Masa SMA sudah akan berakhir di depan mata. Bagi kamu yang sudah menetapkan untuk melanjutkan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru harus memilih jurusan yang sesuai dengan dirimu dan bakat yang kamu miliki.

Maka kamu harus memiliki program kuliah yang bakal kamu pilih, kamu pasti minta pertimbangan orang tua yang akan membiayai biaya perkuliahan dan tentu mohon doa restu. Iya kan?

Ada alasan tertentu orang tua tidak mengizinkan kamu untuk memilih

 

1. Orang tua lebih melihat masa depan jurusan yang kamu pilih

Orang tua bukan bermaksud untuk tidak mendukung jurusan yang kamu pilih akan tetapi orang tua tetapi orang tua memikirkan dua kali untuk kedepan yang akan kamu pilih. Maka dari itu, kamu tidak boleh merasa orang tua tidak mendukung dan mencintaimu atas pilihan yang kamu pilih. Mereka berfikir kedepan setelah kamu lulus dari bangku kuliah ada hasil tertentu yang bisa diraih .

Karena Ridho Orang tua juga merupakan Ridho Tuhan

2. Karena ada jurusan tertentu yang membutuhkan biaya lebih tinggi

Jurusan tertentu yang kamu pilih mungkin bertentangan dengan ekonomi yang dimiliki oleh orang tuamu. Orang tuamu mampu membiayai biaya perkuliahan yang akan kamu raih akan tetapi mungkin kekuatan orang tuamu tidak terlalu bagus.

Mungkin karena alasan ini kamu harus tahu memang tidak ada keinginan yang tidak mungkin, akan tetapi kita harus percaya mimpi akan terwujud. Jelaskan kepada orang tuamu agar orang tuamu setuju bahwa kamu akan mencari beasiswa atau bantuan dana dari orang lain dan mintalah doa dari mereka.

3. Jurusan yang kamu pilih terkadang hanya gengsi kepada teman-temanmu dan tidak melihat potensi dirimu

Terkadang kamu memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan dan maka orang tuamu tidak merestui pilihan yang kamu karena terkadang pilihan potensi yang kamu miliki harus kamu asah dengan baik. 

 

 

4. Orang tua menyarankan Jurusan yang menjadi "Profesi Keluarga"

Orang tuamu memiliki profesi tertentu yang mempengaruhi pandangan mereka. Misal karena orang tuamu seorang dokter maka kamu pun disarankan masuk jurusan kedokteran.

Padahal kamu merasa itu bukan passion kamu, semangat yak! :)

5. Yang Pasti Orang tuamu menginginkan yang terbaik buat kamu

Itu pasti yang jelas bentuklah komunikasi yang baik buat kamu. kamu harus mengetahui apa yang orang tua kamu inginkan dan tentu yang terbaik untuk kamu dan jangan sesali suatu saat nanti

Karena Pilihan tidak akan datang dua kali

Semangat Calon Mahasiswa Baru 2016 :)