Siapa sih, yang suka duduk, diam, dan tanpa aktivitas apa-apa? Apalagi, sebagai anak muda yang katanya agen perubahan, kamu dituntut untuk selalu dinamis dan kreatif. Nah, kalau kamu punya banyak waktu luang, kamu dapat memutar otak dan melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini. Selain dapat membunuh waktu dengan berkegiatan produktif, kamu juga bisa nambah teman sekaligus nambah pengalaman.

Yuk, anak muda, jangan sampai diam aja!

1. Blogging, biar kamu makin jago networking

blogging via http://crosswalk.com

Kalau kamu suka dengan yang namanya nulis dan teknologi, wajib banget nih punya blog. Blog merupkana jurnal online pribadi yang bisa kamu isi sesuka hati. Ibarat rumah, blog dapat kamu hias dan isi dengan berbagai macam postingan sesuai dengan seleramu. Banyak penyedia plattorm blog berlomba-lomba melengkapi fasilitasnya untuk kenyaman penggunanya. Kalau kamu mau lebih pro, kamu juga bisa mempunyai blog dengan domain kamu sendiri dengan cara mengubahnya menjadi Top Level Domain (TLD). Caranya gampang, tinggal beli domain dan hosting, kemudian diaplikasikan ke platform blog kamu.

Buat kamu yang doyan bertemu orang baru, blogging juga bisa menjadi wadah seru. Kamu bisa guest blogging dengan cara meninggalkan jejak komentar pada blog-blog lain. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan berbagai komunitas blogger yang ada di Indonesia untuk memperluas jalur networking-mu. Melalui komunitas blogger tersebut, selain nambah temen, kamu juga bisa ikut berpartisipasi dalam event-event yang mereka adakan. Bisa juga untuk kamu menjaring ilmu dari blogger-blogger senior.

2. Melengkapi dokumen-dokumen penting

Makhluk dokumen via http://www.huffingtonpost.co.uk

Advertisement

Manusia emang dikenal sebagai makhluk dokumen. Kalau kamu nggak memegang dokumen lengkap, bisa jadi kamu nggak dimanusiakan. Dokumen-dokumen penting yang harus kamu punya adalah KTP elektronik, NPWP, SKCK dan masih banyak lagi. KTP elektronik memang sudah diberlakukan sejak lama, tapi di beberapa daerah, masih banyak warga Indonesia yang belum memilikinya. KTP elektronik banyak manfaatnya, salah satunya adalah untuk menyalurkan hak suara.

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) tidak hanya yang sudah berpenghasilan tetap lho yang boleh punya. Kamu yang tengah berusaha untuk berpenghasilan tetap pun bisa memperoleh NPWP. Kamu cukup mendatangi kantor perwakilan pajak setempat dengan membawa fotokopi KTPmu. Yuk ah jadi warga negara yang taat pajak.

Nah kalau SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, merupakan surat keterangan yang dikeluarkan pihak kepolisian mengenai catatan pidana seseorang. Untuk mendapatkan SKCK ini kamu harus mengurusnya di Polres setempat. SKCK ini berguna bagi kamu yang hendak mencari pekerjaan atau melengkapi salah satu syarat yang diajukan saat pendaftaran beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri.

3. Banyak-banyak baca buku, karena buku kamu bisa banyak ilmu

Baca buku banyak ilmu via http://www.savvykernow.org.uk

Kata orang, buku adalah jendela dunia. Dan emang bener. Hanya dengan benda kecil tersebut, kamu bisa menjelajah dunia. Meskipun sekarang buku bersaing ketat dengan yang namanya internet, tapi membaca buku mempunyai keistimewaan tersendiri. Banyak buku yang bisa kamu baca untuk “santapan” untukmu di waktu luang, ada buku bergenre fiksi, motivasi, biografi hingga buku-buku pengetahuan umum. Kamu juga bisa menantang dirimu sendiri dengan cara mengikuti reading challenge yang banyak di selenggarakan. Dengan mengkuti challenge tersebut, kamu bisa mengukur seberapa kemampuanmu dalam membaca sekaligus menambah asupan kosa kata kita.

4. Explore kotamu, biarkan naluri yang memimpinmu

Buat kamu yang suka jalan-jalan dan nggak bisa diem aja di rumah, yuk, saatnya explore kota tempat tinggalmu. Pasti ada banyak spot-spot keren yang belum pernah kamu kunjungi, makanan-makanan khas unik yang belum sempet kamu cobain sebelumnya. Kamu bisa mencari referensi tempat-tempat hangout keren dan masih banyak lagi dengan cara follow akun-akun traveler di instagram. Atau, kamu juga sekedar menjelajah sendiri dan biarkan naluri yang memimpinmu. Asli, asik banget deh. Selain kamu bisa refreshing, kamu juga bisa menemukan kearifan lokal yang nggak ada duanya.

5. Buka usaha kecil-kecilan yang sesuai dengan hobimu

Usaha baru via http://wordpress.com

Nggak ada salahnya kan, buat mencoba hal baru? Nah, anak muda seperti kamu sudah selayaknya pasang badan untuk menciptakan sesuatu sesuai hobimu. Kalau kamu suka desain, kamu bisa cobain buka usaha di bidang desain. Desain sampul buku, kartu nama, poster hingga undangan pernikahan. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosialmu sebagai wadah untuk promosi usahamu. Untuk kamu yang doyan masak, kamu juga bisa usaha di bidang kulinari itu. Atau yang paling gampang, promosi saja ke teman-tema kos atau kampusmu.

Nah, buat kamu yang hobi fotografi dan bisa mengeoperasikan kamera yang mumpuni, kamu juga bisa mendirikan usaha baru. Ajak saja teman atau saudaramu sebagai model, lalu ekspresikan hobimu. Jangan lupa untuk memajang hasil jepretanmu di media sosial, siapa tahu ada calon pelanggan yang ingin pakai jasamu. Dengan mencoba membuka usaha kecil-kecilan yang sesuai hobi, kamu udah bisa membuktikan bahwa anak muda emang punya jiwa kreativitas yang tinggi.