Setiap acara motivator yang diadakan dalam bentuk seminar di beberapa kota besar selalui dipenuhi para peserta. Tak ketinggalan pula berbagai judul buku-buku motivasi yang menawarkan sebagai pengembangan diri telah banyak tersedia di toko Buku.

Acara yang membangkitkan semangat ini juga hadir di layar kaca televisi dengan beragam pengemasannya. Banyak orang rela mengikuti acara motivasi tersebut dengan satu tujuan yakni dapat menggembalikan gairah hidup yang sempat hilang.

Jika kita diberi pertanyaan siapa motivator di Indonesia? Pasti nama-nama seperti Mario Teguh, Ary Ginandjar dan Tung Desem Waringin akan muncul. Tapi apakah kita akan selalu membutuhkan motivasi untuk membangkitkan semangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Sebenarnya ada beberapa tindakan sederhana yang bisa memotivasi diri sendiri tanpa melalui motivator. Berikut tindakan yang bisa kamu coba.

1. Gantilah gaya berpakaianmu sehari-hari.

Gantilah Gaya Pakaianmu Dari Biasanya via http://biebahuachim.files.wordpress.com

Setiap hari kamu sering pakai kaos? Coba gunakan polo shirt atau kemeja dengan tetap menyesuaikan tempat dan kegiatan apa yang kamu lakukan saat itu. Jika terbiasa menggunakan kaos memang akan terlihat santai dan datar saja, tapi tidak salahnya ketika melakukan kegiatan di luar gunakan polo shirt atau kemeja.

Percayalah tindakan kecil ini bisa memotivasi dirimu dan lawan bicaramu akan lebih menghormatimu karena kamu terlihat lebih rapi.

Warna-warna pakaian yang sering kamu pagi juga bisa diubah. Jika selama ini warna yang sering digunakan adalah warna-warna netral (kalem) saatnya berubah menjadi terang dengan tetap menyesuaikan kegiatan, waktu dan tempat.

Advertisement

Cobalah menggunakan warna merah, oranye dan kuning untuk membangkitkan semangatmu karena warna bisa memberikan efek psikologis pada dirimu.

2. Ubah gaya rambut dengan tetap menyesuaikan bentuk wajahmu

Ubah Gaya Rambut Sesuai Bentuk Wajah via http://1.bp.blogspot.com

Bagaimana gaya rambutmu saat ini? Sudah berapa lama kamu menggunakan gaya rambut seperti itu. Yuk ubah gaya rambutmu yang lebih fresh lagi. Jika selama ini rambutmu belah tengah bisa diganti dengan belah pinggir lho dengan tetap memperhatikan bentuk wajahmu.

Kamu juga bisa mencoba gaya rambut yang belum pernah dicoba seperti emo hairstyle, harajuku hairstyle atau shaggy hairstyle. Tidak salahnya kamu bisa konsultasikan terlebih dahulu ke hairstyle yang kamu percaya.

Rambut memang bisa memperlihatkan sisi emosional seseorang sehingga mengubah gaya rambut harus hati-hati. Jika kita sering mengubah gaya rambut secara ekstrim maka memperlihatkan jika emosi kita sedang tidak stabil dan stress. Apalagi ada kesalahan dalam mengubah gaya rambut justru membuat kita tidak percaya diri dan termotivasi.

3. Selalu dengarkan lagu-lagu dengan tempo cepat

Selalu Mendengarkan Lagu-Lagu Bertempo Cepat via http://cdn.id.techinasia.com

Kamu sering mendengarkan lagu-lagu cengeng nan melow yang bikin sedih dan susah move on dari mantan? Tinggalkan kebiasaan kamu untuk mendengarkan lagu-lagu seperti Cerita tentang kita (Peterpan/Noah), Someone like you: (Adele), dan Because of you (Kelly Clarkson). Lagu-lagu itu bisa membuat kamu sedih berkepanjangan dan tidak bangun dari tempat tidur bahkan tidak termotivasi.

Coba dengarkan lagu-lagu bertempo cepat seperti Black Parade (My Chemical Romance), Viva la vida dan Hari Baru dari RAN. Jika membiasakan diri mendengarkan lagu-lagu yang bertempo cepat maka membuat kita semangat menjalani hidup.

Musik yang kita dengar dapat mempengaruhi suasana hati serta emosional pada diri kita. Jadi seringlah mendengar lagu-lagu semangat terutama di pagi hari agar kegiatanmu selama satu hari itu dijalani dengan happy.

4. Jangan sering melihat tayangan kriminal di TV tapi tontonlah acara yang menginspirasi

Tontonlah Tayangan yang Menginspirasi via http://canangsari.net

Tayangan apa yang sering kamu lihat di layar televisi? Apakah sinetron dengan episode yang begitu panjang dan tidak pernah selesai? Ataukah berita kriminal yang menayangkan berbagai peristiwa mulai dari pencurian, pemerkosaan hingga pembunuhan.

Cobalah beralih dengan tontonan yang menginspirasi seperti Mata Najwa, Kick Andy! atau Si Bolang sekalipun. Tayangan tersebut tentunya lebih memberikan pengetahuan dan pendidikan kepada penontonnya dari sekadar hiburan.

Jika kita sering melihat tayangan TV yang berbau kriminal maka dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku kita terutama pada aspek afektif meliputi perasaan atau emosi akan tayangan kekerasan. Bisa jadi perasaan gelisah dan pesimis akan menghampiri kita akibat berbagai peristiwa tindakan kekerasan yang ditampilkan layar TV.

Maka itu perbanyaklah dengan menonton acara TV yang menginspirasi agar membuat dirimu termotivasi.

5. Bergabunglah di komunitas yang bisa menyalurkan energi positifmu.

Bergabunglah ke Komunitas yang Ada di Sekitarmu via http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Terakhir, kamu bisa bergabung ke komunitas-komunitas yang memiliki kegiatan positif. Jika kamu sudah berada di lingkungan pertemanan yang tepat maka akan membuatmu termotivasi untuk mengikutinya. Kamu bisa memilih kok komunitas yang sesuai keinginan di sekitarmu. Ikuti berbagai kegiatannya serta jalin persahabatan dengan teman-teman yang bisa menginspirasimu.

Inti dari semuanya adalah kamu harus berani mengubah pola hidup baik dari pemikiran dan perilakumu dari biasanya. Kamu juga harus menjiwai apa yang selama ini menjadi impianmu. Apabila itu dilakukan dan didalami maka kita bisa memotivasi diri sendiri tanpa motivator karena itulah ciri dari seorang pemenang.