Di masa muda, tidak satupun yang menginginkan kegagalan dalam menjalani sebuah komitmen percintaan. Namun, demi kedewasaan dalam menjalani sebuah hubungan, sering kali Tuhan mempertemukan kita kepada seseorang yang salah terlebih dahulu agar nantinya kita belajar memahami karakter lawan jenis. Hingga akhirnya, Tuhan mengirimkan seseorang yang kita sebut sebagai jodoh dan dapat mencintai seorang yang tepat tersebut dengan sebaik-baiknya. Agar semangat hidupmu kembali setelah putus cinta, berikut adalah ulasan agar kamu cepat move on.

 

 

1. Yakinlah Putus Cinta Bukan Akhir Segalanya

Masih ada hari esok

Masih ada hari esok via https://www.google.co.id

Setelah putus cinta, memang sulit kita untuk kembali berpikir positif, semua seperti tidak normal dan terasa blur bahkan seringkali kita merasa bingung memulai kehidupan dari mana. Kita yang telah terlanjur terbiasa dengan dia harus kembali menata kehidupan sendiri. Kita yang terbiasa berangan tentang masa depan dengan orang tersebut, mau tak mau harus kembali membuka hati dengan orang lain. But never give up! Putus cinta bukanlah akhir segalanya. Ingatlah kedua orang tuamu yang senantiasa menginginkan kamu sukses, terus memperhatikanmu, memikirkanmu setiap saat dan yang jelas tidak meminta imbalan apapun, padahal beliau selalu memberikanmu segalanya. Jadikan momen patah hatimu untuk kembali dekat dengan orang tuamu. Belajarlah untuk menyadari bahwa orang tuamu telah memberimu lebih, jika dibanding dengan orang yang telah menyakitimu tersebut! Terkadang patah hati merupakan tamparan keras untuk kita mengingat betapa besarnya pengorbanan sesungguhnya orang tua kepada kita dan kita harus membalas tersebut dengan kesuksesan.

2. Merdekakan Hatimu

Jomblo bahagia

Jomblo bahagia via https://www.google.co.id

Setelah kamu menyadari putus cinta bukanlah akhir dari segalanya, merdekakanlah hatimu! Yakinlah saat ini kamu masih muda dan sangat bebas. Lakukan apa yang kamu sukai. Kamu tidak terikat dengan apapun dan siapapun. Tidak perlu lagi ada hati yang kamu jaga. Fokuslah untuk melakukan sesuatu hanya untukmu sendiri. Lakukan sesuatu yang kamu sukai namun mantanmu dulu melarangnya. Mulailah untuk merawat diri sendiri, mengatur masa depan sendiri. Percayalah, status barumu sebagai jomblo bakalan membuatmu hidup lebih survival karena kamu bisa melakukan semuanya sendirian!

3. 3. Dengarkanlah Lagu yang Membuatmu Semangat

Terapi mendengarkan musik bisa meredakan rasa sakit

Terapi mendengarkan musik bisa meredakan rasa sakit via http://palembang.tribunnews.com

Sebagai seorang pemuda setelah putus cinta yang belum begitu stabil, lagu yang memiliki lirik semangat akan membakar jiwamu. Kamu akan sedikit lebih bahagia menyimak lirik demi lirik setiap lagu semangat putus cinta yang sedang nge-hits. Kamu akan tersugesti dengan lirik demi lirik lagu yang kamu dengarkan. Lagu akan membuat aktivitasmu lebih semangat. 

4. Buka diri, bergaulah seluas-luasnya

Punya banyak teman bikin mental dan fisik lebih sehat

Punya banyak teman bikin mental dan fisik lebih sehat via http://joss.today

Terkadang saat menjalani sebuah komitmen, kita menjadi seseorang yang cenderung menutup diri dari lingkungan sosial. Hidup kita lebih terfokus kepada kekasih kita. Menganggapnya adalah sumber dari kebahagiaan kita. Setelah sukses sadar putus cinta bukan akhir  segalanya. Mulailah membuka diri dalam pergaulan, bertemanlah dengan siapa saja. Mungkin sebelumnya, pergaulanmu terbatas juga karena ingin menjaga perasaan kekasihmu. Namun hal tersebut tidak berlaku setelah status jomblo new arrival melekat padamu. Kamu mau berteman dengan lawan jenis sebanyak-banyaknya pun tidak akan ada yang membuatmu risih karena marah-marah. Ingat, berteman dengan banyak orang tidak akan pernah ada salahnya. Kamu akan merasakan hidup yang lebih berwarna dengan berbagi pengalaman dengan banyak orang. Kamu akan belajar dari banyak orang mengenai kesalahan orang-orang baru disekitarmu, belajar bagaimana mereka menyelesaikan masalahnya. Hal ini tentu akan membuatmu lebih bahagia karena disela-sela kamu menata kembali hidupmu ada sahabat yang akan selalu ada untukmu.

5. Jangan Putuskan Silaturahmi Dengan Mantan

Jaga komunikasi

Jaga komunikasi via http://female.kompas.com

Sesakit apapun rasanya setelah ditinggalkan, jangan sesekali kamu memtuskan silaturahmu kepada mantan kamu. Jangan kamu delcont atau blokir dia dari sosial mediamu. Untuk meghindari rasa ingin taumu pada kehidupan mantanmu setelah putus, kamu bisa hidden notifikasi jejaring sosial mantanmu dari akun pribadimu. Ingat, stalking tidak akan memperbaiki keadaan melainkan hanya akan memperburuk keadaan. Justru yang harus kamu lakukan dalam akun pribadimu adalah, bercitralah seolah-olah hidupmu lebih bahagia setalah dia meninggalkanmu. Meskipun saat kita mengalami fase patah hati, naluri hatimu menginginkanmu menulis status yang mellow sesuai apa yang kamu rasakan. Namun yakinlah, akan lebih bermanfaat saat kamu meng-update statusmu dengan tulisan-tulisan kebahagiaan. Selain untuk menyugesti dirimu sendiri agar segera bangkit, hal ini tentu saja akan membuat mantanmu bertanya-tanya dan penasaran denganmu. Biarkanlah mantanmu menyimak setiap prosesmu move on.

6. Jangan Bunuh Karakter Mantan!

Jangan bunuh karakter

Jangan bunuh karakter via http://wolipop.detik.com

Meskipun benar-benar membuat hati terluka karena ulahnya, jangan sesekali kamu membunuh karakter mantanmu di depan banyak pihak. Biarkan baik dan buruk yang ia miliki orang lain yang menilai. Kamu tidak behak menghakiminya. Belajarlah ikhlas dengan menyibukkan diri dan fokus pada dirimu sendiri. Biarkan dia hidup dengan pilihannya. Seburuk apapun dia, dia pernah ada di dalam hatimu dan menjadi seseorang yang kamu banggakan!

7. Jika Rindu Dengannya, Flashback Tidak Masalah tuh!

Mantan pacar

Mantan pacar via http://tekooo.com

Mengunjungi tempat-tempat yang sering kita kunjungi bersama sang mantan disaat kita tidak dengannya lagi memang sesuatu yang sangat menantang. Namun hal ini akan sedikit menghiburmu saat kamu merindukannya. Tidak ada yang salah dengan rasa rindu, karena rindu adalah hal yang alami terjadi pada hati setelah kita jarang lagi bertemu dengannya. Tentu disaat mengunjungi tempat biasa dengannya, kamu akan kembali dihantui bayangnya. Namun hal ini akan membuat hatimu sedikit tenang. Hal ini merupakan sebuah proses untukmu kembali berdiri tegap menjalani masa depan. Namun ingat! Haram bagimu untuk memberitahunya bahwa kamu merindukannya. Ini bukan soal gengsi, namun soal harga diri. Dia yang meningalkanmu, kamu adalah orang baik dan tidak sepantasnya kamu mengejar orang jahat yang telah meninggalkanmu begitu saja. Dengan mengatakan padanya jika kamu rindu setelah ditinggalkanya sama saja kamu sedang member tahunya bahwa duniamu tanpanya is nothing!

8. Maksimalkan Potensimu

Maksimalkan potensi

Maksimalkan potensi via https://www.google.co.id

Saat kamu sibuk menjalin hubungan, pasti ada sesuatu yang terkalahkan, salah satunya potensi besar yang kamu miliki. Sebagai anak muda, hendaknya kamu harus menggali potensi yang kamu miliki. Setelah kamu putus cinta, beban pikiran dan perasaanmu tidak terpungkiri pasti akan berkurang. Bawalah hal tersebut kearah positif dengan memaksimalkan potensi yang kamu miliki. Potensimu akan membawamu menjadi seseorang yang memiliki prestasi dan aktif. Tentu jika kamu dapat memaksimalkan potensimu dan akhirnya berprestasi tentu orang tuamu akan bangga kepadamu. Selain itu dengan prestasi, tentu mantanmu yang telah meninggalkanmu akan sedikit menyesal telah meninggalkanmu.

9. Pergilah Berpetualang

Pergi berpetualang

Pergi berpetualang via https://www.google.co.id

Ada kalanya saat kamu kembali menata hatimu dengan malakukan berbagai aktivitas agar hari-harimu terasa cepat. Akan ada masa dimana kamu sedang sendiri di waktu yang luang dan hal ini cenderung akan membuat hatimu kembali mellow. Sesekali teringat mantan memang hal yang lumrah setelah putus cinta. Hal tersebut akan membuatmu kembali galau. Untuk mengantisipasi moment sendiri tanpa aktivitas pada waktu tertentu, ajak temanmu yang memiliki waktu luang untuk melakukan petualangan. Petualangan di alam terbuka akan membuatmu menemukan banyak pengalaman dan pelajaran baru dihidupmu. Dengan berpetualang kamu akan menyadari bahwa alam tidak akan pernah mengkhianatimu, tidak seperti mantanmu yang telah meninggalkanmu. Berpetualang akan membuatmu melupakan masalah dan luka hati karena ada banyak hal yang mesti kamu persiapkan sehingga kamu tak sempat lagi memikirkan perasaanmu. Selain dapat membuatmu segar kembali, berpetualang akan membuatmu lebih bersemangat.

10. Kembali Bukalah Hatimu

Membuka hati

Membuka hati via https://www.google.co.id

Untuk menyembuhkan luka lama, kamu pasti membutuhkan orang baru sebagai obatnya. Mulailah membuka hatimu, pedulilah kepada orang yang mempedulikanmu. Yakinlah rasa sayang akan timbul setelah kamu terbiasa dan nyaman dengannya. Namun jangan sampai menjadikan seseorang sebagai tempat pelarian karena hal itu bukan sesuatu yang baik untuk dirimu sendiri. Ingat, apa yang kamu tanam itu pula yang akan kamu tuai! Jangan pula kamu memberikan harapan palsu kepada orang yang mendekatimu hanya untuk menetralkan perasaan. Sama saja kamu mengobati luka hatimu dengan membuat luka baru. Tunggu hingga hatimu siap terlebih dahlu untuk membuka hati. Jangan terburu-buru, nikmati setiap momen pendekatan dengan orang yang mulai membuatmu nyaman.