Kurma muda atau Ruthob, adalah kurma segar yang dapat langsung dimakan setelah dipetik dari pohonnya. Karena masih segar, kurma ini rentan busuk sehingga harus lekas dimakan setelah dibeli. Kurma muda disebut mempunyai banyak manfaat. Apa saja manfaat kurma muda yang perlu kamu tahu?

1. Meningkatkan Kesuburan

Adanya kandungan zat pitosin dalam kurma muda berkhasiat untuk merangsang gerak peristaltik di dalam pembuluh darah dan rahim wanita. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan wanita yang ingin memiliki momongan.

Tak heran bila kurma muda kerap direkomendasikan oleh para dokter ahli untuk pasangan suami istri sebelum berhubungan intim. Selain untuk meningkatkan kesuburan, manfaat kurma muda juga mampu meningkatkan kualitas sperma. Maka, bukan hanya istri, tapi suami pun wajib rutin mengonsumsinya.

Jadi, bagi kamu yang sudah menikah dan ingin segera memiliki keturunan, kurma muda dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan fertilitas.

2. Melancarkan Proses Persalinan

Advertisement

Dalam kurma muda terkandung zat serupa hormon oksitosin yang berfungsi sebagai perangsang kontraksi otot polos pada dinding rahim. Hormon ini berperan penting untuk kemudahan persalinan, sehingga bayi mudah di lahirkan. Hormon ini juga diketahui sangat baik untuk pasangan suami istri saat berhubungan intim.

Kurma muda juga mengandung zat pitosin yang mampu membantu mencegah kondisi serius pendarahan rahim. Zat pitosin pada kurma muda ini mampu menghentikan pendarahan setelah melahirkan.

Bukan hanya untuk mereka yang menghadapi persalinan, kurma muda pun baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam kurma muda diketahui berperan sebagai penguat kandungan. Khususnya untuk wanita yang sedang hamil muda, kurma muda bisa menjadi alternatif asupan tambahan.

3. Meningkatkan Produksi ASI

Hormon oksitosin berperan penting sebagai stimulus untuk optimalisasi produksi ASI. Dalam hal ini, kurma muda mengandung zat yang mirip dengan hormon oksitosin yang disebut pitocin. Itulah alasan mengapa kurma mampu mendorong produksi ASI menjadi lebih banyak.

Bukan cuma itu, nutrisi pada kurma muda seperti protein, gula, zat besi, asam nicotenic, kalsium dan klorida pun akan meningkatkan kualitas ASI. Jadi, tak sekadar bertambah banyak secara kuantitas.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata dan Kulit

Kulit Sehat dan Mata Indah Seperti Raisa via http://pojoksatu.id

Kurma muda mengandung banyak vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Jenis vitamin tersebut dikenal sebagai antikosidan yang mampu meningkatkan kesehatan mata sekaligus kelembapan dan kesehatan kulit kamu.

Sering mengonsumsi kurma muda jelas akan membuat penampilan kamu terjaga. Selain tubuh sehat, antioksidan alaminya akan membuat kamu terlihat awet muda. Jangan sampai pasca menikah perawatan tubuh jadi terbengkalai.

5. Untuk Detoksifikasi

Sifat dari kurma muda adalah dingin dan kering. Bila dikonsumsi, maka akan menetralkan toksik atau zat kimia yang pernah kamu konsumsi.

Hal ini juga berlaku bila kamu kerap mengonsumsi makanan cepat saji. Kebayang kan betapa seringnya kita 'ngemil fast food' yang pastinya sarat zat pengawet?

Nah, kurma muda ini akan membantu mendetoksifikasi tubuh dari endapan zat-zat kimia tadi. Hebat, ya?

6. Mencegah Kanker

Kandungan vitamin A pada kurma muda juga dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh sekaligus untuk menekan sel kanker. Vitamin A sangat berperan penting pada kesehatan dan mampu mencegah penyakit mematikan, seperti kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Para ahli peneliti kurma yang dipimpin oleh Dr. Arshad Rahmani dari Qassim University, menemukan fakta bahwa kurma muda memiliki zat anti-kanker. Zat inilah yang mampu melawan perkembangan dan pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

Salah satu senyawa anti-kanker dalam kurma muda adalah Beta D-glucan. Senyawa ini pernah dicoba pada hewan yang terindikasi tumor. Dan pada hewan percobaan tersebut terbukti bahwa senyawa Beta D-glucan dapat menekan pertumbuhan tumor.

Bahkan, tahukah kamu bahwa berdasarkan asil penelitian yang diterbitkan di “Journal of Clinical and Experimental Medicine”, kurma muda disebut mampu menekan resiko terjadinya mutasei sel sehat menjadi sel kanker. Hal ini menyebabkan pemicu terjadinya kanker pada tubuh kamu dapat dimusnahkan sebelum sel berbahaya tersebut menyebar.

7. Menekan Risiko Terkena Penyakit Berbahaya

Gerai Kurma di Mekkah via http://4.bp.blogspot.com

Bukan cuma kanker. Manfaat lain dari rutin mengonsumsi kurma muda adalah mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Kurma muda juga dapat mengurangi risiko terkena stroke. Khasiat kurma muda juga mampu meningkatkan fungsi kerja jantung dan daya ingat.

Sayangnya, kurma muda sangat sulit kamu temui di Indonesia. Apalagi penjual yang menyediakan kurma muda yang masih segar. Buah ini hanya tersedia di Mekkah atau di Madinah. Belum lagi buah ini hanya akan tahan maksimal 15 hari setelah dipetik.

Meskipun sangat sulit didapatkan, kurma muda menjadi buah yang paling dicari di Arab Saudi. Banyak jamaah haji baik yang berasal dari Indonesia maupun dari negara lain berburu kurma muda ini untuk mendapatkan khasiatnya yang dahsyat.

Bila kamu tertarik memperolehnya, kamu bisa menitip atau membeli melalui distributor kurma khusus. Biasanya kamu akan memperoleh kurma muda dalam bentuk beku atau dikeringkan. Bila rajin mengonsumsinya, berbagai manfaat kurma muda dapat kamu rasakan. Namun, jangan cemas. Kurma kering yang umum dijual pun kaya manfaat.