya pantai loh..

Resort Pantai Tanjung Pesona, ada yang langsung viewnya pantai loh.. via https://www.kayanatour.co.id

Selain Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Pesona juga menyediakan fasilitas resort, jadi kalian yang lagi travelling bisa langsung reservasi untuk penginapannya, karena waktu tempuhnya 1,5 jam dari Depati Amir airport ya.. So, kalau kalian cape bisa langsung reservasi, tapi kalo lagi holiday biasanya full-booked traveller, jadi kalian harus booking dari waktu sebelum kalian liburan. Gimana? Masih belum jatuh cinta nih sama Pulau Bangka?

4. Pantai Turun Aban, Sungailiat, Bangka

Selain keindahan pasir putihnya, kalian bisa snorkling loh guys

Selain keindahan pasir putihnya, kalian bisa snorkling loh guys via https://instagram.com

Ada yang nyelip nih guys, di daerah Kabupaten Bangka, balik lagi deh, hihi. Ini namanya Pantai Turun Aban, dari Bandara Depati Amir kurang lebih 42 km untuk sampai ke pantai ini, bisa pake motor atau mobil. Di sini selain pasir putihnya (tapi dominan batu-batu tinggi ya guys), kalian juga bisa snorkling loh, cocok banget buat pencinta pantai dan penggila snorkling. You wanna try?

5. Pantai Tikus Emas, Sungailiat, Bangka

Kalian bisa guling-guling buat ngerasain hangatnya pasir pantai yang luas ini guys

Kalian bisa guling-guling buat ngerasain hangatnya pasir pantai yang luas ini guys via https://BisnisTravelWisata.com

Untuk pantai yang satu ini, pasir putihnya ketutup sama cuaca sore yang redup, tapi kalian dijamin ga bakalan nyesel deh, selain disediakan fasilitas flying mouse (it seems like flying fox). Kalian juga bisa bermain voli pantai karena disediakan net untuk bermain voli pantai guys. Bisa juga buat kemah akhir tahun, karena biasanya di pantai ini bakalan ada pesta kembang api gitu buat New Year, keren kan?

Kalian hanya perlu menempuh jarak dan waktu tempuh dari Pangkalpinang lebih kurang 40,1 km atau sekitar 59 menit aja loh, dan kalau udah di Sungailiat 1 hari, kamu bisa datengin 3 atau 4 pantai sekaligus dengan keunikan panoramanya masing-masing!

6. Pantai Matras, Sungailiat, Bangka

Bayangin kalian datang kesini buat long holiday bareng orang yang kamu sayangin guys

Bayangin kalian datang kesini buat long holiday bareng orang yang kamu sayangin guys via http://www.iqbalkautsar.com

Pantai Matras yang udah lama banget jadi salah satu pantai favorit di Pulau Bangka ini, ditempuh dengan jarak 43,2 km atau selama 1 jam 5 menit. Pantai ini sudah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap loh guys, seperti tempat ibadah untuk yang muslim (musholla), kamar mandi dan dilengkapi juga dengan air tawar yang super duper adem. Pas banget untuk liburan bareng keluarga besar guys, 😀

7. Pantai Tongaci, Sungailiat, Bangka

Bukan hanya hamparan pasir putih aja, pantai ini juga sebagai penangkaran penyu loh

Bukan hanya hamparan pasir putih aja, pantai ini juga sebagai penangkaran penyu loh via http://www.visitbangkabelitung.com

Pantai Tongaci (Turtle Conservation) merupakan salah satu destinasi dengan jarak 37,6 km dari Pangkalpinang atau 56 menit menggunakan mobil, merupakan destinasi wisata yang juga menyediakan beberapa fasilitas. Pantai yang berdampingan dengan Batavia Resort ini memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dari pantai lainnya, seperti penangkaran penyu (Turtle Conservation) dan beberapa waters sport seperti banana boat, donnuts dan juga sewa untuk jetski.

Sejauh mata memandang, di pantai ini juga ada De Locomotief di mana terdapat resto dan museum. Dekorasi atau desain interior yang menawan, menarik minat masyarakat khususnya para remaja yang saat ini sudah terbiasa dengan selfie atau wefie karena terdapat payung-payung tradisional yang didesain sedemikian rupa sehingga sepanjang jalan De Locomotief terlihat colourful like a rainbow. Makin penasaran kan?

8. Pulau Ketawai, Koba, Bangka Tengah

Ketawai Island

Ketawai Island via http://tripbangka.com

Setelah puas menikmati daerah Sungailiat, kita geser sedikit yuk dari Kabupaten Bangka. Kita nge-trip ke Kabupaten Bangka Tengah, kurang lebih menempuh waktu perjalanan 30-45 menit dari Pangkalpinang (ibukota Provinsi Kep. Bangka Belitung). Pulau ini berada di Desa Kurau. Nah, untuk nyampe ke pulau ini perlu nyebrang lagi guys menggunakan bantuan perahu nelayan, yang sekarang jadi hits banget. Kurang lebih waktu tempuhnya 1 jam 40 menit, nah ini dikondisikan sama cuaca ya. Kalau cuacanya bagus, bisa lebih cepet :D.

Banyak banget wisatawan domestik maupun asing yang udah ke sini loh, karena di sini kalian bisa snorkling. Kawasan ini masih terlindungi banget dan "virgin", jadi yang punya hobi snorkling pas banget dah kalo mau liburan kesini.  Yuks cus! tunggu apalagi ^_^

 

Nah guys, ini baru sebagian loh dari kecantikan Pulau Bangka, masih banyak lagi keindahan pasir putihnya, penasaran? Yuk kumpulin budget-mu dari sekarang, biar nanti bisa langsung long holiday di pulau ini. See ya!