Selain Pula Bali, salah satu tempat wisata di Indonesia yang paling banyak diburu oleh para wisatawan dari berbagai belahan dunia adalah Kepulauan Raja Ampat. Pulau yang terletak Papua Barat ini kaya akan wisata lautnya yang sangat eksotis terutama bagi para penyelam.

Namun tahukah anda? selain terkenal dengan wisata lautnya, Raja Ampat ternyata memiliki beberapa fakta menarik yang sangat disayangkan jika anda belum mengetahuinya, apa saja fakta-fakta tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Asal mula Raja Ampat sebagai nama pulau

Tempat wisata Indonesia via https://explorewisata.com

Setiap nama tempat pasti ada asal usulnya, tak terkecuali Kepulauan Raja Ampat. Singkatnya, pada zaman dahulu terdapat legenda yang memberikan nama Raja Ampat menjadi nama pulau ini. Di daerah Raja Ampat, terdapat 4 orang Raja yang berkuasa. Dulunya, Raja Ampat terbagi menjadi beberapa pulau mulai dari Pulai Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta. Diceritakan pada saat itu terdapat sepasang suami istri yang menemukan 6 butir telur naga, di mana telur tersebut tiba-tiba menetas 5 dari 6 telur naga yang ditemukan. Uniknya, dari telur tersebut menetas 5 manusia dengan 4 laki-laki dan 1 perempuan.


Dan pada suatu saat 1 anak perempuan tersebut dibunuh oleh keempat anak laki laki yang menetas dari telur naga yang kemudian menjadi raja di 4 Pulai, yakni Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.


2. Tentang penemu Raja Ampat

Indahnya wisata Raja Ampat via http://www.hipwee.com

Advertisement

Pernah dengar bahwa salah satu penemu Benua Amerika adalah orang Islam? Ya, setiap daerah atau wilayah pasti ada seorang penemu di dalamnya, begitu pun Kepulauan Raja Ampat. Surga wisata yang satu ini ternyata bukan ditemukan oleh orang Indonesia, melainkan oleh orang berkebangsaan Belanda di tahun 1990, yakni Max Ammer.

Kemudian ia membawa temannya yang merupakan ahli perikanan, Gerry Allen untuk meneliti lebih lanjut mengenai pulau yang ditemukannya itu. Di Kepulauan Raja Ampat, mereka meneliti dan menemukan bahwa terdapat banyak sekali bangkai pesawat akibat sisa-sisa perang dunia kedua, ini merupakan fakta mengejutkan dari Pulau Raja Ampat selain dari segi wisatanya, karena ternyata Raja Ampat juga memiliki sejarah yang sangat tak terduga.

3. Masyarakat Raja Ampat ternyata ramah dan jauh dari kata kasar

Potret masyarakat Raja Ampat via http://www.hipwee.com

Rasanya tidak lengkap jika membahas mengenai berbagai sudut pandang keindahan Pulau Raja Ampat, namun kita sendiri tidak tahu mengenai orang yang hidup di dalamnya. Jika anda pernah berkunjung ke Raja Ampat pasti anda sudah tahu, bahwa faktanya Masyarakat Raja Ampat adalah salah satu masyarakat paling ramah, tidak seperti kebanyakan yang orang pikirkan bahwa orang yang tinggal di Papua itu keras. Masyarakat Raja Ampat justru sangat ramah pada setiap tamu yang datang ke pulaunya. Hal ini juga tercermin dari kebiasaan masyarakat Raja Ampat yang mengambil gurita dengan tangan kosong untuk membuat kehidupan dalam laut selalu terjaga.

4. Raja Ampat, pulau yang sering dikunjungi oleh tokoh dunia

Bos Google mengunjungi Raja Ampat via https://pesona.indonesia.travel

Ada banyak sekali tokoh dunia yang pernah singgah di Kepulauan Raja Ampat, salah satunya adalah bos Google, Sergey Brin, tepatnya pada libur Natal. Selain itu juga Raja Ampat pernah dikunjungi langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, dan masih banyak tokoh dunia lainnya yang berkunjung ke pulau ini.

5. Ternyata tidak semua orang bisa bebas berkunjung ke Raja Ampat

Ada batas tertentu di mana orang tidak boleh mengunjungi Raja Ampat via http://hipwee.com

Raja Ampat sangat memerhatikan kelestarian alamnya, salah satu cara mereka menjaganya adalah dengan tidak membiarkan setiap orang bebas berkunjung ke pulau Raja Ampat. Jumlahnya dibatasi dalam waktu tertentu. Karena memang kecintaan masyarakat Raja Ampat sangatlah luar biasa, mereka akan melakukan apa saja demi menjaga keindahan pulau tempat tinggal mereka.

 

Di atas adalah beberapa fakta mengenai Raja Ampat selain dari segi wisata alam pantainya yang sangat eksotis. Indonesia sangat beruntung punya Raja Ampat dan Papua ya.