Hai Ladies! Tentunya setiap wanita ingin selalu tampil cantik. Demi mendapatkan kecantikan, banyak wanita yang selalu mencoba berbagai produk kosmetik baru, melakukan homespa, rajin perawatan di klinik skincare, sekedar editing foto biar tampil cantik di SocMed, bahkan ada yang sampai rela operasi plastik untuk “dipermak” wajah dan tubuhnya sedemikian rupa. Iya kalau jadinya kayak orang korea. Lah kalo salah cetak? Bukannya pujian yang didapat, malah jadi bahan lelucon orang. Ngeri banget, kan? Dari fenomena seperti ini, maka muncullah  kata-kata “muka itu dirawat, bukan diedit!”

Hmm... Baiknya kita ikuti sugesti kata tersebut sehingga kita berusaha merawat diri dengan cara yang sehat dan tidak beresiko. Simak langsung aja ya rahasia cantik berikut ini! 🙂

1. Rahasia Tampil Cantik Alami dan Kulit Sehat

Langsung saja ya, kita simak beberapa metode untuk tampil cantik! Ini dia, dibaca dan praktekkan sambil membaca doa, jeng jeeng…

1. Menjaga Kebersihan

Pasti tahu kan dalam agama sering disebutkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman? Karena itulah, agar kita tampil cantik, kita wajib menjaga baik itu kebersihan tubuh, bantal, alat make up, alat mandi, serta pakaian kita. Ini karena barang tersebut yang paling sering menempel di wajah dan tubuh kita.

Advertisement

2. Berolahraga

Olahraga penting untuk menjaga kebugaran tubuh serta menjaga agar kulit kita kencang, sehingga tampak awet muda. Manfaat olahraga adalah:

– Mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh

– Merangsang produksi kolagen

– Mencegah jerawat

– Mengurangi selulit

3. Mengatur pola makan

Kita rajin olahraga, tapi apa gunanya kalau kita tidak menjaga pola makan? Perbanyak makanan sehat seperti sayur dan buah, mengurangi makanan junkfood, konsumsi air putih yang banyak, serta asupan makanan yang masuk harus seimbang agar berfungsi dengan baik, serta menciptakan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

4. Istirahat Cukup

Istirahat tidur yang cukup akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh dan kulit kita. Dengan cara ini, kesegaran tubuh akan terjaga dan kita juga menjaga mata kita dari kantung mata yang bisa merusak kecantikan kita.

5. Gunakan Produk Kosmetik yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Ada jenis kulit normal, kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Gunakan produk yang sesuai untuk merawat kulit kita dan jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya sebelum kita terpapar sinar matahari. Kita pun bisa membuat sendiri produk perawatan tersebut di rumah menggunakan bahan alami atau ekstrak bahan alami.

Yak, itulah beberapa metode cantik. Apabila kita bisa melakukan semuanya dan yang paling penting adalah kecantikan hati kita atau inner beauty, Insya Allah kecantikan alami akan muncul dari dalam diri kita sendiri. 😀

Sampai disini artikel pertama saya. Lanjut baca artikel berikutnya, ya…

2. Mengenal Jenis Rambut

Memiliki rambut yang indah merupakan dambaan setiap wanita via http://photos.kay.com.vn

Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Untuk mendapatkan rambut yang indah, dibutuhkan perawatan. Di sini, saya akan membahas beberapa jenis rambut agar kita mengerti bagaimana cara merawatnya. Check this out! :3

1. Rambut Berminyak

Ciri-cirinya adalah rambut terasa berminyak, lepek, dan mudah kotor. Penyebabnya adalah aktivitas berlebihan pada kelenjar minyak yang bisa disebabkan karena faktor keturunan dan faktor lain seperti stres, kurang vitamin, diet ketat, dan kulit kepala yang tertutup. Cucilah rambut dengan shampoo untuk rambut normal dan pijat kulit kepala secara teratur untuk menjaga agar kadar minyak di kulit kepala tidak berlebih. Jangan mengaplikasikan conditioner pada kulit kepala.

2. Rambut Kering

Tandanya rambut terlihat kusam, kaku, mudah patah, dan bagian ujungnya mudah terbelah. Penyebabnya adalah jumlah kelenjar minyak kurang memadai, polusi, atau proses kimia berlebihan seperti rebonding/blow. Cucilah rambut dengan bahan yang mengandung yoghurt.

3. Rambut Berketombe

Biasanya rambut terlihat kering dan kusam. Apabila digaruk, akan muncul putih-putih berupa ketombe. Penyebabnya adalah terlalu sering mencuci rambut dan proses kimia yang berlebihan. Pilihlah shampoo yang khusus digunakan untuk rambut berketombe, yaitu shampoo anti dandruff yang mengandung zinc-pyrithion, sulfur, atau selenium.

4. Rambut Normal

Rambut normal cenderung kuat, bervolume, dan berkilau. Merawatnya cukup dengan perawatan biasa. Lakukan pencucian pada rambut secara berkala.

Yak, itulah jenis rambut serta cara merawatnya. Semoga dengan perawatan yang tepat, kita akan mendapatkan rambut indah yang kita dambakan Ladies...

3. Salah Paham Soal Perawatan Kulit?

Bingung tentang cara merawat kulit yang benar? via http://lifestyle.bisnis.com

Informasi mengenai perawatan kulit menjadi hal yang penting bagi wanita. Tetapi tidak semua informasi yang pernah kamu dengar itu benar loh, Ladies! Berikut beberapa informasi mengenai kesalahpahaman perawatan yang wajib kita waspadai!

1. SPF tinggi memberi perlindungan lebih baik

Ternyata tabir surya yang lebih tinggi dari SPF 30 memberikan perlindungan yang hampir sama dengan SPF 30.Sebenarnya yang dibutuhkan adalah SPF 30. Pastikan untuk memakainya ulang setiap 2-4 jam.

2. Komedo Muncul Akibat Pori-Pori Kotor

Komedo muncul karena akumulasi sebum dalam folikel kulit, bukan karena kotoran semata. Cara menyingkirkan komedo adalah dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat.

3. Solusi Kulit Berminyak Adalah Produk Kulit Kering

Jenis kulit ditentukan oleh fisiologi alami tubuh dan tidak bisa diubah. Tidak peduli berapa banyak produk perawatan kulit kering yang digunakan.

4. Kulit Bersisik Tanda Kulit Kering

Sisik muncul akibat sel-sel kulit mati yang mulai mengelupas. Sama halnya dengan kulit yang dehidrasi yang kekurangan air, kulit kering kekurangan minyak.

5. Antioksidan Merupakan Formula Rahasia dari Komposisi Produk Anti Aging

Antioksidan berfungsi membantu menetralisir kerusakan pada sel-sel kulit sehingga menunda tanda-tanda penuaan. Meski dapat menunda penuaan, produk ini tidak dapat mengembalikan kulit yang keriput menjadi kencang.

6. Alkohol Buruk Untuk Kulit

Alkohol tertentu digunakan sebagai pelembab yang bermanfaat bagi kulit. Contohnya: cetyl alcohol, benzyl alcohol, alcohol oleil, dan lain sebagainya.

7. Pengawet Dalam Produk Perawatan Kulit Berbahaya

Pengawet seperti paraben, sifatnya dapat mencegah pertumbuhan bakteri sehingga memperpanjang masa simpan. Paraben dikhawatirkan bersifat karsiogenik, tetapi BPOM Amerika masih menganggap paraben aman. Jangan memilih produk kecantikan dengan paraben terlalu tinggi.

8. SPF Pada Kosmetik Belum Cukup

Meski telah menggunakan produk dengan SPF, kamu masih membutuhkan tabir surya agar terlindung dari sinar matahari.

4. Bibir dan Kepribadian Diri

Bentuk bibir dan kepribadian diri via http://www.MatahariCourse.com

Setiap orang tentu memiliki bentuk bibir berbeda-beda. Tahu gak sih, kalau bentuk bibir juga mencerminkan kepribadian seseorang loh! Berikut analisa Marissa Nemes seorang make up artist dari Miami, pelototin baik-baik yah itu bibir kamu atau foto gebetan kamu!hehehee….

1. Bibir Lebar

Pemilik bibir ini adalah pribadi yang penuh semangat, memiliki banyak teman, dan perfeksionis. Inilah yang membuat sukses karena mereka menentukan nasibnya sendiri.

2. Bibir Penuh

Orang yang memiliki bibir penuh dengan lekuk tegas seperti Angelina Jolie merupakan tipe orang yang percaya diri. Itulah yang membuatnya menarik dan stand out.

3. Bibir Tipis

Orang dengan bibir tipis biasanya cenderung sensitif, sangat detail, menarik, dan melakukan sesuatu berdasarkan intuisi atau kata hati. Di sisi lain, juga pemalu dan suka menyendiri.

4. Bibir Bulat

Orang dengan bentuk bibir seperti ini biasanya tertarik pada penjelajahan, sedikit pemberontak, juga genit. Ia juga mudah membuat orang lain terpikat karena pembawaannya yang periang dan penampilan yang berani.

5. Bibir Berbentuk Hati

Pemiliknya biasanya adalah seorang yang mandiri, ekspresif, dan menggoda. Selain itu, mereka juga menikmati apa yang dilakukan tanpa takut tantangan. Mereka tidak takut mengungkapkan apa yang ada dalam pikiran dan berani dalam mengambil keputusan.

Nah, jadi bagaimana dengan karaktermu? Kalau penulis sendiri, pemilik bibir tipis dan lebar. Jadi, tahu sendiri ya bagaimana sifatnya? Hehehe 😀

5. Mengenal Lulur dan Khasiatnya

Lulur Cokelat kaya akan antioksidan via http://kicantik.com

Banyak cara yang dilakukan wanita untuk tampil cantik. Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan di salon atau klinik kecantikan. Namun kita perlu merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perawatan seperti itu. Menggunakan lulur merupakan tradisi wanita Indonesia dalam merawat kecantikannya. Lalu, kenapa kita tidak mencoba membuat sendiri lulur dari ekstrak bahan alami atau tradisional di rumah? Selain lebih hemat biaya, kita juga bisa melakukan homespa kapanpun kita memiliki waktu senggang. 😀

Berikut macam-macam lulur dengan khasiatnya, yang bisa membantu kamu menentukan lulur yang cocok untuk perawatan kulitmu Ladies... 🙂

1. Lulur Bengkoang

Berkhasiat untuk mengatasi kulit kusam karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, dapat memberi nutrisi bagi kulit, memperbaiki sirkulasi oksigen dan peredaran darah, serta menjaga agar kulit tidak keriput.

2. Lulur Kuning Jawa

Mengandung bahan dasar pandan wangi, sari tepung beras, kunyit, dan temu giring. Berkhasiat mendinginkan kulit, mencerahkan, dan membersihkan serta menghaluskannya.

3. Lulur Cokelat

Mengandung lemak cokelat atau cocoa butter. Khasiatnya untuk melembutkan, melembabkan, dan menghaluskan kulit. Ia juga mengandung katekin yang merupakan antioksidan untuk mencegah penuaan dini dan melindungi kulit dari polusi. Lulur ini cocok untuk kamu yang bekerja di ruangan ber-AC.

4. Lulur Susu

Khasiatnya adalah mempertahankan kulit agar tetap putih berseri, menghaluskan kulit, dan menjaga kekenyalan kulit.

5. Lulur Kopi

Berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati, menghaluskan kulit, dan menjadikan kulit lebih cerah. Aromanya menghilangkan rasa lelah serta meratakan tampilan selulit pada permukaan kulit.

6. Lulur Pepaya

Lulur ini berkhasiat untuk menghaluskan kulit, sebagai antioksidan, menutrisi, serta mempertahankan elastisitas kulit karena kaya akan enzim dan vitamin.

7. Lulur Strawberry

Berkhasiat untuk mengencangkan kulit, menyehatkan, dan meremajakan kulit. Ini karena strawberry mengandung asam salisilat, silica, serta vitamin B,C,E, dan K.

8. Lulur Alpukat

Berkhasiat untuk melembabkan kulit, mencerahkan, dan meratakan warna kulit.

9. Lulur Lemon

Berkhasiat sebagai detox yang menghancurkan lemak di bawah kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mencegah keriput.

10. Lulur Rumput Laut & Mawar

Berkhasiat untuk memberi nutrisi pada kulit, menghaluskan, dan menghilangkan bau badan pada kulit.

Nah, itu tadi macam-macam lulur yang bisa kamu gunakan untuk homespa di rumah, Ladies! Berbagai macam bahan alami memang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit kita. Jadi untuk menghemat ongkos poles, ada baiknya kalau kita mencoba sendiri membuat lulur atau membeli lulur di supermarket daripada mengeluarkan banyak biaya untuk ke skincare di luar kan?