Mendengar kata Tegal, pasti langsung keingat sama warung tegal (warteg). Apalagi bagi kamu yang seorang anak kos sama seperti gue pasti sudah sering melipir ke warteg. Selain warteg Tegal juga identik dengan bahasa yang sangat unik dan khas atau yang lebih populer dengan istilah Ngapak.

Tapi, kamu tahu gak sahabat, jika tegal itu menyimpan pesona alam yang sangat menawan dan menggoda. Kamu harus segera menjadwalkan liburan mu kesini, karena dijamin kamu akan merasa puas dan bahagia. Setidaknya begitulah yang gue rasakan ketika mengunjungi tegal selama 3 hari 3 malam.

Selama eksplore kota ngapak ini, berbagai pengalaman gue peroleh disini. Sebagai refersnsi buat kamu, ini loh lima alasan kamu harus mengunjungi kota poci ini.

1. Hatimu sedang galau, panas dan dinginkan saja di wisata alam guci

Berada di gunung kaki slamet di ketinggian 1.050 MDPL dengan menempati luas kurang lebih 210 hektar tentu menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Perjuangan untuk menuju wisata ini juga cukup menantang, jalan yang berbelok-belok dengan beberap tikungan tajam membuat kamu harus hati-hati.

Kamu dapat mandi sepuasnya disini, mulai di air yang dingin yaitu air terjun yang berkeliaran dikawasan wisata guci ini sampai dengan pemandian air panas yang dapat menghangatkan hatimu. Selain itu, barisan hutan pinus menambah keindahan wisata guci ini.

2. Menikmati sunset nan menawan bersama kekasih di pantai alam indah, asoy b enar

Sunsed PAI via https://www.facebook.com

Advertisement

Pantai Alam Indah atau yang lebih terkenal dengan PAI merupakan wisata pantai paling populer di Tegal. Jadi jika menginjakkan kaki di Tegal, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung di PAI. Pantai dengan panjang 500 meter ini sudah di kelola oleh Pemerintah Tegal melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata

Salah satu keistimewaan dan daya tarik pantai ini adalah sunsed yang sangat menggoda, bahkan tak jarang para penikmat sunsed menjadikan pantai Alam Indah sebagai tujuannya. Tapi sayangnya, sunsednya hanya sebentar saja. Selain itu, dipojok pantai ini tersedia sebuah hutan mangrove dan pinus dan sangat cocok untuk pasangan kekasih.

Hampir semua pengunjung hutan pinus ini adalah pasangan kekasih, gue rasa hutan tersebut memang tempat ngedate ala anak tegal.

3. Alam nan indah, bertebaran padi, jagung sampai dengan sayur mayur.

Tak perlu membayar sepeser rupiah pun untuk menikmati pemandangan seindah dan semenawan itu. Jadi ini lah salah satu keutamaan kota tegal menurutku. Karena memang saya suka dengan suasana pedesaan jika liburan.

Hampir disetiap jalan yang dilalui oleh beat kesayanganku memancarkan cahaya surga di tegal, bukan cuma sawah dengan backround pegunungan, hutan jati juga menjadi daya tarik kota ini. Hutan jati dipinggir jalan sangat sedap untuk dipandang mata dan membuat hati menjadi tenang.

4. Ini bukan tentang Rita Sugiarto, ini Rita Park dan Mall Rita yang menjadi sisi modernitas kota poci ini

Bagi kamu yang sedang traveling di Tegal, selain wisata alam nan ciamik seperti wisata guci dan menikmati sunsed di pantai alam indah. Kamu harus menikmati kota yang terkenal dengan bahasa ngapaknya ini dengan cara berbeda.

Salah satu cara untuk menikmatinya adalah dengan mengunjungi Rita Park. Rita Park merupakan icon baru wisata kota Tegal. Sebenarnya, Rita Park hampir sama dengan dufan di Jakarta, cuma ada beberapa perbedaan, seperti jenis wahananya yang semuanya berukuran mini.

5. Bukan danau biasa, Danau Beko penuh dengan daya tarik dan mistis

Jika kamu sedang di Kota Bawang Merah ini, kamu harus mengunjungi Danau Beko. Tapi sayangnya untuk mencapai danau ini kamu harus berjuang ekstra karena lokasinya yang sangat jauh di tambah dengan jalanan yang terjal.

Tapi jangan khawatir, di sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan surga berjalan, mulai dari hutan jati yang lebat sampai dengan pemandangan sawah dan kebun khas pedesaan yang membuat mata kamu tak berkedip.

Danau Beko berada di Dusun Karangdawa, Desa Karangasem, Kecamatan Margasari, Tegal. Danau beko terbentuk karena penggalian bahan penambangan kapur, dan digenangi oleh air hujan. Disekitar danau kamu bisa menyaksikan pegunungan yang khas yaitu gunung kapur.

Bagaimana, masih ragu untuk mengunjungi kota tegal? Siapa tahu juga kamu dapat jodoh orang tegal? Iya kan!!!