Sebelum teknologi secanggih sekarang, yang dimana kamu bisa menikmati berbagai macam teknologi kekinian dari rumah sambil selonjoran di atas kasur. Ada masanya kamu perlu effort besar untuk menikmati sebuah teknologi. Salah satu teknologinya itu tuh game. Sekarang sih enak kamu bisa mainin berbagai macam game di berbagai tempat. Di Dapur bisa, di kamar mandi bisa, di atas pohon kalau kamu mau juga bisa.

Beda halnya jaman 90an dulu. Game paling canggih baru sebatas PS 1. Itu pun cuma orang-orang berada doang yang punya. Secara dulu harga PS 1 emang wah banget sih. Nah buat anak-anak yang gak punya, satu-satunya cara buat bisa merasakan gimana serunya main game PS 1 adalah dateng ke tempat penyewaan PS alias rental PS. Buat kamu yang dulu sering banget dateng ke rental PS atau malah kamu menyandang predikat anak rental, pasti ngerasain nih suka dukanya menikmati game di rental PS

 

1. Menjadi Anak Rental, Kami Dididik Untuk Disiplin Waktu

Siapa cepat dia dapat. Pribahasa itu kayaknya udah melekat di rental-rental PS seluruh Indonesia. Gimana engga, persaingan memburu jatah main pertama di rental tuh sengit abis. Apalagi pas hari libur. Kayaknya anak-anak satu kampung punya agenda yang sama, main PS di rental! Makanya nih kalo dateng siangan, siap-siap aja kebagian jatah mainnya sore. Atau malah gak kebagian main sama sekali. Sabar aja

2. Sebagai Anak Rental, Kami juga Terlatih Untuk Menunggu

Nunggu ampe nati

Nunggu ampe nati via http://www.fanpop.com

Menunggu memang salah satu kegiatan yang ngebosenin. Termasuk ketika kamu ada di rental PS nungguin jatah main. Nunggu tanpa adanya kepastian kan engga enak ya, makanya pertanyaan yang paling sering didenger di rental PS tuh “Yang ini berapa menit lagi, bang?”. Kalau waktunya masih lama, mending kamu langsung berkelana mencari tempat PS lainnya. Meskipun jauh, asalkan nunggunya engga lama, kita jabanin deh.

3. Winning Eleven. Game Sejuta Umat Setiap Rental PS

Kipernya siap-siap mental ke akhirat

Kipernya siap-siap mental ke akhirat via http://dijehtheory.blogspot.com

Kalau diadain kontes game favorit sepanjang sejarah di setiap rental PS 1 di seluruh Indonesia, game Winning Eleven udah pasti menang mutlak. Udah engga aneh kalo WE adalah game yang wajib ada ditiap rental PS. Jadi Jangan ngaku seorang gamer kalau belum pernah ngerasain sensasi main permainan bola yang kepala pemainnya kotak-kotak.

4. Setiap Majelis Ulama Rental PS Mengharamkan Umatnya Menggunakan Trik One Two

Dan ada satu peraturan engga tertulis disetiap rental PS, yaitu enggak boleh pake trik one two (anak rental biasa nyebut wan cu) kalau lagi main Winning Eleven. Entah apa alasannya, pokoknya jangan pernah pake trik beginian kalau nama baik kamu engga mau tercemar diseantero anak-anak rental. Tapi alasasan pelarangan trik one two ini memang masih menjadi misteri dikalangan anak rental sampai sekarang.

5. Beberapa Game Juga Masuk Daftar Cekal di Tiap Rental PS

Ngerusak Stick nih

Ngerusak Stick nih via http://spectrevers.blogspot.com

Nah gak mungkin dong di rental Cuma nyediain game WE doang. Masih banyak juga game-game lain yang seru abis buat dimainin. Tapi ada beberapa game yang suka bikin panik abang-abang rentalnya, atau malah dibeberapa tempat, game ini tuh masuk jajaran game yang diblack list. Bukan karena mengandung konten plus plus, tapi game ini ialah game yang membuat presentasi stick PS bakal rusak semakin tinggi. 2 game yang sering masuk daftar cekal abang-abang rental adalah Bishi Bashi dan Dragon Ball. Entah udah berapa stick PS yang menjadi korban akibat keganasan 2 game itu.

6. Pemandangan Stick yang Dikaretin, Udah biasa

Udah rusak gini, biasanya suka dikaretin kabelnya

Udah rusak gini, biasanya suka dikaretin kabelnya via http://ayo-belajarkompi.blogspot.com

Mau beli stick baru karena Stick lama rusak gara-gara dimainin 2 game laknat itu? Eits tunggu dulu. Beli stick baru cuma jadi pemborosan biaya rental, pasti ada cara yang lebih murah buat benerin stick yang rusak kembali berfungsi seperti sedia kala. Ya, karetin aja sticknya! Dan Viola stiknya berfungsi sedia kala. Makanya bukan pemandangan aneh ketika main di rental terus nemu stick yang dikaretin. Jadi kamu jangan mikir sticknya rasa pedes gara-gara dikaretin.

7. PSnya Rusak? Tinggal dimiringin

Dimiringin 45 drajat

Dimiringin 45 drajat via http://www.kotakgame.com

Gak Cuma stick yang suka rusak. Kadang PS nya juga suka udah rusak gitu. Mungkin karena udah saking lamanya dimainin dan engga dirawat ama abangnya, PS nya jadi sakit-sakitan terus engga bisa ngebaca gamenya. Dan entah apa teori fisikanya, anak-anak rental PS kalo nemu masalah kayak loadingnya jadi lama, tinggal miringin PSnya selama beberapa menit. Kemudian terjadilah hal yang luar biasa, loadingnya jadi cepet! Rispek!

8. Di Rental Hampir Mirip Mesin Waktu. Waktu Rasanya Cepet Banget Berlalu

Aaaakh tidak

Aaaakh tidak via http://www.marca.com

Mungkin salah satu hal ngeselin kalo main di rental PS itu kita engga bisa seenaknya mau main berapa lama. Misalnya lagi seru-serunya mainin game eh tiba-tiba waktunya abis. Engga tiba-tiba juga sih, emang kamunya aja terlalu nikmatin gamenya jadi tau tau abis aja gitu waktunya. Aaah KZL, padahal dikit lagi tamat tuh gamenya. Mau nambah, eh tapi udah ada orang yang nungguin. Jadi deh kamu cuma bisa meratapi nasib, dan menunggu dilain waktu buat main lagi.

 

9. Gak Ada yang Bisa Ngalahin Sedihnya Mati Lampu Pas Seru-Serunya Main PS

Yah kok mati

Yah kok mati via http://nyunyu.com

Belajar dari kesalahan, karena engga mau dong lagi seru-serunya main eh waktunya abis. Biar puas, akhirnya kamu nyewa PSnya ampe 3 jam! Tapi ya namanya apes. Ketika lagi seru-serunya main, dan waktunya masih lama eh malah mati listrik. Damn! #DeritaAnakRental

10. Di Tiap Rental PS, Pasti Ada Aja Anak Yang Jago Mainin Berbagai Macam Game Sampe Tau Cheatnya

Jago tuh yang nunjuk-nunjuk

Jago tuh yang nunjuk-nunjuk via http://farelcase.blogspot.com

Dia tuh semacem googlenya anak rental PS gitu. Dan di setiap rental PS manapun, pasti ada aja nih orang kayak gini. Orang yang jago banget main berbagai game, namatin hampir semua game yang ada di rental, sampe sampe hafal cheat-cheat di setiap game. Kalo kita lagi kesusahan namatin sebuah game atau pengen tau trik trik dari gamenya, gak perlu deh buka google (jaman dulu google belum booming sih) tinggal nanya si master game aja, urusan langsung beres.

11. Kami Bangga Dengan Menjadi Anak Rental, Karena Kami Bisa Bersosialisasi Langsung Dengan Teman Sebaya Sambil Bermain Game

Meskipun perlu effort besar untuk memainkan sebuah console game (rela jalan-jauh ke rental PS) engga seperti anak-anak jaman sekarang, yang kalau main game tinggal tiduran di kasur sambil buka smartphonenya, tapi kami yang notabene pernah menjadi anak rental merasa bangga. Karena dengan menjadi anak rental, kami tidak hanya berkomunikasi di dunia maya, tapi kami juga bisa langsung bersolisasi dengan teman-teman di dunia nyata, teman satu RT, teman satu komplek, atau bahkan orang yang gak dikenal tapi kemudian menjadi teman karena sering main bareng di rental. Kami bangga pernah merasakan indahnya bermain di rental PS. Hidup anak rental!