Mungkin sudah banyak blog atau catatan viral yang membahas Variety Show yang sangat terkenal di Korea atau Asia ini. Tulisan saya kali ini, sekedar mengingatkan (me-refresh) kembali semangat para Runners (Baca: Fans RM) akan beberapa hal yang membuat Variety Show ini menjadi sangat terkenal dan bertahan dari tahun 2010 hingga kini.

Rasanya tidak perlu lagi membahas member dari Running Man, karena saya yakin para Hippies sudah mengenal masing-masing dari mereka beserta karakternya, kalaupun ada hanyalah pembahasan singkat pada beberapa poin di bawah. Sebagai pengagum RM ada beberapa hal/catatan menarik mengenai program tersebut yang menjadikannya booming dan tetap eksis hingga kini, diantaranya sebagai berikut.

 

1. Jenis Game atau Misi-nya yang menghibur dan menarik

Salah satu misi Running Man

Salah satu misi Running Man via http://3.bp.blogspot.com

Mission Running Man adalah salah satu faktor penguat/kunci dari program tersebut. Karena memang yang membentuk program ini menjadi menarik adalah misi-misi-nya yang terkadang membuat penontonnya berdebar-debar, tertawa, dan ikut berpartisipasi menebak alur misi-nya akan berakhir seperti apa. Misi di program ini beraneka macam ada yang mengambil tema film terkenal, olah raga, budaya, Makanan, Spy Mission dll. Namun yang paling disukai Runners adalah misi merobek label nama.

 

2. Landmarks, beberapa lokasi shooting RM yang ikonik

Petite France, Desa Budaya ala Perancis di Gapyeong

Petite France, Desa Budaya ala Perancis di Gapyeong via http://2.bp.blogspot.com

Landmarks, atau lokasi yang dijadikan sebagai tempat pengambilan gambar RM merupakan faktor penunjang menarik atau tidaknya game yang akan digelar. Seperti halnya di Indonesia, Korea Selatan memiliki tempat-tempat yang menarik dengan letak geografis yang strategis meliputi perairan, kepulauan dll.

Pujian kepada produser program ini, beberapa Landmarks yang dipilih sangat ikonik dengan Korea Selatan semisal sisa-sisa kerajaan zaman dahulu, stadion, bangunan bersejarah yang notabene bisa menambah pengetahuan akan sejarah Negara Korea Selatan. Dan pastinya akan membuat bangga warganya, karena game moderen sekelas RM masih membudayakan kebudayaannya.

3. Permainan Merobek Label Nama yang ikonik di program ini

Ji Suk Jiin, OUT !!

Ji Suk Jiin, OUT !! via http://2.bp.blogspot.com

Sebagai Runners pasti sepakat yang paling ditunggu dari program ini adalah permainan "Merobek Label Nama". Dari semenjak awal penayangan RM, merobek label nama adalah game wajib yang harus dijalani setiap member dan guest nya. Biasanya game ini akan dilakukan pada akhir Mission walaupun terkadang pada episode lain game tersebut tidak dipakai. Permainan ini menjadi sangat menarik apalagi dibumbui dengan humor dan ketegangan yang dihasilkan para member.

4. Member Running Man yang mempunyai karakteristik berbeda-beda

Member Running Man yang berkarakter

Member Running Man yang berkarakter via http://doo-plearn.com

Penguatan karakter member-nya menjadi daya tarik tersendiri dari Variety Show ini. Bahkan masing-masing membernya mempunyai julukan yang berasal dari kemampuan dan keterampilan mereka.

1. Kim Joong Kook, (penyanyi) - dijuluki "Harimau" karena kekuatan ototnya dan dominasinya pada setiap misi yang membutuhkan tenaga dan kekuatan.

2. Yoo Jae Suk, (National MC/entertainer) - dijuluki "Belalang" atau Yoo Ruce Willis berkat kelincahan dan kepintaranya dalam membaca situasi dan misi.

3. Suk Jiin, (entertainer/MC) - dijuluki "Impala" atau Big Noose Brother akibat mudahnya ia tertangkap dan mengakhiri misi dengan kekalahan dan lebih awal.

4. Dong Hoon/ HaHa (Penyanyi) - pada awal kemunculannya dijuluki Haroro (dari kartun Pororo) kini bersama Kwang Soo ia dijuluki "Penghianat" akibat strateginya yang terkadang mengorbankan anggota timnya sendiri.

5. Song Ji Hyo, (Model,Aktris) - Dijuluki Blank Ji Hyo karena dibeberapa segmen ia kesulitan atau bingung membaca misi. Julukan lain adalah Ace berkat kecerdikannya dan kelincahannya menyelesaikan misi yang tak terduga.

6. Kang Gary, (Rapper) - dijuluki Peacefull Gary berkat wajahnya dan kelakuannya yang "lempeng" (baca : lurus) namun terkadang ia berhasil menjadi juara di beberapa misi berkat kelihainnya.

7. Lee Kwang Soo, (Aktor/Komedian) - dijuluki Icon of Betrayal karena seringnya ia menghalalkan segala cara demi meraih kemenangan termasuk menghianati rekan setimnya dan Giraffe/ jerapah karena postur tubuhnya yang tinggi.

5. Guest Star, bumbu perasa di program Running Man

Big Bang vs RM

Big Bang vs RM via http://1.bp.blogspot.com

Biasanya bintang tamu yang mengisi program Running Man melibatkan tokoh dari berbagai aspek semisal olahragawan, aktris, aktor, komedian, Boy Band, Girl Band dll. Walaupun sebagai pelengkap, terkadang para guest star mampu menjadi kompetitor/pemenang dalam setiap misi di RM. Mereka tidak bisa dianggap remeh oleh member RM.

Sebetulnya masih banyak hal-hal yang menjadikan program tersebut menjadi sangat terkenal seperti kru, PD-nya dll. Lalu yang menjadi favorit kamu di Running Man apanya ?

Semoga tulisannya bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf. terimakasih. Lets Run, Don't Walk !!!