Putus dengan pasangan bukanlah hal yang dinginkan. Apalagi di saat hati masih begitu penuh terisi dengan sejuta warna cinta. Tentu rasa ingin bersama dalam satu cita-cita menjadi hal yang mutlak dalam menjalin hubungan cinta. Namun kisah cinta tak selalu berakhir sesuai dengan cita-cita. Ada kalanya kita harus siap untuk menerima kenyataan bahwa memang cinta tak harus selalu bersama. Dan seringkali, untuk bisa mengakhiri kisah cinta yang ada, begitu banyak drama yang harus dilalui. Kayak drama sinetron Indonesia, yang sering mbulet alur ceritanya.

Supaya gak gitu-gitu amat, nih cara putus agar akhir kisah cinta kalian seindah awal jatuh cinta. : )

1. Renungi dan Sadari Saat Kamu Mengambil Keputusan

Baru putus doang… via http://www.google.go.id

Karena putus cinta itu bukan kiamat yang datangnya secara tiba-tiba. So, saat mau mutusin pasangan, kamu harus renungi dan sadari terlebih dahulu keputusanmu. Bener gak kalau kalian ingin putus? Atau jangan – jangan hanya emosi sesaat.

Pertimbangkan semuanya dengan matang. Jangan sampe ada orang lain yang mengintervensi keputusanmu agar nggak nyesel di kemudian hari.

2. Berikan Tanda-Tanda Peringatan

Kok kamu jadi dingin… via http://www.newlovetimes.com

Advertisement

Setelah mikir mateng untuk mutusin tapi belum bener-bener berpisah, cobalah untuk memberikan 'WARNING' alias tanda-tanda peringatan. Cobalah memberikan tanda-tanda dengan sikapmu yang sedikit berbeda dengan apa yang biasa kamu lakukan terhadap pasangan. Eits, yang terpenting jangan sampai menggunakan kata-kata yang nggak enak, kasian pasanganmu juga. 🙂

3. Ajak Kencan Untuk Terakhir Kali di Tempat yang Tenang

Tapi ya jangan lintasan kereta juga… via http://www.google.go.id

Kalau udah dirasa cukup memberi peringatan alias tanda dan pasanganmu sudah mulai memahaminya, saatnya kamu harus bertemu dan berbicara langsung dengannya. Pilih tempat yang tenang saat bertemu dengannya seperti coffee shop yang tidak terlalu ramai atau taman. Yah, itung-itung sebagai kencan terakhir lah. : )

4. Katakan Sejujurnya!

Nggak perlu bertele-tele… via http://www.giphy.com

Mulailah dengan obrolan ringan tentang perjalanan kisah cintamu dan pasanganmu. Cobalah review hubunganmu selama ini dengannya. Obrolan sebaiknya diarahkan pada hal-hal yang merintangi kisah cintamu dengannya.

Barulah kemudian katakan dengan perlahan dan tenang, bahwa kamu merasa bahwa hubungan percintaan kalian cukup diakhiri sampai di sini saja.

Suasana mungkin bakal jadi cukup emosional, tapi sebisa mungkin jangan sampai terpancing untuk melakukan hal-hal yang bisa bikin baper lagi, ya. Kecupan di kening atau pelukan misalnya, kalau malah jadi baper kan kasian. 🙁

5. Berdamailah…

Dengan diri sendiri, dengan masa lalu… via http://globalchristiancenter.com

Jangan menimbulkan kesan perang saat putus, stay calm. Yang terpenting, jangan membantah, apalagi beradu argumen. Dengerin semua omongannya, dan yang terpenting esensinya sudah disampaikan, yaitu 'PUTUS'. Biar nggak menimbulkan masalah baru yang bisa berbelit-belit di kehidupan cintamu yang selanjutnya. : )