Saat hendak melakukan perjalanan, tentu anda akan menghabiskan beberapa jam atau bahkan beberapa hari di jalan. Meskipun kedengarannya sepele dan hanya berdiam diri saja selama di jalan, namun menunggu perjalanan itu melelahkan. Apalagi tubuh tak bergerak dan duduk diam begitu saja dalam jangka waktu lama.

Ini membuat persendian kita kaku dan tubuh pun bisa terasa pegal. Agar stamina kamu tetap fit dan tubuh jadi tak lemas saat travelling sesungguhnya tiba, maka coba terapkan beberapa tips ini.

1. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman untuk perjalanan.

Comfy sandals via http://flicker.com

Salah satu dari kunci utama memang pakaian yang kamu kenakan. Gunakan pakaian tak terlalu ketat dan yang penting nyaman, sekaligus alas kaki yang tak membuat pegal. Jika di pesawat, usahakan kenakan sesuatu yang hangat karena temperatur pesawat bisa jadi dingin. Ini akan membantu menyimpan energi karena anda akan terasa duduk seperti dirumah sendiri.

2. Hindari mengkonsumsi minuman atau makanan yang mempengaruhi jam tidurmu

Caffeine via http://flicker.com

Ada orang yang saat mengkonsumsi kopi menjadi susah tidur, sehingga dalam perjalanan waktu tidurnya jadi kacau dan tak bisa beristirahat dengan baik. Jadi, konsumsilah makanan sehat, bergizi yang cukup, tak terlalu mengenyangkan, agar perut dan kondisi tubuh anda pun tetap terjaga.

3. Ketahui jam berapa kamu akan tiba ditempat tujuan.

Advertisement

Night Sleep via http://flicker.com

Pilihlah jam-jam yang sesuai dengan waktu istirahatmu, misalnya saja anda memilih jadwal penerbangan malam agar sampai ditujuan saat pagi hari dan anda bisa beristirahat sekaligus hemat biaya akomodasi didalam pesawat terbang, dan lain sebagainya. Melalui pengaturan jadwal ini, anda bisa menghemat waktu tidur, biaya dan lain sebagainya lho.

4. Bersantai dan lakukan kebiasaanmu untuk tidur nyenyak agar pikiranmu rileks.

Sleep Masks via http://flicker.com

Apabila anda wajib mengenakan penutup mata saat tidur, maka bawalah penutup mata tersebut. Jika anda terbiasa mendengar musik atau menonton film sebelum tidur, maka dengarkan atau tonton acara favorit anda. Melakukan kegiatan-kegiatan yang anda sukai juga membantu tubuh untuk tetap rileks.

5. Minumlah air cukup

Air putih memang selalu menjadi alternatif terbaik. Jangan sampai dehidrasi dan minumlah air secara rutin setiap jam sekali teguk. Tubuh yang dehidrasi akan membuat pikiran dan stamina lelah. Jadi selalu jaga kadar air didalam tubuh. Air juga bisa membantu detoksifikasi tubuh kita, lho.

Nah, yuk mulai sekarang siapkan perjalanan anda agar menjadi senyaman mungkin. Kalau anda merasa nyaman dalam perjalanan travelling, stamina pun tetap tersimpan dan saat travelling dimulai, anda akan terus bersemangat!