Saat ini dunia foto terasa semakin me-booming, tak sedikit orang saat ini pasti mengabadikan moment moment yang telah dilaluinya. Berbeda dengan jaman dahulu yang masih menggunakan klise dan harus menunggu dengan waktu yang tidak singkat untuk melihat hasilnya,

Dengan semakin canggihnya handphone yang lebih dikenal dengan istilah "smartphone", berfoto dan mengunggahnya di sosmed sudah menjadi hal yang tak aneh lagi, rasanya juga tak lengkap jika foto yang tersebar langsung diupload tanpa melalui proses editing terlebih dahulu. 

Nah jangan sedih kamu harus pake photoshop di PC yang agak rumit sih kalau kata kebanyakan orang, sekarang banyak banget nih aplikasi android yg lebih mudah yang bisa kamu pilih biar hasil fotomu lebih terkesan lebih artistik atau bahkan jika itu foto selfie bisa bikin orang tak mengenalimu jika bertemu langsung. Hehehe

Berikut ini aplikasi edit foto android yang bisa jadi bahan referensi buat kamu kamu yang hobi foto dan difoto:

 

1. Camera 360

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi ini

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi ini via http://www.mobilitaria.com

Camera 360 Merupakan salah satu aplikasi foto untuk mobile terbaik di dunia, dimana penggunanya sangat banyak, dan sudah menjamur di seluruh dunia. Selain sangat populer di Android. Camera 360 memungkinkan kalian mengambil gambar dan mengeditnya dengan berbagai macam filter yang tersedia.

Tidak hanya itu,Camera 360 juga dilengkapi dengan segudang fitur yang mendukung untuk membuat foto kalian menjadi lebih indah. Orang yang masih kesulitan dalam hal mengedit foto tidak perlu khawatir jika menggunakan Aplikasi ini, kalian tetap dapat menghasilkan sebuah foto yang sangat bagus menggunakan Camera 360 karena Aplikasi ini sangat praktis dan mudah digunakan.

Beberapa fitur yang ditawarkan Camera 360 antara lain adalah:Memiliki tujuh mode untuk melakukan pemotretan, Memiliki banyak filter untuk membuat foto kalian lebih indah dan berwarna, Photo Montages yang dapat membantu kalian untuk mengumpulkan momen yang mengesankan dan juga kalian bisa berbagi foto ke jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

 

2. VSCO Cam

Aplikasi yang lagi hits, buktinya tak sedikit orang yang menggunakan #VSCO CAM

Aplikasi yang lagi hits, buktinya tak sedikit orang yang menggunakan #VSCO CAM via https://play.google.com

VSCO Cam merupakan aplikasi rilisan dari Visual Supply Co. Aplikasi ini tercipta karena keterbatasan filter dan tidak adanya pengaturan warna, contrast, exposure, dan lain-lain pada Instagram yang membuat para developer menciptakan aplikasi smartphone yang berfungsi untuk mengedit foto-foto jepretan Anda sebelum di-upload ke Instagram.

VSCO cam adalah aplikasi yang sedang hits di Indonesia maupun dunia. Dengan VSCO Cam kamu bisa mengedit foto layaknya fotografer professional dengan warna-warna vintage cerah ataupun bergaya gloomy. Terdapat 5 fitur andalan di dalamnya yakni grid yang disediakan oleh VSCO bagi para penggunanya untuk saling berbagi foto dengan pengguna lain, dengan melakukan sign up terlebih dahulu.

Journal yang memberikan Anda beragam informasi tutorial, inspirasi kreatif, interview, dan beragam info lainnya. Setting digunakan untuk mengubah posisi penempatan tool dan juga preset, serta mengatur networking dengan beberapa jejaring sosial (Instagram, Facebook, Twitter, Google+). Dengan adanya fitur gallery, anda bisa me-import foto alias memasukkan file dari galeri di handphone Anda.

Namun sayangnya VSCO Cam hanya terbatas menerima ukuran dengan resolusi standar dan tidak bisa mengimpor dengan resolusi besar. Camera dalam fitur ini terdapat sedikit perbedaan antara VSCO Cam versi iOS dengan Android. Ada beberapa tool yang tidak tersedia di Android seperti two-finger split focus dan matering karena mayoritas perangkat Android juga tidak mendukung spot matering.

Bagi para maniak foto yang menggunakan smartphone, aplikasi ini dapat menjadi jawaban untuk edit foto layaknya kamera professional dengan banyaknya preset yang disediakan dan kemudahan menggunakannya.

3. Pixlr Express

coba install sekarang di gadget kamu

coba install sekarang di gadget kamu via http://www.apkdad.com

Pixlr Express dikembangkan oleh Autodesk Inc memiliki banyak efek dan fitur untuk mengedit gambar, Hasil olah foto/gambar dapat dibagi (share) ke berbagai aplikasi lain / media social. Fungsi kontrol dan navigasi tidak menyulitkan pengguna, Dapat mengambil gambar menggunakan kamera yang terdapat pada handset anda dan desain sederhana namun aplikasi ini terlalu banyak langkah/tahap pada saat melakukan editing foto

Anda akan disuguhkan dengan menu pada bagian bawah, dimana menu tersebut mempunyai sub kategori lagi seperti adjustment, effect, overlay, border, text dan sticker. Ketika anda memilih satu menu, maka akan memunculkan menu baru dengan berbagai macam pilihan efek. Pada fungsi tersebut dibutuhkan koneksi internet jika efek yang dipilih belum tersedia.

Adjustment akan memberikan fitur pengeditan dasar seperti memutihkan gigi atau bahkan menghapus blood-shot eyes, menghapus noda, color splash, red eye, sharpen, denoise, blur, contrast, crop, dan lainnya. Effects akan menyajikan banyak sentuhan artistik untuk foto Anda dengan menu unicolor, vintage, creative (an Andy Warhol touch), soft, subtle and too old.

Overlay akan memberikan efek tertentu yang akan muncul pada gambar anda, seperti smoke, space, tie dye, vignette, leaks, chem burn dan banyak lagi. Border meliputi pattern, ripped paper, rounded corner, squares, white ripped, film dan lainnya.

Text - memungkinkan Anda menempatkan teks pada gambar Anda, selain itu menu stiker akan menambahkan kesan tema pada gambar anda, seperti zodiac, tattoos, pride, comic, antique dan banyak lagi.

Untuk pemula yang tidak tahu banyak tentang editing gambar, Pixlr Express adalah tools yang sangat mudah digunakan dan memberikan hasil yang maksimal. Pixlr Express menawarkan navigasi sederhana dan mudah dipahami sehingga sangat saya rekomendasikan kepada siapa saja yang suka dengan kreatifitas foto/gambar.

4. AfterFocus

Bring DSLR like photography to your smartphone

Bring DSLR like photography to your smartphone via http://www.androidauthority.com

AfterFocus merupakan aplikasi android edit foto yang keren banget dan bisa menjadi koleksi aplikasi di smartohne android anda karena memiliki kemampuan edit foto dengan beberapa pilihan serta fitur yang mudah menjadi nilai lebih untuk memilih aplikasi android AfterFocus ini.

Aplikasi ini cocok untuk buat kamu yang doyan dengan aktifitas foto dan bisa melakukan edit foto agar tampil lebih keren dan beda dari yang lainnya dan bisa anda bagi dengan teman teman anda di situs jejaring social.

Dengan AfterFocus, Anda dapat membuat foto DSLR-gaya latar belakang kabur dengan hanya memilih area fokus. Juga, berbagai efek filter menawarkan Anda untuk membuat foto yang paling alami dan realistis.

Memilih area fokus lebih tepat, Anda dapat mencapai lebih gambar alami dan profesional. Hanya menandai area yang Anda inginkan, AfterFocus otomatis mengenali area fokus tepat bahkan untuk sebuah benda dengan bentuk kompleks. Ini fungsi auto memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cepat pada ponsel pintar dengan layar kecil.

5. B612

Take your selfie picture

Take your selfie picture via https://play.google.com

Aplikasi B612 merupakan aplikasi editing foto serta langsung merubah foto asli ke panorama yang sudah anda tentukan. Aplikasi editor phone B612 terdapat terobosan baru Line messenger telah resmi memberikan banyak fungsi selain untuk chating sekarang sudah bisa digunakan untuk photo editor serta game dari Line juga cukup menghibur kita semua, bila anda menggunakan aplikasi Line.

Anda bisa langsung menggunakan aplikasi B612 tanpa ribet dan persyaratan tertentu, aplikasi B612 memiliki berbagai icon dibawah dengan adanya memotret berseri paling kiri dan rasio foto yang harus anda tentukan terlebih dahulu, anda bisa mengganti filter acak dan berurutan supaya anda bisa lebih maksimal dalam menghasilkan photo tersebut.

Pada aplikasi editor B612 memberikan banyak dukungan dari berbagai filter dan pencahayaan yang sangat menarik. Aplikasi B612 bisa langsung menghasilkan satu foto sampai banyak foto dengan pose yang berbeda dalam sesi pemotretan tersebut, aplikasi B612 khusus digunakan untuk kamera depan saja, jadi bila anda ingin potret dengan B612 bisa harus menggunakan kamera depan yang mendukung smartphone anda.

Tidak hanya sesi pemotetan yang bisa anda lakukan terhadap aplikasi B612, tapi juga bisa langsung share foto yang barusan anda lakukan di sosial media yaitu Twitter, Instagram, dan Facebook. Pada aplikasi B612 menyuguhkan anda yang suka foto selfie dengan berbagai editing supaya foto lebih menarik.

6. PicsArt Photo Studio

Try this one

Try this one via http://www.funforpc.com

PicsArt Photo Studio adalah tempat dimana semua orang bisa menjadi kreatif! Buktinya Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 130 juta kali. PicsArt adalah editor foto gratis, alat menggambar, jaringan seni, foto grid, pembuat kolase dan banyak lagi.

Ini adalah suatu tempat untuk kebutuhan artistik dan editing yang digunakan oleh fotografer pemula dan profesional, seniman dan desainer grafis dari seluruh dunia.

Didalam aplikasi ini ada fitur fitur seperti pengedit foto, pembuat kolase, alat gambar, dan Jejaring sosial yang memungkinkan Anda untuk berbagi gambar.

7. Cymera

Penggunaannya cenderung sederhana dan ga rumit

Penggunaannya cenderung sederhana dan ga rumit via https://www.itechnozoo.com

Cymera - Camera & Photo Editor adalah editor gambar modern dan komprehensif yang digabungkan dengan berbagai alat editing, filter dan bingkai untuk membuat foto lebih orisinal. Memiliki efek yang menciptakan 7 jenis lensa DSLR, lebih dari 20 filter, efek kecantikan, ratusan stiker dan topeng, berbagai macam bingkai dan sumber lainnya. Anda dapat berbagi foto dengan teman-teman melalui Facebook, Twitter, Mixi, Weibo, email dan program IM lainnya. Aplikasi ini Rekomendasi bagi semua orang yang menyukai fotografi dan mencari fungsi modern untuk mengambil foto-foto orisinal yang indah.

 

8. FotoRus

memenuhi kebutuhan artistik

memenuhi kebutuhan artistik via https://lh3.ggpht.com

Aplikasi FotoRus APK 5.6.4 adalah salah satu aplikasi terbaik untuk android. Ini telah didownload 10.000.000 - 50.000.000 kali di Google Play dan disampaikan oleh Fotoable,Inc. untuk aplikasi ini Anda bisa mendapatkan FotoRus untuk Android menggunakan dua cara yang berbeda: install langsung dari Google Play atau download file Apk dari aplikasi FotoRus 5.6.4. Lebih dari 100 + Square, Portrait, Landscape, dan strip format serta gaya untuk memenuhi semua kebutuhan artistik Anda. Lebih dari selusin kuat dan harus-memiliki fungsi editing seperti Filter, Scenes, Sesuaikan, Lighting, pena cahaya, dan lain-lain.

 

9. PhotoGrid

Grid your photos

Grid your photos via https://lh3.ggpht.com

Photo Grid adalah editor foto gratis yang memungkinkan Anda membuat kolase dengan foto favorit Anda dan mengubah ukuran gambar ke Instagram. Fungsi dari Photo Grid yakni Membuat kolase yang memungkinkan Anda memindahkan, memutar, memperbesar dan membalik gambar; menawarkan beberapa desain template, bingkai dan gambar latar belakang; memungkinkan Anda berbagi kolase di Facebook, Instagram, Twitter, Flickr, Picasa, Blogger dan Tumblrand.

 

10. InstaSquare

ga usah takut ke crop pas upload di instagram

ga usah takut ke crop pas upload di instagram via http://wersm.com

InstaSquare merupakan aplikasi editing foto yang belakangan ini juga mendapatkan perhatian dari pecinta edit foto Android. InstaSqure ini memiliki fitur dimana pengguna dapat meresize otomatis fotonya untuk upload di Instagram. Selain itu pengguna pun mampu berkreasi dengan adanya frame yang memburamkan background dan menonjolkan foto aslinya. Aplikasi InstaSquare ini dapat diunduh dengan gratis di PlayStore. 

 

11. Instamag

 aplikasi Gird Maker yang cukup berbeda dari aplikasi android lainnya

aplikasi Gird Maker yang cukup berbeda dari aplikasi android lainnya via https://lh5.ggpht.com

Instamag adalah salah satu aplikasi yang di keluarkan oleh fotoable,Inc yang mengambil tema instan editing foto. aplikasi yang selain dapat di gunakan sebgai pengedit foto, Instamag juga merupakan aplikasi Gird Maker yang cukup berbeda dari aplikasi android lainnya. Dan dalam penggunannya anda akan sangat di mudahkan dengan hanya tinggal memilih gambar yang akan di gunakan atau yang akan di edit dan secara otomatis aplikasi Instamag ini akan memberikan hasil yang maksimal sesuai pilihan desain yang anda inginkan.