Mendaki gunung merupakan kegiatan olahraga yang sedang banyak digemari. Kegiatan yang membutuhkan tenaga ekstra dan tentunya juga persiapan yang matang. Selain tidak bisa dilakukan setiap hari, kegiatan mendaki juga memerlukan persiapan yang banyak mulai dari peralatan, perbekalan bahkan perijinan. Ya.. mendaki perlu persiapan yang matang karena tidak ada yang bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi ke kita selain diri kita sendiri.

Bulan ramadhan adalah bulan dimana kita berpuasa (iya lah.. hehehe) dan tentunya tidak bisa makan, minum dan hal lain yang dapat membatalkan puasa (tau sendiri lah kan udah besar, hehehe). Selain gak bisa makan dan minum berkegiatan seperti biasanya pun membutuhkan tenaga yang lebih dengan cadangan tenaga yang terbatas, apalagi kalo kegiatan-kegiatan yang berat.

Terus apa hubungannya naik gunung sama bulan ramadhan? Nah, itu yang akan dibahas biar ramadhan punya cerita yang bisa dibagikan di #KenanganRamadanku.

1. Kuatkan Iman

kudu seterong via https://cdn.meme.am

Yah namanya puasa kan kita harus punya niat. Nah mantepin dulu tuh niat #KenanganRamadanku buat puasa jangan sampai hanya karena naik gunung jadi gak puasa #eh… Terutama kalau kita di gunungnya siang hari. Tapi jangan lupa niat perjalanannya harus mantep juga, jangan cuma niat sampai puncak tapi harus niat bisa pulang dengan selamat juga takutnya kalau cuma niat pengin muncak eh nyampe puncak kena apa-apa hehehe… (niat kita mendaki adalah untuk pulang puncak hanyalah bonus)

2. Kalau pengin naik gunung gak puasa, naiknya malam hari aja ya…

sukanya yang gelap-gelap 😀 via https://www.facebook.com

Nih buat temen-temen yang sekiranya gak mampu buat naik siang hari karena panas, ada alternatif lain yaitu naik pas malam hari. Tapi inget malam hari itu gelap (iya lah namanya juga malem) jadi persiapkan peralatan pendukungnya seperti headlamp atau senter buat penerangan jalan kita.

Advertisement

Biar #KenanganRamadanku tambah barakah jangan lupa untuk shalat isya dan taraweh dulu ya atau pengin taraweh di atas? Sekali-kali taraweh di gunung hehehe. Jangan lupa juga utamakan keselamatan ya..

3. Jangan lupa registrasi

Ini nih yang gak boleh kelewat juga, REGISTRASI selain untuk laporan ke petugas penjaga pos ini juga sebagai bukti #KenanganRamadanku sudah tercatat dibuku pos pendakian hehehe. Data ini juga bisa digunakan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi (semoga jangan sampai ya)

4. Jangan lupa sahur ya…

masak dulu gan via https://www.facebook.com

Mau kuat puasa kan? Jangan lupa makan sahur, ya. Biar bisa sekali dayung dua pulau terlampaui, kamu juga bisa masak sendiri biar tambah nikmat sahurnya. Walaupun dengan menu yang sederhana setidaknya sudah memenuhi 3 Cukup ( biasanya kan 4 sehat 5 sempurna hehehe), sudah bisa memenuhi kebutuhan kalorimu di siang hari untuk lanjut ke puncak ataupun untuk turun gunung.

5. Walaupun masih ngantuk tetep harus bangun ya

ngantuk ria via https://www.facebook.com

Walau mata gak bisa membuka yang penting mulut bisa mengunyah hehehe

Habis itu boleh dilanjut tidurnya biar #KenanganRamadanku bertambah (dalam mimpi)

6. Bonus kalau kamu bangun pagi

Cukup menyegarkan mata kan?

7. Bisa membuat gembira dan senyum lho…

senyum dulu via https://www.facebook.com

Terbukti kan bedanya bangun dari tempat tidur sama bangun dari tenda di gunun.

8. Pengin tambah semangat? Yuk lanjut lagi!

Bisa lanjutin ke puncak sekalian ambil foto buat diupload hehehe

9. Akhirnya nyampe juga!

Sedikit perjuangan mendapatkan #KenanganRamadanku

10. Pengin bukti lagi

Bertiga lebih baik hehehe

11. Gak bersama sampai puncak gapapa

Jangan utamakan ego tapi utamakan kebersamaan terutama teman sekelompok ya.

12. Eitss ada yg masih perlu diperhitungkan, lho!

Istirahat yang cukup biar puasanya tetap kuat hehehe. Usahakan atur waktu istirahat dan berjalannya jangan sampai kamu kehabisan tenaga ya.

13. Jangan lupa bahagia!

Nah udah tau kan gimana ngatur istirahatnya? Jangan lupa juga untuk tersenyum bahagia ya.

14. Jangan lupa pulang

Walaupun badan pegel gak ketulungan, kerongkongan kering tak ada aliran hehehe tapi harus tetep pulang ya istirahat dulu juga gapapa.